Selasa, 29 Januari 2008

Draft Sementara Business Plan



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


I. Executive Summary


  1. 􀂆Its capture the essence of business plan

  2. 􀂆Show and sell our business distinctive competence

  3. 􀂆Clear and exciting enough

  4. 􀂆Should stand alone and should not refer to other parts of our plan.

  5. 􀂄So, avoid use phrase such as: “in this plan we will show that"or "our marketing strategy is described in the plan"

  6. 􀂆Cover all of the main element of business plan: company, product, management, marketing and sales, development, operations, and finance




II. Company overview


  1. 􀂆Introduction: name, location and form of business

  2. 􀂆Vision and mission statement

  3. 􀂆History and current status

  4. 􀂆Market and product:

  5. 􀂄Needs and wants which will be addressed

  6. 􀂄Our target customer/market

  7. 􀂄What product or service

  8. 􀂄Boundaries of our business

  9. 􀂆Company objective(s), where we want to go, exit strategy

  10. III. Product and Service description


THE OFFERINGS

Produk pakaian jadi Team4 termasuk satu seri kaos jadi berkualitas tinggi dan kaos personalisasi didesain khusus untuk memenuhi pesanan konsumen. Kami juga memenuhi kebutuhan pakaian jadi untuk suatu event atau kelompok sebagai pakaian identitas. Sementara produk pakaian tidak dipatenkan, kami mempertahankan merk dan proses yang memberikan value lebih bagi konsumen.


Meskipun kami belum meluncurkan produk ke pasaran, kami menetapkan standar yang tinggi untuk memenuhi spesifikasi produk pesaing. Kualitas tinggi dan kesan artistik ini adalah benefit utama utnuk konsumen. Konsumen yang menggunakan produk kami diharapkan mengalami kepuasan yang signifikan sehingga menjadi bagian dari customer base kami. Pricing untuk produk kaos kami berkisar antara minimum Rp40.000 ketika dibeli dalam jumlah hingga maksimum Rp55.000. Harga kami cenderung sekitar 10% lebih tinggi dibandingkan kompetitor.


Produk Team4, FLASHWEAR, adalah produk dengan desain yang simple yang memenuhi selera artistic. Ini akan menjadi produk yang jarang ditemui di pasaran. FLASHWEAR cukup unik dalam industri, sehingga memiliki semacam emotional appeal. Penjualan dan/atau penggunaan FLASHWEAR akan membutuhkan training sangat kecil bagi tenaga penjual maupun konsumen.


  1. 􀂆Product description:

Baju, kaus, apparel

Merek dagang

  1. 􀂄what product/service,


Description of offerings

Team4 menawarkan beberapa jenis kaos. Kaos bervariasi dalam ukuran dan grafis (gambar di kaos). Kaos dibuat menjadi dua lini, yaitu kaos tipis dan kaos tebal. Kedua lini tersebut dibagi lagi menjadi dua penawaran, yaitu customization dan no-customization. Kedua lini memiliki kualitas bahan dan grafis menengah ke atas. Kedua lini menarik bagi konsumen menengah ke atas. Produk kaos juga melayani niche market dalam hal customization.


Produk baru kami, FLASHWEAR, adalah kaos yang “artistik” yang menggunakan bahan berkualitas dan grafik yang memberikan citarasa elegan. Ketika konsumen menggunakan FLASHWEAR, mereka mendapatkan eksklusivitas desain yang dibuat sangat terbatas. Sementara teknologi pembuatan kaos terkustomisasi sudah tidak baru, sisi artistik memberikan nilai yang tinggi. Kami mengharapkan keseluruhan penawaran ini mendapatkan ketertarikan yang cukup besar dari semua konsumen remaja/ mahasiswa yang menghargai eksklusivitas dan kesempurnaan. Karena kami berharap konsumen melakukan perawatan dengan benar, kami memberikan instruksi perawatan. Semua produk kami mudah dirawat. Bahan utama kaos memiliki durabilitas yang tinggi.


Product Essential

Baju, kaus, apparel

Merek dagang

FLASHWEAR

  1. 􀂄product category,


Product Essential

Baju, kaus, apparel

  1. 􀂄product uniqueness,

Delivery Services with minimum purchasing

Eventual

Rapid Mass Production

Personalization

Customization


Attributs:

Youthful

Simplicity

Artistic


Value to Purchaser

Lini produk kaos kami memberikan nilai terbesar bagi konsumen pakaian kasual yaitu remaja dan mahasiswa. Kualitas bahan dan desain grafis yang buruk telah menjadi sumber kekecewaan konsumen.

FLASHWEAR akan memberikan appeal yang cukup besar pada konsumen manapun yang menginginkan kaos berkualitas. Ini juga akan memiliki appeal bagi organisasi atau kelompok, tetapi hanya sebagai produk tambahan pada poin ini.

  1. 􀂄who and why will purchase it,

  2. 􀂄price and pricing strategy

  3. 􀂆Market comparison:

  4. 􀂄competitors and their products,

  5. 􀂄why/how our product will be superior to the competitor’s.

  6. 􀂆Proprietary rights: patents, copyrights, trade secrets

  7. 􀂆Stage of development: PLC, and what obstacles


IV. Industry and market analysis (a)


  1. 􀂆Industry analysis:


Industrial Entry

Low Barrier to Entry

All Season

Lifestyle

Personalization

Customization


  1. 􀂄Industry definition/classification

  2. 􀂄Industry segmentation

  3. 􀂄Current trend and development

  4. 􀂄Key players

  5. 􀂄Problems experienced

  6. 􀂄Environment and its impacts

  7. 􀂄Growth forecast



IV. Industry and market analysis (b)

􀂆Market analysis:

􀂄Market definition􀂄Size and growth rate

􀂄Segmentation􀂄Key players

􀂄Trends and development



Current market status (product)

FLASHWEAR adalah produk baru dalam tahap awal pengembangan. Kami mulai mengembangkan prototype dan mengerjakan prosedur outsourcing untuk memproduksi T-Shirt.


(Show a time related flow chart, PERT chart or GANNT chart here).


Kami memiliki personel bekerja untuk pengembangan sekaligus desain untuk menyelesaikan pengembangan produk.


Biaya pengembangan pertama dibutuhkan pada ................ Biaya pengembangan total selanjutnya diekspektasikan akan dibutuhkan Rp.............. setelah selesai pengembangan produk T-Shirt yang pertama.


Bill of Materials for FLASHWEAR

Bahan T-Shirt Rp15.000

Estimated labor costs per unit Rp15.000


TOTAL COST TO MANUFACTURE Rp30.000

Seiring peningkatan volume pembelian kami, harga beli dan harga tenaga kerja akan menurun hingga 20%.

Sehingga, selama semester pertama pengadaan FLASHWEAR, cost benefit pembelian jumlah besar akan menurunkan kos hingga sekitar Rp27.000.


THE MARKET

Basis konsumen untuk produk T-Shirt kami adalah ratusan ribu remaja/mahasiswa bergaya kasual.

Kami berkonsentrasi di kota Yogyakarta bagian utara dan akan melakukan ekspansi di bagian kota lainnya pada tahun akan datang.

Langkah awal kami adalah produk T-Shirt. Ini akan tetap menjadi produk utama kami, tetapi seiring reputasi kami akan kualitas kami tumbuh, kami akan menciptakan lini produk baru pakaian untuk mendapatkan konsumen baru.


Kami akan berkonsentrasi pada konsumen menengah atas yang memiliki kemampuan untuk membeli dan mendapat manfaat dari FLASHWEAR. Nampaknya, FLASHWEAR memiliki semua atribut dibutuhkan untuk menyebabkan konsumen membelinya, tetapi pembelian produk seperti FLASHWEAR adalah salah satu pilihan diantara banyak jenis produk apparel dengan manfaat yang mirip. Oleh karena itu, kami harus membuat argumen yang kuat untuk brand experience dari penggunaan produk seperti FLASHWEAR.


Description of customer (pie share tipe konsumen)

Type of customer vs. Percent of total

(Chart)

Market Segmentation

Segmen utama untuk produk T-Shirt kami adalah remaja/mahasiswa kasual artistik.

Terdapat segmen pasar sekunder kelompok atau institusi yang melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Kami menjual langsung pada individu/ kelompok dan sebagian kecil menjualnya melalui distributor.

Kami membatasi penggunaan distributor dengan rencana perluasan hingga semua bagian kota pada tahun yang akan datang.

Kami berekspektasi pasar untuk FLASHWEAR menjadi cukup beragam, sejak produk ini berguna bagi siapapun yang memiliki jiwa muda. Ini adalah pasar yang besar dengan kemungkinan segmentasi yang besar.


Market Size

Kami mengestimasi bahwa terdapat lebih dari ............... mahasiswa dalam kota Yogyakarta yang kuliah di lebih dari .............. perguruan tinggi yang dapat mendapatkan manfaat dari produk kami.

Penjualan tahunan untuk produk ini diperkirakan Rp............... ini adalah pasar yang tumbuh seiring semakin banyaknya jumlah pelajar berasal dari luar kota.

Terdapat lebih dari .............. institusi pendidikan menengah ke atas.


Assuming that on the average each of these facilities would use twenty units, this represents a Total Available Market (TAM) greater than ten million units.

(1) Manufacturers Digest, April 199x

(2) Sales in Review, Summer edition 199x

(3) IRS Report # 17633, November 199x


Environmental Influences

Trend remaja untuk berpenampilan kasual di setiap kesempatan mulai dari di rumah hingga kuliah dan di semua musim adalah pengaruh positif bagi penjualan produk T-Shirt kami.

Juga pada musim-musim tertentu seperti bulan puasa, tahun baru, mulai masuk sekolah menciptakan demand yang lebih dalam kuantitas dan kualitas.

FLASHWEAR adalah diperkenalkan saat publik semakin sensitif terhadap style, model, sisi artistik pada kebutuhan primer mereka.

Peningkatan supply produk berkualitas terkustomisasi dalam pasar yang cepat berubah adalah langkah tepat meningkatkan standar manusia berpakaian.


The Prospect’s Alternatives

FLASHWEAR menawarkan kualitas dalam produk berjumlah terbatas untuk setiap modelnya. Kustomisasi atau personalisasi menjadi pilihan tepat untuk kepuasan.

Jika konsumen ingin mencapai tujuan itu alternatif mereka adalah menggunakan .......... (atau produk kompetitor) atau mengkustomisasi dengan cara lain (misal, bordir).

Solusi yang lebih mahal adalah membuat sendiri T-Shirt mereka. Mereka dapat membuatnya murah jika dalam jumlah besar.


The Marketing Strategy

Team4 memasuki pasar dengan FLASHWEAR dalam tahap market test.

Penggunaan market skimming strategy sesuai dengan image yang dibangun. Kami tidak akan menghargai FLASHWEAR terlalu jauh di bawah harga produk kompetitor.


Projected market shares

Enterprise Name Yr 1 Yr 2 Yr 3 Yr 4 Yr 5


Team4 67% 26% 15% 13% 11%

General Electric 0% 51% 60% 65% 62%

ARC Electronics 33% 11% 6% 4% 3%

Philips 0% 13% 19% 19% 24%

Other 0% 0% 0% 0% 0%


Kami akan melakukan outsourcing produksi FLASHWEAR dengan mengejar integrasi vertikal dengan supplier. Outsourcing memberi fleksibilitas namun dengan core competence (desain grafis) tetap dalam kendali kami.

Dependensi pada supplier dapat minimal jika tidak terjadi integrasi karena persaingan antar supplier yang ketat.

HiLight Inc will market Smart-Lite by using distribution channels and a small in-house sales organization.

Team4 akan memasarkan FLASHWEAR menggunakan retail sendiri, personal selling, dan partnership dengan kafe sebagai product display.

Promosi produk akan dicapai dengan usaha advertising minimal dan beberapa publisitas.

Aktivitas promosi sebagian akan dilakukan oleh partner distribusi.


Target Market

Semester pertama, kami akan berkonsentrasi pada sekitar wilayah utara kota Yogyakarta.

Tujuan kami adalah memiliki satu hingga tiga partner distribusi unik (misal, kafe) di area itu. Kami memilih lokasi yang banyak terdapat mahasiswa. Mahasiswa berdaya beli adalah fokus kami namun dengan harga yang rasional jangkauan pasar menjadi luas.


Our Image

Objective kami sejak semula adalah membangun reputasi sebagai produsen “class” dalam industri.

Karena hubungan kami yang utama adalah dengan supplier, kami menetapkan prioritas utama untuk menciptakan hubungan “class” dengan mereka.

Hal ini, bersama dengan komitmen kami untuk produk berkualitas mulai mencapai image itu.


Promotion Strategy

Untuk produk T-Shirt kami menerapkan PUSH strategy.

Setengah promosi dilakukan melalui partner dengan menyediakan mereka advertising, art work, foto, dan katalog yang dapat mereka gunakan untuk mempromosikan produk pada konsumen mereka.

Karena kualitas produk dan harga yang cukup tinggi memberikan komisi lebih besar bagi partner distribusi, penambahan variasi tawaran pada kafe membuat mereka lebih antusias mempromosikan produk.


Pricing Strategy

We intend to aggressively price Smart-Lite below the expected pricing of the competition in order to capture as much market share as possible.

Kami berniat memberi harga FLASHWEAR di bawah expected pricing market leader untuk mendapatkan pasar yang luas.

We expect ARC Electronics product, ARC Light, to be on the market sometime this year, with the others entering the market early next year.


Because GE and Philips have so much marketing strength we will continue our aggressive pricing for several years. The initial recommended retail price of $80 will be 2.75 times our cost to manufacture (COM). Two years from now, even though we will have reduced the retail price by over 6%, because of manufacturing cost reductions the ratio of price to COM will be 3.4. The chart below shows a comparison of our price versus the projected prices of our competitors.


Yr 1 Yr 2 Yr 3 Yr 4 Yr 5

Smart-Lite RETAIL PRICE $80 $80 $75 $75 $70


Competing Product Name Product Price


Freedom $85

ARC Light $90

New Light $82


During the first year we expect to make some sales direct to the end user, however, our objective is to have the greatest percentage of our sales through distributors. We offer significant discounts to our distributors, resulting in an average selling price (ASP) well below suggested retail price. The chart below shows our projections fordistribution channel usage and the effect on Smart-Lite's ASP over a five year period.


Yr 1 Yr 2 Yr 3 Yr 4 Yr 5


Retail Price $80 $80 $75 $75 $70

Calculated ASP $52 $48 $42 $42 $37


Channel Disc. % of Total Volume


Retail 0% 20% 10% 5% 5% 5%

Full service 45% 60% 60% 55% 50% 45%

Self service 40% 20% 25% 25% 25% 15%

Wholesale 60% 5% 15% 20% 35%



IV. Industry and market analysis (c)

􀂆Customer analysis:

􀂄Who are our customer?􀂄Base for segmentation

􀂄Motives of buying decision

􀂄Customer dissatisfaction with existing products


IV. Industry and market analysis (d)

􀂆Competitor analysis:

􀂄Who are our potential customers?

􀂄Direct competitors and indirect competitors

􀂄Competitors characteristic and their product:

􀂄Size,

􀂄Location,

􀂄Target market

􀂄Price

􀂄Quality,

􀂄Features

􀂄Distribution

􀂄Customer problem and concern regarding competitor’s product


V. Marketing Strategy (a)

􀂆Target market strategy:

􀂄Targeted segment

􀂄Customer characteristics from target segment

􀂄Market size and growth

􀂄Customer category: end-user, distributor, retailer

􀂄Needs/problem that will be fulfill/solve

􀂄Evidence of customers wants

􀂄Product positioning


V. Marketing strategy (b)

􀂆Product strategy:

􀂄Product specification

􀂄Product differentiation

􀂄Strengths and weaknesses compare to competitor’s product

􀂄Competitor response (how quickly and how effectively)


V. Marketing strategy (c)

􀂆Pricing strategy:

􀂄What is our pricing strategy? Why?

􀂄Pricing strategy comparing with competitors

􀂄Evidence that customers accept our price


V. Marketing strategy (d)

􀂆Distribution strategy:

􀂄Methods of distribution

􀂄Distribution channel used

􀂄How to gain an access to that channel?


V. Marketing strategy (e)

􀂆Communication strategy:

􀂄Communication methods:

􀂆Advertising

􀂆Publicity

􀂆Public relation

􀂆Direct mail

􀂆Word of mouth

􀂆Printed materials, etc

􀂄Strategy effectiveness on reaching the target


V. Marketing strategy (f)

􀂆Sales strategy:

􀂄Intermediary

􀂄Own outlet

􀂄Personal selling

􀂄Internet

􀂄etc

􀂆Sales forecast


VI. Operation strategy

􀂆Operation strategy:

􀂄Value added creation

􀂄Cost, quality, timeliness, flexibility

􀂆Scope of operation:

􀂄Make vs. buy

􀂄Relationship with vendor, suppliers, and partners

􀂄HR required


VII. Development strategy

􀂆Development strategy:

􀂄Product and process development

􀂄Synergy

􀂆Development timeline

􀂆Development expenses


VIII. Management

􀂆Company organization:

􀂄Organization structure

􀂄Ownership structure

􀂄Board of Director and their roles

􀂆Management team

􀂄The key managers:

􀂆Duties & responsibility,

􀂆Unique skills,

􀂆Compensation


IX. Financial strategy

􀂆Financial assumption

􀂆Financial forecast (represent scenario):

􀂄Cash flow,

􀂄Income statements,

􀂄Balance sheets

􀂆Capital requirements:

􀂄Amount,

􀂄Timetable for new capital infusion


X. Offering (Funding Request)

􀂆Investment requirements:

􀂄Cash flow analysis,

􀂄Investment that need to be financed,

􀂄Timing

􀂆Valuation of business:

􀂄Business value,

􀂄Method of business valuation


X. Offering (Funding Request)

􀂆Offer

􀂄Offering structure

􀂄Amount of fund required

􀂄Reward/return offered

􀂄Collateral

􀂄Investor’s exit strategy

􀂄Investor’s ROI


XI. Risk Management

􀂆Identify major risk

􀂄Strategic risk

􀂄Marketing risk

􀂄Operational risk

􀂄Financial risk

􀂄Others

􀂆Risk mitigation


XII. Appandices

􀂄Attach all related documents which support the body of business plan document

􀂄Financial forecast

􀂄Marketing studies

􀂄Letter of interest from potential customers

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda