Rabu, 05 Desember 2007

MENGENDALIKAN AMARAH stres

MENGELOLA EMOSI


Stres ini mempengaruhi cara kita bekerja dan berhubungan dengan orang lain, sebagaimana ditulis oleh Charles C. Manz,


dalamEmotional Discipline, “Our Life experience is greatly in uenced by how we feel, which in turn can play a major role in determining not only our level of satisfaction but how we connect with our

work and with other people”. Maka perlu sekali, seseorang memiliki kemampuan mengelola perasaan dan mengendalikan keseimbanganhidup baik secara mental maupun faalnya untuk dapat menghadapi stres. Selama kita hidup dan bekerja, kita tidak dapat menghindar dari peris-tiwa-peristiwa yang dapat membuat kita tegang dan cemas, berikutnya membuat diri kita stres.


Maka sejauh stres tidak dapat kita hindari dan selalu akan muncul dalam kegiatan kerjakita, maka alangkah baiknya bila kita berteman dengan stres dan menikmatinya sebagai teman hidup. Berfokus pada mengelola kedamaian diri sendiri adalah salah satu cara mengantisipasi, mengelola dan menikmati stres sebagai teman hidup. Dr William Smith, dalam bukunyaHow to Achieve Your Inner Peace, membeberkan bebera-pa metode bagaimana mengelola diri menjadi

damai atauBerdamai dengan Diri Sendiri.METODE MENENANGKAN DIRI:Berikut ini, metode dari Dr William SmithdalamHow to Achieve Your Inner Peace, 2006.


Metode 1: MENATA PERNAPASAN

Gejala umum yang dapat dirasakan saat mengalami tekanan/stres adalah detak jantung yang cenderung meningkat dan seringkali tidak teratur. Gelisah dan gugup dialami setiap orang yang sedangstres. Pada saat ini alangkah baik nya Anda mencoba mengatur tarikan napas.


Cobalah menarik napas selama lima hitungan, perlahan dan dalam, lalu melepas-kannya selama tujuh hitungan secara perlahan.


Anda dapat melakukan ini dengan cara menutup mata dan sambil membayangkan rasa stres mulai menghilang setiap kali Anda menikmati proses pernapasan yang menenangkan. Sesaat Anda harus melepaskan seluruh masalah yang mengimpit Anda dalam pikiran dan berikan wak-tu Anda beristirahat paling tidak tiga menit.


Untuk tingkat lanjutan Anda dapat melakukan dengan hitungan tarik tujuh danembuskan sebelas. Bila Anda terbiasa, stres Anda dapat diredam seketika saat Anda mera-sakannya. Teknik ini dapat Anda gunakan pada saat Anda merasa amarah mulai bergejolak.


Metode 2: KALIMAT POSITIF

Pikiran positif selalu membantu seseorang untuk tetap bertahan dalam kesulitan dan dalam beban kerja yang tinggi. Menciptakan pikiran positif dimulai dengan cara mengulang di dalam pikiran kalimat-kalimat pendek yang positif.


Contoh:

Sekarang juga, saya akan mulai merasa

lebih baik

Saya akan merasa tenang dan ber-

tenaga

Saya selalu punya pilihan

Saya akan melakukan yang terbaik

Saya menerima apapun yang terjadi

Saya menjadi tenang sekarang, dan lain-

lain


Sedapat mungkin, hindarilah kata-kata“tidak” atau “jangan”. Ulangi lagi kalimat Anda selama beberapa menit minimal sekali sehari. Cobalah beberapa kalimat dan kemudian ra-sakan mana kalimat yang paling cepat meng-hilangkan stres Anda.


Metode 3: RELAKSASI FISIK

Secara perlahan gerakkan mata Anda me-mutar membentuk sebuah lingkaran dalam satu arah sebanyak dua kali dan kemudian putar ke arah kebalikannya juga sebanyak dua kali. Lihat-lah suatu objek di kejauhan, kemudian fokuskan mata Anda ke sesuatu yang dekat. Kernyitkan dahi Anda, kemudian sedikit tegangkan otot-otot mata dan lalu kendurkan lagi.


Sekarang ke arah rahang, menguaplahbeberapa kali. Kendurkan otot leher dengancara mengangguk dan perlahan gelengkan kepala Anda. Gerakan bahu Anda sehingga mencapai telinga Anda. Untuk membebaskan otot pergelangan tangan Anda, kepalkan ta-ngan Anda dan lalu lepaskan untuk meredakan ketegangannya. Kembali ke rongga dada Anda, ambillah tiga kali napas panjang. Lalu secaraperlahan gerakkan tulang belakang Anda ke de-pan dan belakang dan bengkokkan ke kanan dan ke kiri.


Kencangkan kemudian kendurkan bokong Anda, lalu teruskan dengan panggulAnda. Buatlah bentuk lingkaran dengan kedua kaki Anda untuk mengendurkan otot pergelan-gan kaki Anda. Kemudian kepalkan jari kaki An-da dan luruskan kaki Anda tiga kali. Petunjuk paling mudah, Anda bisa dapatkan pada sesiSENAM OTAK, yang biasa didengungkan oleh Perusahaan.


Metode 4: MENGUBAH TUNTUTAN MENJADI PILIHAN

Metode ini dapat meringankan beban pikiran Anda dan mengurangi level Letih Mental Anda. Anda dapat mengubah sebuah tuntutan pekerjaan yang membuat Anda stres menjadi sebuah tindakan yang Anda pilih untuk Anda kerjakan dengan cara melihat tuntutan tersebut dari perspektif yang berbeda. Terkadang kitamerasa tidak bisa bahagia apabila apa yang kita inginkan tidak terwujud, dan hal ini memicuketegangan yang berbuntut pada stres.


Bila kita sadar bahwa kita bisa menikmati hidup bahkan pada kondisi yang tidak memung-kinkan sekalipun maka kita akan terbebas dari harapan-harapan semu yang memenjarakankita. Bayangkan saat Anda kehilangan sebuah nomor telepon penting, dalam hati Anda ber-kata: “Aku tahu bahwa nomor itu ada di sini”. Ketegangan dan kaku meningkat seolah-olah Anda mengisyaratkan pada pikiran Anda untuk tidak beristirahat sampai masalahnya selesai.


Dalam hal ini, tuntutan telah menang atas pilihan Anda. Bagian pilihan ini telah tersingkir - dan mungkin bagian inilah yang sebenarnya tahu di mana nomor itu disimpan. Para peneli-ti telah menemukan bahwa ingatan kita bisa dapat bekerja lebih baik bila berada dalam keadaaan tenang. Andalah yang memilih situasi, bukan situasi yang menentukan diri Anda!


Metode 5: MENGALIHKAN PERHATIAN

Kunci dari metode ini adalahberkonsentrasi pada pokok pikirannetral atau positif. Beralihlah selama

beberapa menit kepada hal-hal yang menyenangkan untuk Anda, hal-hal yang mungkin Anda pikir tidak adakaitannya dengan permasalahan yang sedang Anda hadapi. Tetapi justru itulah yang diperlukan untukmenghalangi siklus stres Anda, halpositif ini tidak perlu berhubungandengan pemikiran logis Anda saat ini.


Beberapa menit mengalihkan pikiran Anda pada sesuatu positif yang me-nyenangkan akan membuat Anda segar saat kembali menghadapi kerja Anda. Beberapa kemungkinan yang Anda dapat lakukan:

Daftarkan sepuluh kejadian

yang Anda nantikan. Kejadian

tersebut tidak harus hal-hal

penting, tetapi dapat menye-

nangkan Anda.

Secara perlahan menyebutkan

hal-hal biasa secara emosional,

misalnya: daun pada tanaman, kertas

yang tertulis, buku-buku yang tersusun,

dan lain-lain.

Mencoba mengingat dua puluh hal yang

telah Anda lakukan kemarin.

Beri waktu dua menit untuk memikirkan

kelebihan-kelebihan Anda dan contoh

konkretnya.


Metode 6: TANYA DIRI SENDIRI

Cara lain adalah dengan bertanya pada diri sendiri, pertanyaan-pertanyaan yang mera-gukan masalah Anda, misalnya:

Apa benar ini masalah besar?

Apakah sesuatu yang benar-benar pen-

ting sedang dipertaruhkan sekarang?

Apakah ini cukup berharga sampai-sam-

pai membuat saya sakit memikirkan-

nya?

Apakah ini cukup berharga sampai saya

mati-matian memperjuangkannya?

Hal terburuk seperti apakah yang dapat

terjadi dan apakah saya sanggup meng-

hadapinya?


Cara ini memberikan sebuah perspektifbaru pada pikiran Anda, setidaknya menjadi rem dari adrenalin Anda yang mulai meningkat.Berdamai dengan diri sendiri ada-lah nasihat yang ampuh untuk dapat hidup berdampingan dengan stres.Berdamai de-ngan diri sendiri menuntut sikapmenerima diri apa adanya. Sikap yang melihat segala sesuatu (keberhasilan atau kegagalan) meru-pakan anugerah dan karunia yang datang dan pergi tanpa perlu disesali tetapi perlu “DIMAKNAI”. Belajar dari pengalaman seba-gaimana dinyatakan oleh John C. Maxwell, 21 Qualities of Leadership,“Ada dua sikap se-seorang dalam menghadapi suatu peristiwa (sukses/gagal) yaitu: memaknai (learn) atau

mengabaikan (leave), dan kesuksesan adalah memilih yang pertama.” (baca: memaknai).


Karena dengan memaknai setiap peristiwa dalam kehidupanlah yang dapat menjadi-kan kita bijaksana dan mampu merasakan kebahagiaan hidup yang sesungguhnya, baik dalam kerja maupun dalam kehidupan berkeluarga.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda