Selasa, 25 Desember 2007

globalisasi dan perbedaan nasional politik perekonomian

Bisnis Internasional

KOMENTAR KRITIS


Critical Comment Chapter 1 & 2 ( Globalization & National Differences in Political Economy ) Hill, Charles W. L. 2003 International Business, 4th Edition, New York. Mc Graw-Hill

BACA DENGAN KRITIS!

LIHAT:

Ekonomi Islam Vs Ekonomi Neo-Liberal

Thursday, July 3rd, 2008 | Tags: , ,
Posted in Analisis, Ekonomi | 6 Comments »

IMF membunuh umat manusia tidak dengan peluru atau rudal, tetapi dengan wabah kelaparan. (Andres Perez, Mantas Presiden Venezuela, The Ecologist Report, Globalizing Poverty, 2000). Banyak yang tahu dan paham bahwa baik neo-liberalisme maupun liberalisme adalah kebijakan ekonomi dunia yang berbahaya yang harus dilawan dan dicegah. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu sistem ekonomi seperti apa yang [...]

Baca lebih lanjut »

Pangkal Kerapuhan Kapitalisme

Monday, July 2nd, 2007 | Posted in Analisis | 1 Comment »

Kapitalisme adalah istilah yang dipakai untuk menamai sistem ekonomi yang mendominasi dunia Barat sejak runtuhnya feodalisme pada abad ke-16 (Dillard, 1987). Milton H. Spencer dalam bukunya, Contemporary Macro Economics (1977), mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah organisasi ekonomi yang dicirikan oleh kepemilikan individu atas alat-alat produksi dan distribusi serta pemanfaatan kepemilikan individu itu untuk memperoleh laba dalam [...]

Baca lebih lanjut »

Jejak Neoliberal Di Indonesia

Saturday, July 4th, 2009 | Posted in Afkar | No Comments »

Menjelang digelarnya Pilpres pada 8 Juli 2009, “neolib” menjadi salah satu topik paling hangat. Hal ini seiring dengan dipilihnya Boediono oleh SBY sebagai pendampingnya di dalam memimpin Indonesia ke depan. Tidak dapat dipungkiri, “neolib” atau neoliberalisme telah menjadi isu menguntungkan bagi kandidat Mega-Pro dan JK-Win dan sebaliknya merugikan kandidat incumbent SBY-Boediono. Isu ini membuat kubu SBY-Boediono [...]

Baca lebih lanjut »

Semua itu sebagai pelaksanaan liberalisme ekonomi pasar, privatisasi, dan globalisasi

5 Jan 2009 ... Juga terdapat persoalan perusahaan multi nasional (Multi ... Penjelasan garis-
garis besar politik ekonomi Islam itu adalah sebagai berikut. ..... Semua itu sebagai pelaksanaan liberalisme ekonomi pasar, privatisasi, dan globalisasi. ... karena terjadi perbedaan harga dan nilai dengan adanya tempo. ...


Perubahan mendasar telah berlangsung di perekonomian dunia sekarang ini. Kita bergerak secara cepat dari dunia yang dulunya perekonomian negara yang relative tertutup dengan negara lain dengan adanya hambatan dalam perdagangan dan investasi, jarak antar negara, zona waktu, bahasa, peraturan pemerintah yang berbeda-beda di masing-masing negara, budaya, dan system ekonomi dan bisnis.

Dan sekarang kita bergerak kedunia yang lebih dinamis dengan dikurangi dan dihapuskanya hambatan perdagangan dan investasi, jarak yang dulu menjadi hambatan sekarang dapat diatasi dengan kemajuan cepat dibidang teknologi dan telekomunikasi, budaya materi yang semakin seragam dan ketergantungan antar negara dalam system ekonomi global. Proses yang sekarang terjadi itulah yang dinamakan globalisasi.


Sebagai konsekuensi dari adanya globalisasi juga berpengaruh pada pelaksanaan bisnis internasional. Bisnis internasional adalah banyak perusahaan yang saling berhubungan dalam perdagangan internasional dan investasi.

Walaupun suatu perusahaan berinvestasi langsung dan beroperasi di negara lain untuk melakukan bisnis internasional, belum dapat dikatakan perusahaan multinasional. Suatu perusahaan dikatakan sebagai perusahaan multinasional jika perusahaan tersebut melakukan ekpsor dan impor produk dengan negara lain.


Dalam mengatur bisnis internasional berbeda dengan mengatur bisnis domestic murni, ini dikarenakan empat hal; pertama negara yang berbeda, kedua tingkat masalah yang dihadapi suatu manajer dalam bisnis intrnasional lebih luas, dan masalah tersebut lebih kompleks bila dibandingkan dengan bisnis domestic, ketiga dalam bisnis internasional harus mencari cara untuk bekerja di bawah keterbatasan tekanan oleh interfensi pemerintah dalam perdagangan internasional dan system investasi, keempat transaksi internasional melibatkan konversi uang ke dalam mata uang asing.


Bisnis internasional lebih kompleks daripada bisnis domestic karena perbedaan negara dalam berbagai hal. Beberapa negara mempunyai perbedaan politik, ekonomi, dan system legal. Praktik budaya dapat sangat berbeda antara suatu negara dengan negara yang lain, sebagaimana dalam hal pendidikan, tingkat keahlian (skill) masyarakat, dan perbedaan tingkat dalam perkembangan ekonomi. Semua perbedaan ini dapat berimplikasi besar terhadap praktik bisnis internasional.


Sistem ekonomi, politik dan system legal pada suatu negara sangat berpengaruh terhadap menarik dan tidaknya suatu negara sebagai pasar dan investasi. Keuntungan, biaya dan resiko bersama dengan melakukan bisnis disebuah negara adalah fungsi dari system ekonomi, politik dan system legal negara tersebut. Sistem ekonomi, politik dan system legal dari sebuah negara dapat menaikkan pentingnya isu etika yang berimplikasi pada praktek dalam bisnis internasional.


Resiko dalam melakukan bisnis disuatu negara cenderung untuk menjadi besar disebuah negara karena keadaan politik yang tidak stabil, pelaku ekonomi yang gagal mengatur keadaan ekonominya, kelangkaan system legal (peraturan) yang memberikan jaminan keamanan dalam hal kontrak dan pelanggaran property rights.


Perbedaan negara menaikkan beberapa isu etika yang penting. Tiga isu yang penting yang menjadi focus dan bayak diperdebatkan akhir-akhir ini adalah pertama, etika dalam melakukan bisnis disuatu negara yang melanggar hak asasi manusia. Kedua, isu etika dalam melakukan bisnis di beberapa negara yang kurang memperhatikan keselamatan tenaga kerja dan peraturan lingkungan.

Ketiga adalah etika korupsi. Ketiga hal tersebut sangat berpengaruh bagi suatu negara untuk dianggap menerik atau tidak bagi tujuan investasi dan pasar bagi para pelaku bisnis internasional.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda