Senin, 17 Desember 2007

MARGARIA GROUP 6

  1. Menurut kami bisnis Margaria Group merupakan bisnis biasa dengan tema Islam, karena dilihat dari asal mula bisnis Margaria adalah kelontong, kemudian berubah menjadi bisnis jual beli batik, baru kemudian berkembang menjadi bisnis perlengkapan muslim mulai dari pakaian, samai pernak – pernik yang berbau Islam. Dilihat juga dari pola pemasaran yang dilakukan Margaria Group, mereka tidak meninggalkan “core” bisnis mereka yaitu sandang yang mereka kembangkan untuk menjangkau segmen pengguna atau penyuka busana muslim. Jadi menurut kami bisnis Margaria Group adalah tetap merupakan bisnis biasa atau bisnis jual beli yang menggunakan tema Islam untuk memperkuat Brand dan memberikan daya tarik yang lebih dari competitor mereka sesama pebisnis pakaian jadi.

  2. Bisa dilihat bahwa memang benar anggapan yang berkembang bahwa Margaria Group mempunyai naluri atau insting bisnis yang cukup baik kalo tidak sangat baik karena mereka mampu mengembangkan bisnis awal mereka yang sekedar jual beli pakain jadi menjadi bisnis baru yang mampu menjadi pelopor dan “trendsetter” di dalam lingkungan bisnis yang mereka masuki, mulai dari pakaian hingga bisnis pengemasan kado yang juga menggunakan sistem one stop shopping seperti bisnis induk mereka. Margaria Group tamaknya ingin benar – benar memanfaatkan kebutuhan konsumen akan kepraktisan sehingga Margaria Group mengembangkan bisnisnya dengan konsep memenuhi kebutuhan konsumen dalam satu tempat dengan cara menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan dan mempunyai keterkaitan antara barang yang satu dengan yang lain kemudian meletakkannya dalam satu tempat untuk mempermudah konsumen sekaligus memberi nilai tmabah bagi pelanggan mereka.


  1. sebagai stakeholder kami mengharapkan Margaria Group dapat terus konsisten dalam bisnis mereka terutama mengenai masalah pengembangan dan update desain ( karena mereka bergerak di bidang yang membuthkan kreativitas ) dan selalu menjaga kualitas, hal ini sangat penting agar julukan sebagai “trendseter” dapat mereka pertahankan. Dari segi barang yang dijual kami mengharapkan Margaria Group dapat mengembangkan dan memperbanyak varietas barang yang mereka jual sehingga dapat memberikan pilihan yang lebih beragam pada konsumen.

  2. Untuk masalah harga, Margaria Group henf\daknya dapat mempertahankan harga sesuai dengan segmen yang mereka bidik karena koleksi Margaria Group cukup banyak dan beragam dan menjangkau beberapa segmen, jangan sampai Margaria Group salah melakukan strategi harga untuk segmen tertentu yang mereka tuju contohnya: jangan sampai produk untuk segmen menengah kebawahdiberi harga yang seharusnya sesuai untuk segmen mengengah atas, begitu juga sebaliknya harga untuk produk segmen mengah atas mereka tempatkan untuk segmen menengah bawah.

  3. Dari sisi Corporate Social Responsibility, karena Margaria Group cenderung bergerak dibidan bisnis yang menggunakan tema Islam maka alangkah baiknya jika Margaria Group melakukan CSR denga tema Islam juga seperti misalnnya memeberikan pemahaman lebih tentang makan dari busana muslim kepada konsumen khususnya dan masyarakat secara umum, mengadakan pelatihan atau seminar, pengajian yang membahas topik – topik yang berhubungan dengan Islam mulai dari konsep dasar hingga pelaksanaan Syariat Islam itu sendiri agar Margaria Group mampu memberikan nilai tambah kepada konsumen dan masyarakat yang mereka layani.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda