Minggu, 16 Maret 2008

lanjutan 7

EKONOMIKA SUMBER DAYA ALAM LINGKUNGAN

PERIKANAN DEMERSIAL

KESIMPULAN

Negara Indonesia merupakan Negara maritime yang sepertiga bagiannya adalah wilayah perairan, jadi potensi kelautan yang belum dioptimalkan masih sangat sangat banyak. Sumberdaya kelautan yang yang paling sering diperhitungkan adalah sumberdaya perikanan.


Perikanan dan sumberdaya perairan lainnya tidak lepas dari ekosistemnya. Ekosistem air ada berbagai macam yang semuanya itu perlu dilestarikan. Kebijakan – kebijakan dari pemerintah dan regulasinya sangat dibutuhkan untuk melindungi ekosistem perarian dan spesies didalamnya. Eksploitasi yang sembarangan akan menyebabkan terganggunya siklus kehidupan spesies yang nantinya akan berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat yang memanfaatkan spesies perairan itu sendiri.


Perikanan di Indonesia terdapat berbagai jenis, diantaranya adalah perikanan demersal. Perikanan demersal adalah ikan yang umumnya hidup di daerah dekat dasar perairan, ikan demersal umumnya berenang tidak berkelompok (soliter). Sumberdaya ikan demersal terbagi dua berdasarkan ukuran yaitu Ikan Demersal Besar seperti kelompok kerapu (Grouper) dan kakap (Snaper). Ikan demersal ekonomis penting yang paling umum antara lain adalah kakap merah, bawal putih, manyung, kuniran, gulamah, layur dan peperek.


Ikan demersal ekonomis seperti layur mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi. Walaupun tidak seperti kakap yang mahal, tetapi ikan layur cukup banyak dijumpai di tempat – tempat pelelangan ikan maupun di pasar – pasar tradisional. Secara umum trend dari catch, effort dan CPUE periode 1992-2000 baik untuk perikanan layur baik di perairan pantai selatan Jawa Timur ataupun selatan Jawa menunjukkan sedikit naik.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Departemen Kelautan dan Peikanan merupakan institusi yang bertanggung jawab langsung pada kebijakan pengelolaan dan pembangunan perikanan tangkap Indonesia dan dapat memberi kontribusi pada solusi pembangunan ekonomi bidang kelautan dan perikanan nasional di masa datang.

Pemanfaatan sumberdaya perikanan laut yang dilakukan melalui kegiatan perikanan tangkap oleh masyarakat perikanan dan kelautan, dapat dilakukan secara lestari dan berkelanjutan (sustainable resource exploitation) apabila didukung dengan kebijakan pengelolaan yang baik pada semua lapisan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda