Kamis, 27 September 2007

PPEI

PENDAHULUAN :

Perdagangan global dewasa ini yang telah semakin berkembang dan dinamis ditandai oleh semakin kerasnya persaingan dalam merebut pasar, baik di tingkat local maupun manca negera.

Keadaan ini menuntut profesionalisme tinggi dari para pelaku bisnis, agar dapat mencermati dan menangkap peluang-peluang pasar yang sarat dengan kompetisi. Komoditi yang diperdagangkan baik produk maupun jasa dituntut untuk dapat memenuhi standar yang dikehendaki oleh pasar internasional.

Sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan ekspor yang berada di lingkungan Badan Pengembangan Ekspor Nasional Departemen Perdagangan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) senantiasa siap membantu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia para pelaku bisnis, (eksportir maupun calon eksportir), khususnya skala kecil dan menengah, dengan berbagai pengetahuan praktis dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi eksportir handal dan berdaya saing.

Berbagai program pelatihan baik jangka panjang (1-3 bulan) maupun jangka pendek (1-10 hari) dirancang oleh praktisi ekspor dan instruktur PPEI yang berpengalaman, dengan memfokuskan pembahasan atas masalah-masalah aktual perdagangan yang sedang menjadi trend, sesuai dengan kebutuhan nyata dunia usaha.

Selain program pendidikan dan pelatihan dengan sistem tatap muka PPEI juga mengembangkan program Advanced Distance Learning (pelatihan jarak jauh) dengan sistim TV Conference secara interaktif baik tingkat internasional maupun nasional. Pelatihan jarak jauh tingkat internasional telah dilakukan antara lain menghubungkan Jakarta dengan Osaka, Tokyo, dan Bangkok. Sedangkan tingkat nasional menghubungkan Jakarta dengan Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin. Kedepan akan dikembangkan pelatihan jarak jauh antara Jakarta dengan negara-negara ASEAN. Program ini dilakukan mengingat lokasi Indonesia yang terpencar di berbagai pulau, sehingga dapat dimanfaatkan oleh mereka yang berlokasi jauh dari Jakarta.

Sejak didirikan pada tahun 1990, sampai saat ini (2005) PPEI telah melatih lebih dari 27.000 peserta dan telah mendapatkan predikat Center of Excellence dalam kerangka kerja ASEAN Economic Ministry/AEM Ministry of Economic Trade and Industry/METI Economic and Industrial Cooperation Committee (AMEICC) Human Resource Development Working Group Japan, yang salah satu kegiatannya adalah menyusun kurikulum bersama di lingkungan ASEAN untuk bidang International Trade. Kegiatan ini sangat mendukung peningkatan mutu dan daya saing usaha kecil menengah Indonesia bukan hanya di tingkat ASEAN tetapi juga internasional.

http://www.ppei.go.id/ppei/_ind/ind-sitemap.asp

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda