Rabu, 09 Januari 2008

Memanage mengatur diversitas perbedaan

kasus perusahaan kubota


Managing Diversity adalah suatu pengelolaan oleh manajer dalam mengahadapi masalah diversity, seperti ras, suku, agama, umur, bahkan sampai jenis kelamin. Managing diversity sangat berpengaruh terhadap distribusi upah, perhatian terhadap karyawan, dan lain-lain.


Dalam perusahaan KUBOTA, managing diversity sangat terlihat jelas terutama terhadap karyawannya yang mengalami kecelakaan baik di tempatnya bekerja maupun tidak. Sebagai contoh, pernah seseorang karyawan KUBOTA mengalami kecelakaan di daerah Jl. Magelang. Adanya kecelakaan tersebut, karyawan itu mendapat tunjangan kurang lebih Rp.20.000.000,00.

Karyawan yang mengalami kecelakaan di tempat kerja secara permanen maupun tidak mendapatkan perhatian yang sama. Sebagai contoh lagi, ketika seorang karyawan mengalami kecelakaan kerja di tempat kerja, yang menyebabkan cacat permanen, karyawan tersebut tidak serta merta dibiarkan begitu saja. Tapi diberikan santunan sampai karyawan tersebut sembuh dan tetap diberikan pekerjaan, meskipun berbeda.


Pun demikian terhadap berbagai karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Perusahaan mampu dengan baik me manage setiap karyawan. Sehingga karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan agak rendah, tidak merasa terpinggirkan tetapi merasa bahwa ia diperlukan dalam perusahaan. Sehingga ia akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.


Dalam perusahaan KUBOTA, tidak semua karyawan adalah karyawan tetap. Ada yang merupakan karyawan kontrak maupun karyawan magang. Perbedaan tersebut tentu akan memberikan motivasi yang berbeda pada setiap karyawan. Mungkin, untuk karyawan yang magang akan fokus pada pencapaian pendapatan pengalaman kerja daripada memberikan hal terbaik yang mampu ia berikan bagi perusahaan. Me manage dengan baik setiap perbedaan tersebut akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan.


Mempertahankan karyawan yang unggul adalah hal yang cukup sulit. Perusahaan harus memberikan motivasi yang berbeda pada setiap karyawan karena adanya perbedaan tujuan kerja, latar belakang pendidikan, usia, dll. Me manage dengan baik setiap pebedaan tersebut adalah hal mutlak yang harus dilakukan suatu perusahaan untuk dapat melakukan efisiensi dan efektivitas kerja sehingga perusahaan akan tetap dapat bertahan dalam persaingan.


Menurut kelompok kami, pengelolaan managing diversity pada perusahaan KUBOTA sudah terbilang baik. Solusi yang dapat kami berikan adalah perusahaan mengadakan trainning lebih lanjut terhadap karyawan dalam pengoperasian mesin-mesin sehingga tidak ada kecelakaan lagi. Selanjutnya tinggal kesadaran masing-masing karyawan apakah mereka mau mengikuti prosedur-prosedur yang ada.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda