Jumat, 18 April 2008

Einstein di Dunia Kera

Jangan berpikir?

Hanya beberapa kera meniru Si Einstein di dunia kera ini. Dari sekian puluh kera yang bermukim di sebuah pantai, hanya sekitar 5 (maksimal) kera-kera yang mencuci makanannya yang didapat dari pesisir. Mereka mencucinya di air laut di bibir pantai.

Penemu metode yang lebih cerdas ini adalah Si Enstein di dunia kera. "Si Einstein" ini, berumur cukup tua, entah dia menyebarluaskan metodenya secara aktif pada kera-kera lain atau kera-kera lain belajar karena melihat, telah mendapat beberapa "pengikut".

Para pengikut Si Kera Einstein, berselang beberapa waktu, mulai meninggalkan penemuan "Einstein". Penemuan "Einstein" adalah sesuatu yang lebih cerdas di komunitasnya dan jelas bermanfaat.

Tetapi, Si Kera Einstein tetap pada penemuannya sejak awal. Dia menghindari memakan pasir yang menempel di makanannya.

Cerita ini berdasarkan kisah nyata, dari sebuah program televisi mengenai kehidupan binatang.

Si Kera Einstein adalah penemu. Sejak awal menemukan metodenya dan mempraktekannya selalu. Para pengikut mengikuti apa yang dilakukan oleh kera einstein. kemudian mereka lambat laun meninggalkan metode einstein. Karena mereka bukanlah penemunya. Si Kera Einstein memiliki metode ini secara misterius, Given, yang tidak terjadi pada kera lain. Para pengikut tidak demikian.

Sebuah perumpamaan bagi manusia. Apa sesuatu yang misterius ini? apakah software? atau sesuatu yang lebih dasar dari software? Yang menjadi landasan dibangunnya software. Software mungkin bisa berkembang, tetapi apakah landasannya bisa berkembang? Tidak bisa berkembang kecuali diganti dan membangun software baru di atasnya.

Beberapa hal penting yang terkait:

  • Manusia adalah kaum seperti mereka juga.
  • Jika dikembalikan lagi ke dunia, pasti mereka akan kembali seperti dahulu lagi.
  • Sesuatu yang "misterius" atau "ghaib"hanya bisa diperoleh dari/ melalui sesuatu yang ghaib.
  • Kisah-kisah kaum yang terdahulu.

Hal-hal penting lainnya?
Annas I. Wibowo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda