Sabtu, 09 Februari 2008

Simulasi Negosiasi Group II


A. Persiapan.

Pada negosiasi kedua ini Pamuji menawarkan kepada Reza agar uang $2 itu diberikan kepadanya sebab dia adalah seorang turis di Bali yang sedang mendapat musibah besar yaitu hotel tempat dia menginap di bom oleh teroris. Untung dia selamat namun semua barang-barangnya hangus terbakar.


Dia sekarang tidak punya apa-apa dan membutuhkan uang tersebut untuk menelepon keluarganya yang ada di Jawa. Sebab jika dia tidak segera menelepon keluarganya dia yakin keluarganya akan sangat resah dan mengkhawatirkan keselamatannya. Jadi peling tidak keluarganya mendengar suaranya dan memastikan keselamatannya meskipun hanya sebentar melalui telepon. Sehingga paling tidak dia perlu uang 90 sent saja sudah cukup.


Namun Reza juga sangat membutuhkan uang tersebut hari itu juga untuk mancukupi kekurangan uang untuk membayar utang yang jatuh tempo pada hari itu. Dan pada hari itu uangnya sudah habis dan perlu uang $2 itu semuanya untuk membayar utangnya.


B. Proses.

Simulasi Negosiasi Group III


A. Persiapan.

Pada negosiasi ketiga ini Pamuji menginginkan uang $2 untuk membayar uang jasa menambal ban motornya yang bocor pada suatu tengah malam. Dia harus memakai uang itu karena dia lupa tidak membawa dompet saat pergi. Dia harus segera mebayarnya karena sebentar lagi bengkel akan tutup. Sebenarnya dia hanya butuh $1 saja untuk membayar bengkel dan $1 untuk jaga-jaga di jalan. Sehingga paling tidak dia harus mendapatkan $1.

Dilain pihak Lailyn juga membutuhkan uang tersebut karena mobilnya yang membawa dokumen-dokumen penting perusahaaannya kehabisan bensin dan dia juga telah kehabisan uang. Sementara dia baru saja ditelpon oleh adiknya yang mendadak sakit parah dan harus segera membawanya ke rumah sakit. Dia harus mendapatkan $2 itu semuanya untuk membeli bensin agar sampai di rumahnya dan segera membawa adiknya ke rumah sakit.


B. Proses.

Pada proses negosianya Pamuji menawarkan kepada Lailyn agar uang tersebut diberikan kepadanya saja. Karena dia tidak membawa uang dan dia tidak mau motornya menjadi jaminan di bengkel tersebut. Menanggapi tawaran dari Pamuji, Lailyn menolaknya dan meminta Pamuji untuk memberikan uang itu kepadanya.


Hal itu menurut dia lebih penting karena dia harus segera pulang untuk membawa adiknya ke rumah sakit. Akhirnya Pamuji menawarkan tawaran keduanya agar uang tersebut di berikan kepadanya saja, dan meminta Lailyn untuk menitipkan mobilnya di bengkel dan segera ke rumah sakit bersamanya untuk meminta dokter dan ambulan ke rumah Lailyn.


Namun Lailyn menolaknya juga sebab dia tidak mau meninggalkan dokumen-dokumen penting di mobilnya. Akhirnya Laylin menawarkan tawarannya yang terakhir juga, agar uang tersebut diberikan kepada Lailyn dan menyarankan Pamuji pulang bersamanya dan menitipkan motornya di bengkel. Dan pada akhirnya Pamuji menyetujuinya demi alasan kemanusiaan, namun meminta Lailyn untuk menjamin motornya apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan Lailyn pun menyetujui tawaran yang Pamuji berikan.


C. hasil.

Dalam negosiasi ini, pada akhirnya yang berhasil medapatkan uang $2 tersebut adalah Laylin dan Pamuji kehilangan kesempatan untuk mendapatkan $2 tersebut. Meskipun begitu Pamuji tetap mendapat hasil dari negosiasi tersebut yaitu dia dapat segera pulang dan motornya mendapat jaminan oleh Lailyn.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda