Kamis, 07 Februari 2008

Kaitan Internet dengan Pemasaran

.

Penggunaan teknologi informasi yang tepat dapat memberikan banyak manfaat, baik dalam hubungan dengan biaya dan produktifitas maupun dalam hubungannya dengan pemasaran (Gilbert, 2003)


Dalam hubungannya dengan pemasaran, teknologi informasi dapat memberikan manfaat berupa peningkatan kecepatan distribusi, dapat meningkatkan hubungan dengan rekan bisnis dan pelanggan, serta memberikan kemampuan bagi perusahaan dalam merespon perubahan kondisi pasar secara cepat.


Penggunaan web telah secara radikal mengubah harapan pelanggan tentang kenyamanan, kecepatan, harga, service, dan kemampuan membandingkan. Proses penyampaian (delivery) produk secara digital via internet diperkirakan bakal semakin marak dalam berbagia sektor bisnis, terutama untuk program perangkat lunak, surat kabar, CD musik, tiket pesawat, securitas, jasa konsultasi, hiburan, perbankan, asuransi, pendidikan, dan perawatan kesehatan (Anderson & Vince, 2003).


Dampak internet terhadap perilaku pelanggan bukan hanya semakin banyak pelanggan mengakses internet untuk mendapatkan informasi tentang produk, jasa, biaya dan keistimewaan sebelum mereka membeli. Makin banyak pembeli yang mencari informasi tentang harga dan membandingkannya secara online sebelum mereka memutuskan untuk membeli.


Penggunaan internet sebagai jalur pemasaran juga dapat memberikan pengaruh terhadap aktivitas perusahaan, baik dalam strategi produk, harga, strategi tempat, dan strategi promosi (Coupey, 2001).


Dalam kaitannya dengan strategi produk, internet sebagai sebuah jalur dapat mempngaruhi keputusan tentang jenis produk yang akan di produksi. Kaitannya dengan harga, jika internet dapat menjadi jalur yang efisien, maka akan menyebabkan tercipatnya cost saving dan price reduction. Sedangkan dalam kaitannya dengan tempat dan promosi, internet dapat menyediakan suatu tempat/ lokasi virtual bagi perusahaan dan dapat memberikan jalur promosi yang berbeda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda