Kamis, 27 September 2007

Tentang Yayasan MACK

http://www.idepfoundation.org/indonesia/idep_sitemap.html
Mitra IDEP > Lokal > Yayasan MACK (Membina Api Cinta Kasih)

Yayasan MACK adalah yayasan non-profit yang aktif bekerja untuk memperbaiki lingkungan di Bali dengan mengembangkan program pertukaran pendidikan yang inovatif dan kesadaran lingkungan di Indonesia.

Diakui sepenuhnya oleh Departemen Pendidikan Bali, Yayasan MACK percaya bahwa Membina Api Cinta Kasih adalah kunci untuk membuat dunia ini menjadi sebuah tempat yang aman dan inspirasional bagi masa depan anak-anak kita.

Proyek-proyek industri Eco friendly Yayasan MACK

Berlokasi tinggi di pegunungan dekat Pupuan, proyek produksi MACK yang merakyat ini merupakan yang paling banyak memperkerjakan karyawan di kabupaten ini. Berbagai jenis industri kecil ini beroperasi dengan prinsip dasar praktek bisnis beretika dan peduli lingkungan.

Peserta Perkembangan Berkelanjutan / Kursus Permakultur Yayasan IDEP telah mempelajari proses industri ini sebagai contoh proyek lapangan yang baik yang bisa membuat perubahan jangka panjang.

Fabrik Bali Asli Sabun, Selai & Sauces - Sejak tahun 1992 produksi pertamanya adalah bermacam-macam selai, preserves, pickles dan saus yangh sekarang bisa ditemukan di banyak supermarket lokal. Sejak 5 tahun yang lalu Yayasan ini mulai meneliti dan memproduksi sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami yang murni. Sekarang, bisa dilihat rak-rak pengering sabun yang harum mengelilingi tempat bekerja sekelompok perempuan yang sedang membungkus dan memberi label setiap butir sabun. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi: www.balispirit.com/baliasli.htm
Temuku Bakery - Adalah bakery yang pertama di Bali yang menggunakan gandum yang mereka tanam sendiri tanpa bahan-bahan tambahan. Pekerja disana sekarang sudah memproduksi banyak macam roti, kue, pie dan biskuit, termasuk pie mulberrynya yang terkenal yang menggunakan mulberry hasil kebun organik bakery itu sendiri.
Fabrik Produk-produk dari Intaran - PT Intaran – Yayasan MACK juga menjalankan penyulingan minyak dan kebun organik. Proyek ini, menggunakan pohon Nimba untuk penanaman kembali hutan dan pengembangan industri kecil, sudah dijalankan di seluruh Indonesia. Proyek ini juga mendukung perkebunan organik dengan menggunakan hasil dari pohon Nimba sebagai pembasmi hama alami dan pupuk. nd an organic farm. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi : http://www.indoneem.com/
The Sunrise Organic Markets - Satu lagi karya inovatif Yayasan Mack adalah Pasar Organik Bersertifikat yang pertama di Bali. Berlokasi di Banjar Pengubungan, Kerobokan, pasar ini menawarkan banyak macam produksi yang alami. Sunrise Market juga menjual bumbu- bumbu, telur ayam kampung, roti, pupuk organik, rumput vetiver, benih pohon Nimba, minyak Nimba, garam laut, kopi organik dan seluruh produksi Bali Asli. Untuk mendapatkan keterangan tentang Sunrise Organic Market, hubungi: (0361) 735 824
Program Pendidikan & Perkembangan Masyarakat Yayaan MACK

Sekolah Sunrise
Sekolah independen ini berlokasi di Legian, yang dalam pengajarannya menggunakan kurikulum internasional yang digabungkan dengan Learnscape, sebuah sistem belajar yang memanfaatkan wilayah setempat dalam proyek-proyek merawat dan memperbaiki lingkungan. Sekolah ini sendiri adalah sebuah perkebunan kecil yang berisi pohon-pohon buah dan sayur untuk dikonsumsi di kantin sekolah dan dijual di pasar Sunrise, juga beternak ayam, bebek dan sapi. 80 orang murid dari 10 negara ini ikut menanam dan merawat kebun serta memelihara ternak-ternak itu. Sekolah Sunrise juga menerapkan Wastewater Gardens® untuk pengolahan limbah air kotornya. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi: http://www.sunriseschoolbali.com/
Pendidikan lingkungan & Pilot Pelatihan Guru SDN 1 Batungsel
Dengan dukungan Kanwil P & K Pupuan, yayasan Mack telah mengembangkan jaringan proyek uji-coba untuk pendidikan lingkungan yang inovatif di sekolah dasar di wilayah Pupuan.

Kegiatan utama di Batungsel adalah kegiatan extra kurikuler, seperti menari, Bahasa Inggris dan skil sosial serta akses ke perpustakaan untuk murid-murid sekolah lokal.

Keberhasilan dari proyek uji-coba di Batungsel ini telah menginspirasi perkembangan yang sekarang telah menjadi jaringan kerja 12 sekolah di wilayah itu. Sekolah-sekolah ini bekerja sama dan saling mendukung dalam pertukaran program. Dibawah bimbingan dan dukungan Yayasan MACK mereka bekerja sama dalam menjalankan pelatihan guru, pengelolaan sampah dan program perkembangan masyarakat lainnya.
Bagaimana membantu mereka:
Program lingkungan dan perkembangan masyarakat Batungsel Yayasan MACK berlokasi di daerah yang miskin dan terisolir di Bali. Akses ke sumber daya yang diperlukan untuk menjaga kelangsungan dan perkembangan proyek kadang-kadang sulit didapat. Sejauh ini semua personil pendukung yayasan MACK bekerja secara sukarela, namun tanggung jawab pekerjaan yang makin besar ini memerlukan sumbangan untuk meneruskan pekerjaan mereka.

Selain dari itu ada beberapa murid sekolah yang tidak bisa menghadiri sekolah secara rutin karena tidak mempunyai dana untuk membayar uang sekolah dan membutuhkan bantuan segera.
Kebutuhan proyek yang mendesak:
Keterangan Biaya dalam Rp dalam US$
Gaji 4 karyawan part-time untuk 1 tahun Rp 14,400,000 $ 1,600
Mobil bekas untuk mengangkut sampah Rp 15,000,000 $ 1,670
Mobil bekas untuk perpustakaan berjalan Rp 25,000,000 $ 2,780
Dukungan uang sekolah (40 murid) Rp 18,000,000 $ 2,000
Anda bisa memilih untuk mendukung murid perorangan dengan Rp 450.000,- setahun.
Buku, peralatan belajar, kerajinan tangan, pena, kertas, berbagai macam pewarna dengan bentuk sumbangan barang atau uang untuk membeli peralatan ini sangat diharapkan.
Apabila anda ingin membantu, silakan menghubungi kami atau buka halaman sumbangan kami di website ini untuk donasi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda