Rabu, 09 Januari 2008

MEnangani Perusahaan Mengalami penurunan

KOMUNIKASI BISNIS

MENGATASI PERUSAHAAN

YANG SEDANG MENGALAMI PENURUNAN


Kasus

Sebuah perusahaan yang sudah beberapa tahun berdiri sedang mengalami musibah besar. Karena iklim ekonomi yang tidak bersahabat perusahaan diperkirakan akan mengalami kebangkrutan kalau CEO dan para manajernya tidak segera mengadakan komunikasi dengan pihak terkait yang dapat menyelamatkan perusahaan.

Saat ini perusahaan benar-benar sedang membutuhkan suntikan dana dan pemulihan nama baik. Anda sebagai seorang konsultan bisnis diundang oleh pemimpin perusahaan untuk memberikan masukan bagaimana caranya keluar dari kesulitan tersebut.


Pemecahan masalah

Beberapa masukan untuk CEO :

CEO selaku pemimpin tertinggi perusahaan haruslah beritndak cepat dan efektif antara lain dalam menenangkan para pemilik modal, meyakinkan mereka bahwa perusahaan akan baik-baik saja. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari penarikan secara besar-besaran modal perusahaan yang pada akhirnya dapat menyebabkan collapse.

Hal lain yang juga tak kalah pentingnya yaitu melobi lembaga-lembaga pendanaan agar mau menyuntikkan dananya ke perusahaan. Langkah ini sangat penting terutama untuk menggerakkan roda perekonomian perusahaan yang selama ini lesu. Selain itu juga bias meyakinkan penanam modal lainnya bahwa perusahaan masih memiliki kekuatan untuk keluar dari masalah itu.

Beberapa masukan untuk manajer komunikasi :

Manajer komunikasi juga memegang peranan penting di sini. Manajer komunikasi harus melakukan komunikasi dengan para stakeholder perusahaan supaya goodwill yang dimiliki perusahaan tidak jatuh. Upaya pemulihan perusahaan yang menurun juga tak kalah pentingnya. Terutama adalah kepercayaan konsumen yang menjadi sumber penghasilan perusahaan.

Selain itu, perlu juga baginya untuk memastikan berbagai rencana perbaikan kinerja perusahaan dapat diterima oleh seluruh karyawan dengan baik. Dan perusahaan dalam hal ini juga perlu menjaga diri dari tindakan yang kurang etis seperti mencurangi pajak, penipuan terhadap konsumen serta hal lain yang dapat memperburuk citra perusahaan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda