Senin, 10 Desember 2007

KONDISI PASAR JAMU DUNIA

BISNIS INTERNASIONAL

POTENSI PERKEMBANGAN JAMU DUNIA


Geografi

Salah satu penampakan alam yang menarik di Belanda ialah permukaan tanahnya sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter di atas paras laut. Paras tertinggi ialah Vaalserberg pada ketinggian 321 m. Banyak tanah rendah dilindungi oleh dike dan dinding laut. Sebagian kawasan di Belanda, misalnya daerah Flevoland, berada di bawah paras laut. Kawasan berdinding ini polder.

Negara ini terbagi menjadi dua oleh sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Meuse (Maas).

Arah angin yang utama di Belanda ialah barat daya, yang menyebabkan iklim kepulauan yang tenang, dengan musim panas yang dingin dan musim sejuk yang menenangkan.


PERKEMBANGAN JAMU DI belanda

Meski harus bersaing ketat dengan produk China dan Thailand, ekspor jamu Indonesia tumbuh cukup bagus. Dalam tiga tahun kuota ekspor ke Malaysia, Vietnam, Afrika Selatan, dan Nigeria naik diatas 80% tiap tahun. Angka itu melebihi pertumbuhan rata-rata produk jamu Indonesia. Bahkan dalam waktu dekat, salah satu perusahaan jamu Indonesia yang awalnya beroperasi sebagai industri rumahan, akan mengembangkan pasar ke Belanda. Ketertarikan Belanda pada jamu, juga nampak pada pameran industri Jamu pada 2005 lalu. Pameran ini pertama diadakan di Bandung Indonesia, kemudian Crete Yunani pada bulan oktober 2005, lalu menuju Belanda bulan Desember tahun lalu.
Mengapa semakin banyak orang tertarik dengan jamu ? Berikut penjelasan Dr. Martha Tilaar pendiri sekaligus direktur utama perusahaan Martha Tilaar Foundation yang saya kutip pernyataan beliau dalam wawancara bahasa inggris.

”Negara-negara barat yang sangat berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi canggih, mereka memeras otak hingga stress, merusak jiwa dan raga mereka sendiri. Budaya timur yang masuk dalam budaya barat, menerapkan cara keseimbangan holistic tubuh dimana menliputi keseimbangan jiwa dan raga, kita ada meditasi, puasa senin kamis, tidak makan daging dan banyak mengkonsumsi sayuran -ngrowot, makan buah dan mengurangi garam –ngadem, mutih yang artinya hanya mengkonsumsi nasi”



KOMPETITOR belanda


Jahe gajah adalah salah satu komoditas yang diminati oleh Amerika. Komoditas jahe gajah di lluar negeri, dimanfaatkan sebagai bahan makanan, minuman, bentuk rimpang segar, ataupun sebagai food supplement yang banyak diminati konsumen di Amerika. Lima negara pengekspor jahe terbesar adalah China, Thailand, India, Indonesia dan Brazil, dengan nilai ekspor masing-masing adalah US$ 71 138 000,-; US$ 18 394 000,-; US$ 5 914 000,-; US$ 5 797 000,-; dan US$ 576 000.


PURCHASING POWER belanda

Pertumbuhan ekonomi Belanda dalam periode 2005 masih berada dibawah pertumbuhan rata-rata Uni Eropa (UE) dimana diperkirakan pertumbuhan ekonomi hanya akan mencapai 0,5% PDB (tahun 2004 sebesar 1,4% PDB) Pertumbuhan ekonomi tahun 2006, diperkirakan akan mencapai 2,5% PDB. Belanda sebagai negara dagang dengan prinsip perekonomian terbuka dan perdagangan bebas, kebijaksanaan ekonominya dititikberatkan bagi perkembangan perdagangan, khususnya mengembangkan ekspor barang maupun jasa.


Hubungan perdagangan belum menggambarkan potensi yang dimiliki kedua negara. Perdagangan kedua negara mengalami fluktuasi dan hanya mencapai US$ 2.27 milyar di tahun 2004 dan Indonesia tetap mengalami surplus perdagangan. Di tahun 2004, impor Indonesia dari Belanda sebesar US$ 474.6 juta, sedangkan ekspor Indonesia ke Belanda mencapai 1.80 milyar, yang menghasilkan surplus perdagangan US$ 1.32 milyar bagi Indonesia.


Perdagangan bilateral Belanda dengan Indonesia periode Januari-September 2005 mencapai US$ 1.676,11 juta, naik 8,11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2004 sebesar US$ 1.55043 juta. Total nilai ekspor Belanda ke Indonesia sebesar US0,28 juta. Total nilai impor Belanda dari Indonesia sebesar US$ 1.355,70 juta naik sebesar 14,29% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2004 sebesar US$ 1.186,15 juta.


Berdasarkan angka-angka tersebut diatas, menunjukkan bahwa produk-produk kedua negara disukai oleh konsumennya. Nampaknya para pengusaha memanfaatkan Indonesia sebagai pasar produknya untuk wilayah Asia Pasifik terutama pasar Indonesia yang jumlah penduduknya 220 juta jiwa dengan pertumbuhan ekonomi semakin membaik dengan pertumbuhan tersebut telah tinggi dibandingkan dengan negara terdekat seperti Philipina, Malaysia dan Thailand.





Demand

Ekspor produk utama RI ke Belanda meliputi rempah-rempah, minyak nabati, kopi, teh, batubara kokas dan briket, perabot rumah tangga, alat listrik dan elektronika. Komoditi Impor utama dari Belanda meliputi alat telekomunikasi, mesin tekstil dan kulit, bahan plastik dan kertas.

Hambatan dari pihak Belanda, antara lain:

hambatan non-tarif sangat besar terutama untuk komoditas pertanian dituntut persyaratan standar yang tinggi dan dikaitkan dengan faktor lingkungan hidup.

.



ANGKA KESEHATAN belanda

Diabetes in Western Europe (Extrapolated Statistics)

Country/Region

Extrapolated Prevalence

Population Estimated Used

Britain (United Kingdom)

3,545,335

60,270,708 for UK2

Belgium

608,722

10,348,2762

France

3,554,365

60,424,2132

Ireland

233,503

3,969,5582

Luxembourg

27,217

462,6902

Monaco

1,898

32,2702

Netherlands (Holland)

959,894

16,318,1992

Wales

171,647

2,918,0002



POLICY/KEBIJAKAN belanda

Belanda sebagai negara dagang dengan prinsip perekonomian terbuka dan perdagangan bebas, kebijaksanaan ekonominya dititikberatkan bagi perkembangan perdagangan,


GEOGRAFI AMERIKA

Amerika Serikat ialah negara terbesar ke-3 di dunia. Keadaan geografisnya amat bermacam-macam.

Iklimnya bermacam-macam menurut keadaan geografisnya, dari tropis (panas dan kering di musim panas, hangat di musim dingin) di Florida sampai tundra (dingin sepanjang tahun) di Alaska. Sebagian besar negara ini memiliki musim panas yang hangat dan musim salju yang dingin.


PERKEMBANGAN JAMU DI AMERIKA

Tren ”Kembali ke Alam ” ( Back to Nature ) saat ini, berimbas juga pada masyarakat di Amerika dalam upaya meminimalisir penggunaan obat berbahan sintetik dan beralih ke bahan alam atau fitofarmaka. Pasar herbal dunia pada tahun 2000 adalah sekitar USD 20 milyar dengan salah satu pangsa pasarnya adalah Amerika Utara (22 %) . WHO melaporkan, saat ini tidak kurang dari 75 persen penduduk dunia mulai lebih banyak menggunakan obat-obatan fitofarmaka yang disebut sebagai healing herbs.


Fenomena suplemen makanan ( nutracetical ) juga melanda hampir seluruh dunia terutama Amerika.Suplemen makanan merupakan makanan yang mengandung zat-zat gizi dan non-gizi; bisa dalam bentuk kapsul, kapsul lunak, tablet, bubuk, atau cairan yang fungsinya sebagai pelengkap kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga agar vitalitas tubuh tetap prima. Di Amerika Serikat, total pasar food supplement pada tahun 2000 mencapai USD 16.7 milyar, sebesar 25 % diantaranya (USD 4.2 milyar) adalah produk herbal.


KOMPETITOR

Jahe gajah adalah salah satu komoditas yang diminati oleh Amerika. Komoditas jahe gajah di lluar negeri, dimanfaatkan sebagai bahan makanan, minuman, bentuk rimpang segar, ataupun sebagai food supplement yang banyak diminati konsumen di Amerika. Lima negara pengekspor jahe terbesar adalah China, Thailand, India, Indonesia dan Brazil, dengan nilai ekspor masing-masing adalah US$ 71 138 000,-; US$ 18 394 000,-; US$ 5 914 000,-; US$ 5 797 000,-; dan US$ 576 000.


PURCHASING POWER

Jarak struktur sosial Amerika Serikat cukup besar, hal ini berarti sejumlah orang Amerika cukup kaya. Walaupun sebenarnya masih ada juga rakyat yang hidup di abwah garis kemiskinan. 51% dari seluruh rumah tangga memiliki komputer dan 41% memiliki akses Internet pada 2000, angka yang telah berkembang menjadi 75% pada 2004. Lebih lanjut, 67,9% penduduknya memiliki rumah sendiri pada 2002. Pendapatan rata-rata penduduk Amerika $37.000 setahun pada 2002.



Neraca perdagangan Amerika juga menunjukan defisit perdagangan yang rendah yang berarti AS membeli lebih banyak barang dari negara llain daripada menjual hal ini dapat dilihat dari GDP (PPP) 2006 estimate - Total $13.049 trillion (1st) - Per capita $43,555 (3rd) GDP (nominal) 2006 estimate - Total $13.22 trillion (1st) - Per capita $44,333 (8th).



Demand

  • Pasar herbal dunia pada tahun 2000 adalah sekitar USD 20 milyar dengan salah satu pangsa pasarnya adalah Amerika Utara (22 %)

  • total pasar food supplement pada tahun 2000 di Amerika mencapai USD 16.7 milyar, sebesar 25 % diantaranya (USD 4.2 milyar) adalah produk herbal.

Beberapa spesies biofarmaka yang saat ini mendapat perhatian dalam perdagangan internasional dan memiliki prospek yang cerah, antara lain adalah tapak dara (Catharanthus roseus), kecubung (Datura fastuosa dan Datura metel), serta pulai pandak (Rauwolfia sp), Digitalis sp, dan Dioscoreae sp.Sedangkan BPEN mencatat trend demand komoditas biofarmaka yang banyak diekspor ke pasar internasional adalah jahe (Zingiber officinale).



ANGKA KESEHATAN

Americans consume gargantuan quantities of carbonated soft drinks and suffer untoward health consequences. Soft drinks provide large amounts of sugars (mostly high-fructose corn syrup) to many individuals’ diets. Soda pop provides the average 12- to 19-year-old boy with about 15 teaspoons of refined sugars a day and the average girl with about 10 teaspoons a day. Those amounts roughly equal the government’s recommended limits for teens’ sugar consumption from all foods. Soft drinks are a problem not only for what they contain, but for what they push out of the diet.

(Adapted from “Liquid Candy, How Soft Drinks Are Harming Americans’ HealthMichael F. Jacobson, Ph.D., Center for Science in the Public Interest Washington, D.C.)


Data mortality di Amerika menunjukan angka kematian 2,398,343 dengan tingkat

kematian 816.7 deaths per 100,000 population. Dari angka kematian tersebut yang disebabkan oleh masalah kesehatan :

  • Heart disease: 654,092

  • Cancer: 550,270

  • Stroke (cerebrovascular diseases): 150,147

  • Chronic lower respiratory diseases: 123,884

  • Diabetes: 72,815

  • Alzheimer's disease: 65,829

  • Influenza/Pneumonia: 61,472

  • Nephritis, nephrotic syndrome, and nephrosis: 42,762

  • Septicemia: 33,464


Resiko diabetes pada masyarakat Amerika :




WHO HAS DIABETES?


Prevalence of diagnosed diabetes in subsets of the U.S. population:

Men

6.7%


Women

6.3%


Black

10.0%


White

5.6%


Mexican-American

6.5%


Age 65 and older

15.8%


Total

6.5%

Source: Diabetes Care (a publication of the American Diabetes Association)












POLICY/KEBIJAKAN AMERIKA

AS menjalankan sistem ekonomi kapitalis. Pertumbuhan ekonomi negara ini kokoh di permukaannya, pengangguran dan inflasi rendah, dan defisit perdagangan yang rendah (berarti AS membeli lebih banyak barang dari negara lain daripada menjual).



Ekonomi AS ialah salah satu yang terpenting di dunia. Banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolok ukur mata uangnya, artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar. Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya. Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia.

KEADAAN GEOGRAFIS JERMAN

Jerman secara resmi merupakan Republik Federal Jerman yang merupakan sebuah Negara di sebelah barat Eropa. Jerman sebelah utara dibatasi oleh laut utara, Denmark, dan laut Baltic, sebelah timur oleh polandia dan Republik Czech, sebelah selatan oleh Austria dan Switzerland, dan sebelah barat oleh Prancis, Luxembourg, Belgia dan Belanda.


Iklim Negara Jerman, sebagian besar dingin dengan suasana atrau iklim lembab, berangin yang menonjol. Dengan temperatur rata-rata 30oC (86oF) untuk bagian utara dan 30oC (86oF) pada pusat dan selatan Jerman.


PERKEMBANGAN JAMU DI JERMAN

Jerman kaya akan tradisi herbal. Seperti akar, herb tersembunyi di bawah permukaan tanah. Di Jerman ginseng, bawang putih, bilberry merupakan komoditi herbal terbaik.


Penjualan obat herbal merupakan industri yang sangat berkembang di Jerman yang mana para dokter membuat resep secara rutin dan penjualan mencapai $ 2milyar. Menurut Pam Harisson obat herbal mulai populer dari kalangan para pasien sendiri, mereka lebih memilih alternatif obat herbal dibandingkan dengan obat-obat berbahan kimia. Riset penelitian Jerman dan produk herbal telah menggerakkan pasar obat herbal dunia. Pasar herbal dunia pada tahun 2000 adalah sekitar USD 20 milyar dengan pasar terbesar adalah di Asia (39 %), diikuti dengan Eropa (34 %), Amerika Utara (22 %) dan belahan dunia lainnya sebesar lima persen.


Sedangkan nilai pasar untuk beberapa komoditas gromedisin dalam bentuk ekstrak herbal tunggal, menurut IRI untuk tahun 1999 (dalam juta USD) adalah Gingko 90,197; Ginseng 86,048; Garlic 71,474;Echinaceae 49,189; St. John’s Wort 47,774 dan Saw Palmetto 18,381. Dari total nilai pasar food supplement di Eropa pada tahun 1999 yaitu sebesar USD 13.5 milyar, sebesar 55 % diantaranya adalah produk herbal (sekitar USD 7.43 milyar). Dalam mana Jerman mendapat pangsa sekitar 48 % (+ USD 3.57 milyar), Perancis 24 % (USD 2 milyar), Italia 9 % (USD 0.73 milyar), Inggris enam persen ( USD 0.52 milyar) dan sisanya negara Eropa lainnya.


KOMPETITOR JERMAN

PURCHASING POWER JERMAN

Demand

ANGKA KESEHATAN JERMAN

Penyakit-penyakit yang tersebar di Jerman


Death causes after the 10 most frequent death causes 1altogether and after gender2005

ICD-10 2Pos.Nr.

Penyebab kematian

Kematian keseluruhan

Jumlah

Persentase

I25

chronic ischemic heart disease

80 998

9,8

I21

Acute Myocardial Infarction

61 056

7,4

I50

Gagal jantung

47 939

5,8

C34

Malignant neoplasms of trachea. bronchus and lung

40 641

4,9

I64

Stroke, not specified as hemorrhage or infarction

30 092

3,6

J18

Radang paru-paru

20 976

2,5

J44

Other chronic obstructive pulmonary disease

20 895

2,5

C18

Malignant neoplasm of colon

18 970

2,3

C50

Malignant neoplasm of breast

17 700

2,1

I11

Hypertensive heart disease

16 760

2,0


© Federal Statistical Office Germany 20

Diabetes in Central Europe (Extrapolated Statistics)


Country/Region

Extrapolated Prevalence

Population Estimated Used

Austria

480,868

8,174,7622

Czech Republic

73,304

1,0246,1782

Germany

4,848,506

82,424,6092

Hungary

590,139

10,032,3752

Liechtenstein

1,966

33,4362

Poland

2,272,138

38,626,3492

Slovakia

319,033

5,423,5672

Slovenia

118,321

2,011,473 2

Switzerland

438,286

7,450,8672


POLICY/KEBIJAKAN JERMAN



Negara anggota UE menerapkan prosedur dagang dan tariff bea masuk bersama. Artinya adalah darimanapun suatu barang diimpor ke wilayah zona dagang (pabean) UE, maka atas barang tersebut diberlakukan peraturan dasar yang sama (yang telah diharmonisasi. Sebaliknya untuk produk yang diproduksi disalah satu negara anggota UE dan untuk selanjutnya dijual atau diangkut dalam zona dagang UE tidak dikenai bea masuk atau cukai (European Free Trade Area/EFTA).

ANALISIS

Dari paparan yang telah disampaikan diatas, kita ketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemilihan Negara tujuan ekspor produk. Hal itu antara lain keadaan geografis, perkembangan jamu di suatu Negara (perkembangan produk tersebut di suatu Negara), competitor, purchasing power, demand terhadap produk, data mengenai kesehatan (data mengenai keadaan konsumen), policy/kebijakan yang ada di Negara tujuan.

Berdasarkan data yang telah dipaparkan, Amerika Serikat menjadi pilihan utama Negara tujuan ekspor produk kami. Dilihat dari keadaan geografisnya, baik Belanda, Jerman, maupun Amerika Serikat, sama-sama berada pada daerah dengan 4 musim (beriklim subtropis). Hal ini mengakibatkan Negara-negara tersebut tidak mampu untuk memproduksi sendiri bahan baku utama obat-obatan herbal. Ini menjadi peluang Indonesia sebagai Negara kedua di dunia yang memiliki kekayaan biodiversitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda