Senin, 08 Oktober 2007

Ashoka Indonesia



Jl.Saninten No. 37
Bandung - 40114
West Java
Indonesia
tel/fax: 62-22-7234095
email

Program


Upaya administrasi Ashoka dirancang untuk kelancaran jalannya organisasi secara keseluruhan. Bidang administrasi ini terutama mencakup Bagian Keuangan, yang mengeluarkan anggaran tahunan dan laporan pengeluaran bulanan, mengawasi program pembelanjaan uang, mengeluarkan pembayaran biaya hidup bulanan untuk para Fellow, serta mempersiapkan laporan keuangan bagi para donor.

dukungan fellowship Sampai saat ini, Ashoka telah mengembangkan susunan program dan layanan guna membantu Fellow untuk melakukan kontak, mendapatkan informasi, dan membangun keahlian yang diperlukan untuk memajukan kerja mereka, dengan berpegang pada gagasan bahwa Fellowship itu sendiri merupakan sumber terkaya yang ditawarkan Ashoka. Tujuan utama dari dukungan Fellowship Ashoka adalah mempermudah interaksi dan kolaborasi antara Fellow dan yang dalam pelaksanaannya akan memperkuat dampak dari kerja masing-masing Fellow. Sementara dukungan dana yang ditawarkan Ashoka terbatas selama tiga tahun, peluang Fellowship terbuka bagi Fellow bahkan setelah tunjangan berakhir, selama mereka menjadi bagian dari jaringan kerja Ashoka.

Sejauh mana Fellow mendapatkan keuntungan dari layanan dukungan Fellowship Ashoka bergantung sepenuhnya pada inisiatif dan kepentingan Fellow itu sendiri. Fellow diundang untuk memakai layanan ini apabila diperlukan dan pada gilirannya diminta pertanggungjawaban atas perencanaan pertemuan, pengerahan mitra mereka, sekaligus memberikan masukan kepada Ashoka sebagai timbal balik tentang bagaimana cara memperbaiki mekanisme dukungannya.

1. Pertemuan Fellowship Lokal
Pertemuan Fellowship Lokal memberikan peluang bagi Fellow dalam suatu negara tertentu untuk berkumpul bersama, berkenalan, memperbarui pekerjaan satu dengan lainnya, membahas tantangan umum, berbagi saran dan kontak, dan atau menghasilkan inisiatif kerja sama. Pertemuan Fellowship dimaksudkan menjadi aktivitas prakarsa Fellow dan harus terjadi dengan atau tanpa koordinasi dan dukungan dana dari kantor Ashoka lokal.

2. Acara "Challenge Pot"
"Challenge Pot" adalah dana yang dirancang untuk mendukung aktivitas prakarsa Fellow yang menuju pada kebutuhan, tantangan, atau peluang umum yang dihadapi Fellow. Tiga atau lebih kelompok Fellow dari suatu negara tertentu atau daerah diundang untuk merencanakan atau mengorganisir aktivitas atau pertemuan untuk pembelajaran dan pertumbuhan profesionalisme masing-masing.

Contoh kegiatan "Challenge Pot" di masa lalu:
1996 Sesi pelatihan pengumpulan dana selama dua hari dipimpin oleh seorang Fellow Ashoka
1997 Pertemuan Fellow Amerika Latin yang bekerja di seputar isu hak asasi anak
1998 Konferensi hak asasi pribumi termasuk para Fellow dan pakar lainnya
1999 Pertemuan pertama yang pernah ada antara kelompok Fellowship Argentina dan Chile
2000 Pertemuan Brazilia yang dihadiri sembilan orang Fellow yang bekerja di seputar anak-anak dan remaja berisiko.

3. Laporan Berkala
Di beberapa negara, Fellow menulis dan memproduksi laporan berkala lokal periodik yang berfokus pada kerja Fellow Ashoka, tantangan yang dihadapi sektor kemasyarakatan yang lebih luas, dan isu kepedulian sampai isu wirausaha sosial di negara dan atau daerah itu. Laporan berkala didistribusikan ke semua Fellow Ashoka di daerah dan berbagi bersama Nominator lokal dan yang lainnya.

4. Dana Kolaborasi Global
Dana Kolaborasi Global adalah inisiatif baru terbuka bagi semua Fellow (penerima tunjangan maupun tidak) yang bertujuan mengarahkan peluang atau kebutuhan tertentu dalam profesi wirausaha sosial, atau secara bersama-sama mempelajari isu yang relevan dengan bidang mereka yang dapat mengambil keuntungan dari perspektif lintas budaya dan internasional. Kolaborasi harus dimulai dan diorganisir oleh Fellow Ashoka dan harus mengikutsertakan Fellow dari sedikitnya tiga negara.

5. Dana Insentif Internet
Di masa lalu, komunikasi yang cepat dan dapat diandalkan antara Fellow diganggu oleh tingginya biaya telepon dan lambatnya layanan pos. Namun, sejak internet melanda seluruh dunia, telah menghadirkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk membangun komunikasi antara Fellow, wirausaha sosial lain, para ahli di lapangan dan organisasi pendanaan. Untuk meraih kesempatan ini, Ashoka telah membentuk Dana Insentif Internet, kumpulan dana dirancang untuk membantu Fellow di seluruh dunia mendapatkan akses e-mail dan internet.

6. Direktori Kontak Fellow
Banyak daerah telah mulai memproduksi Direktori Kontak Fellow, yang ditulis dalam bahasa Inggris maupun lokal dan berisi detail kontak, rangkuman gagasan baru, dan informasi proyek bagi semua Fellow di negara atau daerah yang ditentukan. Informasi dalam Direktori didasarkan atas daftar pertanyaan yang diisi oleh tiap Fellow pada saat pemilihannya atau kemudian secara periodik.

7. Pusat Wirausaha Sosial
Pusat Wirausaha Sosial (CSE) adalah kerja sama antara Ashoka dan McKinsey & Company, sebuah firma manajemen konsultan internasional dan mitra lama Ashoka. CSE pertama didirikan di Sao Paulo, Brazil, pada tahun 1996 dengan tujuan:

  • Memperkuat profesi wirausaha sosial di Brazil dengan memberikan Ashoka Fellow dan praktisi lainnya informasi dan pelatihan keahlian yang diperlukan dalam memajukan kerja mereka;
  • Mempromosikan keberlanjutan sektor kemasyarakatan dengan memperkuat kemampuan pengumpulan dana lokal; serta
  • Menarik para konsultan McKinsey dan komunitas bisnis yang lebih luas untuk menyelesaikan permasalahan sosial.

8. Wirausaha ke Wirausaha (E2)
Program Wirausaha ke Wirausaha (E2) dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1990 dan saat ini program awalnya tengah dilaksanakan di Brazil dan Argentina. Program E2 dirancang untuk memudahkan informasi jangka panjang, kerja sama saling menguntungkan antara Ashoka, wirausaha bisnis dan Fellow Ashoka. Dengan memberikan keuntungan pada Ashoka, rekan E2 dari sektor bisnis membantu dalam peluncuran dan penyebaran solusi inovatif yang berdampak tinggi terhadap permasalahan sosial yang dimotori oleh Fellow Ashoka.

9. Ashoka "Chapter"
"Chapter" adalah kelompok-kelompok relawan lokal khusus yang bekerja sebagai jembatan penghubung antara Fellow Ashoka, individu-individu dan institusi-institusi dalam komunitas "Chapter". Selain membantu Fellow menemukan penginapan bagi yang tengah melakukan perjalanan dan mengadakan pertemuan dengan organisasi-organisasi lokal yang memiliki kepentingan dan pemerhati yang sama, "Chapter" juga mempromosikan gagasan-gagasan Fellow dan konsep wirausaha sosial, mengumpulkan dana lokal bagi Ashoka, dan berpartisipasi dalam produksi dan distribusi publikasi Ashoka.


ASHOKA REGIONAL WEB SITES:

Ashoka International Brazil Canada Czech and Slovak Republics France
Germany Hungary Indonesia Latin America Middle East/North Africa
Nigeria Poland Southern Africa Spain Turkey United States

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda