Sabtu, 16 Februari 2008

PEMIKIRAN EKONOMI AS CLARK

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI AMERIKA SERIKAT

CLARK

Marginalism muncul di Amerika Serikat sepenuhnya berasal dari karya seorang penulis, John Bates Clark (1847-1938). Clark lahir pada tanggal 26 Januari 1847 di Rhode Island-Amerika Serikat dan meninggal di New York pada tanggal 26 Mei 1938. Setelah lulus dari Amherst College pada tahun 1875, ia pergi ke Jerman dan menghabiskan waktunya selama 2 tahun di sana dengan menjadi murid dari Roscher dan Knies di Heidelberg sehingga banyak dari karyanya yang terpengaruh oleh hal ini. Pada tahun 1885 Clark ikut mendirikan American Economic Association dan pernah menjabat sebagai presidennya. (1893-1895).

BACA DENGAN KRITIS!

LIHAT:

» Krisis Kredit Global

1 Okt 2008 ... Setelah perang berakhir, perekonomian Amerika Serikat mulai bergeser ... Mereka yang memiliki sejarah kredit macet dan pendapatan rendah ...

» Menggugat Kejujuran Pengusung Ekonomi Kapitalisme

Padahal disisi lain, kritik terhadap ekonomi kapitalisme justru bermunculan .... dominan dan seruan dogmatis yang mewakili “reputasi sejarah” ideologi-ideologi itu, ... Ia mulai membedah kapitalisme dengan mempersoalkan Amerika Serikat, ...

» Sistem Ekonomi Islam

30 Jan 2009 ... Sistem Ekonomi Islam. Sebagaimana diketahui, krisis keuangan global telah meletus dari Amerika Serikat, kemudian meluas ke negara-negara ...

» Ekonomi

Dalam sejarah ekonomi, ternyata krisis sering terjadi di mana-mana ... kita berada ditengahnya Ini berawal dari sumber malapetaka dunia – Amerika Serikat. ...

» Akhir Ekonomi Kapitalis?

1 Des 2008 ... Amerika Serikat (AS) yang selama ini menjadi barometer ekonomi dunia dilanda .... Fakta sejarah telah tebukti dengan kemajuan yang dicapai ...

Saat berusia 30 tahun Clark mulai mengajar ekonomi dan sejarah di Collumbia University dan beberapa universitas lain di Amerika. Ia juga memulai karir menulisnya dan kemudian muncullah minat teoritisnya. Antara tahun 1877-1882 dia menulis artikel berseri untuk New Englander yang kemudian direvisi dan diterbitkan lagi sebagai buku pertamanya The Philosophy of Wealth yang menunjukkan formulasi pertamanya tentang prinsip marginal utility dan memperlihatkan juga perlawanannya terhadap beberapa ajaran ilmu ekonomi politik klasik. Clark mempunyai tiga kritik terhadap klasik yaitu bahwa ia mengkritik klasik yang mengabaikan dorongan besar dalam tingkah laku manusia yang sebenarnya sangatlah penting. Kemudian ia tidak setuju dengan klasik yang tidak menganggap masyarakat sebagai suatu organisasi dalam permasalahan tentang kompetisi. Harus ditegaskan bahwa kompetisi mampu bertaha karena ijin dari kekuatan nilai moral masyarakat.


The Philosophy of Wealth dikemukakan Clark untuk mengobati kekurangan tersebut. Buku ini berisi antara lain tentang pembagian terhadap produktif dan unproduktif labor dan definisi yang luas tentang kekayaan (wealth). Dalam hal kompetisi dan pandangan bahwa masyarakat adalah suatu organisasi, Clark yakin dengan adanya semangat yang beretika dalam perdagangan dan sifat sukarela dalam hal kerjasama akan dapat memberi perbaikan penting. Kontribusi penting lainnya dalam teori ekonomi adalah doktrin tentang marginal productivity and teori marginal untility. Ia berkata bahwa nilai adalah sebuah ukuran dari kegunaan, tetapi terdapat perbedaan antara absolute utility dan effective utility yang kemudian dilakukan pengukuran terhadap perubahan-perubahan kondisi subjektif karena adanya pertambahan atau hilangnya beberapa objek lain. Dalam Philosophy of Wealth juga dijelaskan tentang konsep social value yang sebenarnya dibuat untuk lebih menanamkan konsep tentang masyarakat sebagai suatu organisasi yang dianggap masih kurang dalam pandangan klasik.


Karya penting Clark yang lain adalah The Distibution of Wealth, terbit pada tahun 1899. Buku ini berisi asumsi dasar tentang perilaku manusia dan kerangka sosial. Hal tersebut menyangkut hak milik pribadi, kebebasan individu, pembatasan aktivitas pemerintah, mobilitas capital dan labor karena adanya stimulus dari pembayaran gaji, dan hasrat individu untuk memenuhi keinginan objektifnya. Clark merasa belum puas terhadap cakupan dari kelima asumsi dasar tersebut sehingga ia menambahkan lagi, antara lain: pertama, masyarakat sebagai suatu organisasi, kedua, harus dibedakan dalam perekonomian antara konmdisi dinasmis dan statis, ketiga, bahwa hukum ekonomi akan valid jika nilai moral masyarakat juga menyetujuinya.


Dalam metodologi selanjutnya Clark mebagi masalah ekonomi menajdi 3 bagian, yaitu pertama, tentang hukum universal berkaitan dengan keterbatasan manusia, kedua dan ketiga, berkaitan dengan fenomena sosial ekonomi. Yang pertama bersifat statis dengan asumsi tidak ada data-data dasar yang berubah, dan yang berikutnya adalah dinamis dengan asumsi sebaliknya. Data-data dasar itu antara lain populasi, selera, capital, tehnologi, dan bentuk-bentuk dari organisasi industri. Analisisnya tentang distribusi juga terbatas dalam kondisi statis. Dan dengan empat asumsi dasar, yaitu pertama diasumsikan bahwa pengurangan nilai guna (diminishing utility) berlaku, hal ini sama dengan hukum Gossen yang kedua.


Kemudian selanjutnya, diasumsikan bahwa produksi terjadi dalam kondisi diminishing return, baik secara fisik maupun nilainya. Asumsi kedua ini sebenarnya cukup membingungkan, Clark tidak menyatakan bahwa increasing return sebenarnya dapat terjadi sebelum diminishing return mulai dirasakan sehingga kemudian ia menyatakan bahwa kombinasi dari faktor produksi yang mengakibatkan increasing return terjadi dalam kondisi dinamis.


Asumsi yang ketiga adalah tentang pembagian antara barang yang dikonsumsi untuk masa sekarang dan barang yang digunakan dengan tujuan untuk menciptakan kekayaan dimasa mendatang. Kemudian Clark menyatakan bahwa capital diciptakan dari konsumsi masa sekarang yang ditunda penggunaannya untuk menciptakan kekayaan dimasa mendatang. Dalam hal tersebut berlaku suatu kondisi ekonomi yang seimbang (stationary economy).


Selanjutnya dalam asumsi terakhir dinyatakan bahwa produksi adalah sama dengan konsumsi, sesuai dengan prinsip marginal utility. Distribusi terhadap faktor-faktor produksi akan tetap berlangsung selama keuntungan masih dapat bertambah dan saat tercapai kecocokan antara produksi dan distribusi maka profitpun tidak ada lagi. Clark juga tidak setuju dengan pandangan klasik yang mengistimewakan tanah sebagai capital yang memiliki karakteristik, itu tidak hanya berlaku untuk tanah, tetapi juga berlaku untuk barang-barang modal yang lain.


Bagian penting lain yang diungkapkan Clark adalah teorinya tentang upah dan bunga, Teori ini berkaitan erat dengan marginal productivity. Sebenarnya Clark bukanlah orang pertama yang mengucapkan hal ini, Thunen dan Marshall juga telah membahas hal ini sebelumnya. Argumen Clark adalah bahwa produksi akan dilakukan sampai pada suatu titik dimana penambahan yang dilakukan untuk menghasilkan unit prduk terakhir sama dengan harga unit tersebut sehingga dapat dikatakan marginal wage dari pekerja akan sama dengan marginal product.


Dan pengurangan terhadap jumlah pekerja akan mengakibatkan berkurangnya produk marginal. Teori tentang bunga juga secara garis besar hampir sama dengan Theory of Wage. Hanya terasa lebih luas karena terbebas dari aspek estetika. Teori terkahir yang diungkapkan oleh Clark adalah penjelasannya tentang dynamic economic. Perekonomian yang seimbang adalah kondisi dimana data-data dasar tidak berubah. Sebaliknya perekonomian dinamis adalah kondisi dimana terjadi perubahan dari beberapa data-data dasar, yang antara lain adalah populasi, selera, capital, tehnologi, dan struktur organisasi industri.


John Bates clark, sebagai salah satu dari sedikit ekonom marginalism Amerika dan seorang pembela sistem kapitalis Amerika mendapat perlawanan besar dari paham institusional. Nama Clark juga diapkai oleh American Economic Association sebagai John Bates Clark Medal yang merupakan penghargaan terhadap kalangan ekonom Amerika. Putranya, John Maurice Clark, tidak mengikuti jejak ayahnya yang dianggap konservatif dan ia sendiri menjadi seorang institusionalis.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda