Selasa, 04 Desember 2007

Bisnis Internasional Comment Globalization Kasus

Hill, Charles W. L. 2003 International Business, 4th Edition, New York. Mc Graw-Hill

Globalisasi

Perubahan cepat telah terjadi di dunia ekonomi sekarang ini. Setiap negara tidak dapat memenuhi kebutuhan rakyatnya dari produksi domestik. Suatu barang atau jasa yang dikonsumsi di suatu negara bisa jadi merupakan produk buatan luar negeri, ataupun walau diproduksi di negara tersebut tetapi atas lisensi asing. Persaingan bisnis antar negara tak dapat dihindari lagi. Perusahaan – perusahaan besar berusaha melebarkan sayapnya keseluruh dunia. Hal itu berdampak pada suatu produk bukan lagi buatan suatu negara tertentu lagi, tetapi merupakan suatu produk global yang input produksi berasal dari berbagai negara dan dapat dikonsumsi di berbagai negara di dunia. Hal tersebut yang disebut globalisasi.


Globalisasi telah berdampak pada menurunya tariff dan hambatan yang dilakukan oleh berbagai negara dan mempunyai kecenderungan mengarah pada aliran bebas hambatan pada barang, jasa, dan modal antar negara. Hal tersebut memudahkan pertukaran investasi antar negara, dan berakibat pada percepatan perubahan teknologi di suatu negara.


Dalam bisnis internasional diperlukan cara yang berbeda dalam mengelola pasar global dan pasar domestic. Ini disebabkan adanya perbedaan antar negara, tingkat masalah yang dihadapi oleh manajer di bisnis internasional lebih kompleks bila dibandingkan dengan manajer di bisnis domestik. Dalam bisnis internasional harus menemukan cara untuk bekerja dalam keterbatasan yang diakibatkan oleh intervensi pemerintah di sistem perdagangan dan investasi internasional. Dan dalam transaksi internasional melibatkan pertukaran uang dalam berbagai mata uang.


Closing Case

Dixon Ticonderoga – Victim of globalization

  1. Kedatangan Cina mempunyai keuntungan biaya (cost advantage) dalam memproduksi pensil karena dengan kemunculan produk pensil dari Cina yang murah membuat persaingan harga bagi produsen pensil di US khususnya Dixon. Hal ini membuat Dixon mencari cara untuk melakukan efisiensi dan penggunaan sumber input factor produksi yang lebih murah agar dapat bersaing dengan produk pensil yang berasal dari Cina. Sehingga perdagangan internasional dalam hal ini dengan masuknya produk pensil dari Cina ke US akan membawa cost advantage dalam memproduksi pensil.

  2. Melakukan lobi terhadap pemerintah US atas tuduhan dumping terhadap produk pensil dari Cina merupakan cara yang baik untuk melindungi lapangan pekerjaan di US. Karena dengan menetapkan tariff impor yang tinggi karena tuduhan dumping terhadap produk Cina akan membuat produk pensil dari Cina akan menjadi mahal di US. Sebagai dampaknya yang memperoleh keuntungan dari diterapkanya kebijakan tariff dan hambatan impor adalah produsen pensil domestic di US dalam hal ini Dixon, karena dengan naiknya haraga impor pensil di US maka masyrakat akan cenderung membeli produk domestic yang lebih murah. Sebaliknya yang dirugikan dari kebijakan ini adalah Negara yang mengekspor produk pensil ke US dalam hal ini Cina karena harga produknya menjadi naik. Akan tetapi hal ini hanya bersifat sementara, jika Cina tidak terbukti melakukan dumping atau melakukan produksi dengan biaya yang rendah dan dapat melakukan efisiensi maka Cina dapat menjual barang ke US dengan lebih murah lagi. Oleh karena itu kebijakan alternative yang mungkin dapat dilakukan oleh pemerintah US adalah dengan memberikan subsidi input factor produksi yang lebih murah kepada produsen pensil domestic, atau mencari sumber input factor produksi di dalam negeri atau di luar negeri yang lebih murah sehingga para produsen pensil di US dapat melakukan efisiensi produksi dan dapat menjual produknya lebih murah dengan standar tinggi sehingga dapat bersaing dengan produksi dari negara lain.

  3. Dixon sekarang menjadi perusahaan multinasional karena Dixon telah membeli penghapus karet untuk produksi pensilnya yang dibeli dari Korea, mendirikan pabrik pensil mentah di Cina dan diproduksi menjadi pensil jadi di US. Serta Dixon telah menjual produknya secara internasional sehingga Dixon menjadi perusahaan multinasional yaitu perusahaan yang beroperasi dan menjual produknya di lebih dari satu negara. Keuntungan ekonomis dari melakukan bisnis internasional bagi Dixon adalah dapat menghemat biaya produksi misalnya dengan mendirikan pabrik di Mexico dan Cina yang jauh lebih murah dalam membayar upah karyawan apabila berproduksi di US. Kedua adalah pangsa pasar dari Dixxon menjadi lebih luas daripada dulu hanya di US. Dengan mendirikan pabrik di luar US juga dapat mendekatkan tempat produksi dengan konsumen sehingga menghemat biaya transportasi.

  4. Dengan melakukan kegiatan operasi produksi di Cina Dixon berupaya menghemat biaya produksinya, namun begitu tidak mudah untuk mengimpor produk pensil jadi dari Cina hal ini dikarenakan bahan utama pensil berupa karbon masih dibuat di US, sehingga lebih mudah untuk memproduksi pensil jadi di Mexico karena untuk menghemat biaya transportasi dan mendekatkan proses produksi pensil dari US.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda