PENDAPAT-PENDAPAT ULAMA MENGENAI
WAJIBNYA KHILAFAH
(أَقْوَالُ
عُلَمَاءِ
اْلأُمَّةِ
فِيْ وُجُوْبِ
اْلخِلاَفَةِ)
Oleh :
KH. MUHAMMAD SHIDDIQ AL JAWI
PENDAPAT
IMAM AL MAWARDI
® وقالالإمام
الماوردي (450 ه) : (
وَعَقْدُهَا
لِمَنْ
يَقُوْمُ
بِهَا
وَاجِبٌ بِالْإجْمَاعِ
وَإِنْ شَذَّ
عَنْهُمُ اَلْأَصَمُّ).
® الأحكام
السلطانيةص 5
®
Imam Mawardi (w. 450 H) berkata,”Melakukan akad Imamah
(Khilafah) bagi orang yang [mampu] melakukannya, hukumnya wajib berdasarkan
Ijma’, meskipun Al Asham menyalahi mereka (ulama) [dengan menolak wajibnya
Khilafah]. “
®
Imam Mawardi, Al Ahkam Al Sulthaniyyah, hlm. 5.
PENDAPAT
IMAM IBNU HAZM
® قالالإمام
ابن حزم (456 ه) : (
إتَّفَقَ
جَمِيْعُ أهْلِ
السُنَّةِ
وَجَمِيْعُ
الْمُرْجِئَةِ
وَجَمِيْعُ
الشِيْعَةِ
وَجَمِيْعُ
الْخَوَارِجِ
عَلَى وُجُوْبِ
اْلإمَامَةِ...
).
® الفصل
في الملل
والأهواء
والنحل لابن
حزم (4/87)
® Imam Ibnu
Hazm (w. 456 H) berkata,”Telah sepakat semua Ahlus Sunnah, semua Murji`ah,
semua Syi’ah, dan semua Khawarij atas wajibnya Imamah (Khilafah)...”
® Ibnu Hazm,
Al Fashlu fi Al Milal wal Ahwa` wan Nihal,
Juz 4 hlm. 87.
® قالالإمام
ابن حزم (456 ه) :
(وَاتَّفَقُوْا
أَنَّ الْإِمَامَةَ
فَرْضٌ
وَأَنَّهُ
لاَ بُدَّ مِنْ
إِمَامٍ
حَاشَا
النَّجْدَاتِ...).
® مراتب
الإجماع ص 207
® Imam Ibnu
Hazm (w. 456 H) berkata,”Mereka (ulama) telah sepakat bahwa Imamah (Khilafah)
itu fardhu dan bahwa tidak boleh tidak harusada seorang Imam (Khalifah),
kecuali An Najadat...”
® Ibnu Hazm,
Maratibul Ijma’, hlm. 207.
PENDAPAT
IMAM ABU YA’LA AL FARRA
® وقالالإمام
أبو يعلى
الفراء(458 ه): (
نَصْبَةُ اْلإِمَامِ
وَاجِبَةٌ وَ
قَدْ قَالَ
أَحْمَدُ
رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ فِيْ
رِوَايَةِ
مُحَمَّدِ
ابْنِ عَوْفِ
بْنِ
سُفْيَانَ
الْحِمْصِيِّ " ألْفِتْنَةُ
إذَا لَمْ
يَكُنْ
إمَامٌ يَقُوْمُ
بِأَمْرِ
النَّاسِ“ ).
® الأحكام
السلطانيةص 19
® Imam Abu
Ya’la Al Farra` (w. 458 H)
berkata,”Mengangkat seorang Imam (Khalifah) hukumnya wajib. Imam Ahmad
RA dalam riwayat Muhammad bin Auf bin Sufyan Al Himshi berkata,’Adalah suatu
cobaan, jika tak ada seorang Imam (Khalifah) yang menegakkan urusan manusia.”
® Abu Ya’la
Al Farra`, Al Ahkam As Sulthaniyyah, hlm. 19.
PENDAPAT
IMAM ABDUL QAHIR AL BAGHDADI
® وقالالإمام
عبد القاهر
البغدادي (469 ه): (
وَقَالُوْا
فِي
الرُّكْنِ
الثَّانِيْ
عَشَرَ الْمُضَافِ
إِلىَ
الْخِلاَفَةِ
وَاْلإِمَامَةِ:
إِنَّ
اْلإِمَامَةَ
فَرْضٌ
وَاجِبٌ عَلىَ
اْلأُمَّةِ،
لِأَجْلِ
إِقَامَةِ
اْلإِمَامِ
يَنْصِبُ
لَهُمُ
الْقُضَاةَ
وَاْلأُمَنَاءَ،
وَيَضْبَطُ
ثُغُوْرَهُمْ،
وَيُغْزِيْ
جُيُوْشَهُمْ،
وَيَقْسِمُ
اْلفَيْءَ
بَيْنَهُمْ،
وَيَنْتَصِفُ
لِمَظْلُوْمِهِمْ
مِنْ
ظَالِمِهِمْ
).
® الفرق
بين الفرق (1/340)
® Imam Abdul
Qahir Al Baghdadi (w. 469 H) berkata,”Mereka [ulama Ahlus Sunnah] berkata
mengenai rukun ke-13 yang disandarkan kepada Khilafah atau Imamah : bahwa
Imamah atau Khilafah itu fardhu atau wajib atas umat Islam, agar Imam dapat
mengangkat para hakim dan orang-orang yang diberi amanah, menjaga perbatasan
mereka,menyiapkan tentara mereka, membagikan fai` mereka, dan melindungi orang
yang dizhalimi dari orang-orang yang zhalim.”
® Abdul Qahir
Al Baghdadi, Al Farqu Bainal Firaq, Juz 1 hlm. 340.
PENDAPAT
IMAM AL JUWAINI
® قالالإمام
أبو المعالي
الجويني (478 ه) :
(نَصْبُ اْلإِمَامِ
عِنْدَ
اْلإِمْكَانِ
وَاجِبٌ...
فَإِذَا
تَقَرَّرَ
وُجُوْبُ
نَصْبِ
الْإِمَامِ
فَالَّذِيْ
صَارَ
إِلَيْهِ جَمَاهِيْرُ
اْلأَئِمَّةِ
أَنَّ
وُجُوْبَ
النَّصْبِ
مُسْتَفَادٌ
مِنَ
الشَّرْعِ الْمَنْقُوْلِ
). غياث الأممص 17
® Imam Al
Juwaini (w. 478 H) berkata,”Mengangkat Imam pada saat ada kemampuan
wajib...Maka jika telah tetap kewajiban mengangkat seorang Imam, maka yang
menjadi pendapat jumhur para imam [mazhab] adalah kewajiban mengangkat imam itu
diambil dari syara’ yang dinukil.”
® Imam Al
Juwaini (Al Haramain), Ghiyatsul Umam, hlm. 17.
PENDAPAT
IMAM GHAZALI
® قال
الإمام
الغزالي (505 ه) :
® (...فَبَانَ أَنَّ
السُّلْطَانَ ضَرُوْرِيٌّ فِيْ نِظَامِ
الدِّيْنِ وَنِظَامِ
الدُّنْيَا،
وَنِظَامُ
الدُّنْيَا
ضَرُوْرِيٌّ فِيْ نِظَامِ
الدِّيْنِ ،
وَنِظَامُ
الدِّيْنِ ضَرُوْرِيٌّ فِيْ
الْفَوْزِ بِسَعَادَةِ اْلآخِرَةِ ،
وَهُوَ مَقْصُوْدُ
الْأَنْبِيَاءِ قَطْعًا
، فَكَانَ وُجُوْبُ اْلإِمَامِ مِنْ ضَرُوْرِيَّاتِ
الشَّرْعِ
الَّذِيْ
لاَ سَبِيْلَ إِلىَ تَرْكِهِ فَاعْلَمْ ذَلِكَ.)
® الإقتصاد
في الإعتقاد ص
99
® Imam
Ghazali (w. 505 H) berkata,”...maka jelaslah bahwa kekuasaan itu penting demi
keteraturan agama dan keteraturan dunia. Keteraturan dunia penting demi
keteraturan agama, sedang keteraturan agama penting demi keberhasilan mencapai
kebahagiaan akhirat, dan itulah tujuan yang pasti dari para nabi.
® Maka
kewajiban adanya Imam (Khalifah) termasuk hal-hal yang penting dalam syariat
yang tak ada jalan untuk meninggalkannya. Ketahuilah itu ! ”
® Imam
Ghazali, Al Iqtishad fi Al I’tiqad, hlm. 99.
PENDAPAT
IMAM SYAHRASTANI
® قال
الإمام
الشهرستاني (548
ه) : )
...مَا دَارَ
فِيْ
قَلْبِهِ
وَلاَ فِيْ
قَلْبِ
أَحَدٍ
أَنَّهُ
يَجُوْزُ
خُلُوُّ
اْلأَرْضِ
عَنْ إِمَامٍ.
فَدَلَّ
ذَلِكَ
كُلُّهُ عَلىَ
أَنَّ
الصَّحَابَةَ
وَ هُمْ
الصَّدْرُ
اْلأَوَّلُ
كَانُوْا
عَلىَ
بُكْرَةِ أَبِيْهِمْ
مُتَّفِقِيْنَ
عَلىَ
أَنَّهُ لاَ
بُدَّ مِنْ
إِمَامٍ ،
فَذَلِكَ
اْلإِجْمَاعُ
عَلىَ هَذَ
اْلوَجْهِ
دَلِيْلٌ
قَاطِعٌ
عَلىَ وُجُوْبِ
اْلإِمَامَةِ...
® نهاية
الإقدام عن
علم الكلام ص 480
® Imam
Syahrastani (w. 548 H) berkata,”...tidak pernah terlintas dalam hati dia (Abu
Bakar Shiddiq RA) dan juga hati seseorang (shahabat) bahwa bumi ini boleh
kosong dari seorang imam (khalifah). Maka semua itu menunjukkan bahwa para
shahabatsemuanya tanpa kecuali –sedang mereka itu adalah generasi awal– sepakat
bahwa tidak boleh harus ada seorang imam (khalifah).
® Maka Ijma’
ini dalam bentuk seperti ini [Ijma’ Shahabat], adalah dalil yang pasti mengenai
wajibnya Imamah (Khilafah)...
® Imam
Syahrastani, Nihayatul Iqdam ‘an Ilmil Kalam, hlm. 480.
PENDAPAT
IMAM JAMALUDDIN AL GHAZNAWI
® وقالالإمام
جمال الدين
الغزنوي (593 ه) :
® ( لاَ
بُدَّ
لِلْمُسْلِمِيْنَ
مِنْ إِمَامٍ
يَقُوُمُ
بِمَصَالِحِهِمْ
مِنْ تَنْفِيْذِ
أَحْكَامِهِمْ
وَإِقَامَةِ
حُدُوْدِهِمْ
وَتَجْهِيْزِ
جُيُوْشِهِمْ
وَأَخْذِ
صَدَقَاتِهِمْ
وَصَرْفِهَا
إِلَى مُسْتَحِقِّيْهِمْ
لِأَنَّهُ
لَوْ لَمْ
يَكُنْ
لَهُمْ
إِمَامٍ فَإِنَّهُ
يُؤَدِّيْ
إِلَى
إِظْهَارِ
الْفَسَادِ
فِي
اْلأَرْضِ ).
® جمال
الدين
الغزنوي
،أصول الدين ص
66
® Imam
Jamaluddin Al Ghaznawi (w. 593 H) berkata
® ”Tidak
boleh tidak kaum muslimin harus mempunyai seorang Imam (Khalifah) yang
menegakkan kepentingan-kepentingan mereka, seperti menerapkan hukum-hukum
mereka (hukum Islam), menegakkanhudud mereka, mempersiapkan pasukan mereka,
mengambil zakat-zakat mereka dan menyalurkannya kepada para mustahiqnya,
® Sebab kalau
mereka tidak mempunyai seorang Imam (khalifah), maka hal ini akan membawa
kepada merajalelanya kerusakan di muka bumi.”
® Jamaluddin
Al Ghazanawi, Ushuluddin, hlm. 66.
PENDAPAT
IMAM AL QURTHUBI
® وقالالإمام
القرطبي (671 ه) : (
وَلاَ
خِلَافَ فِيْ وُجُوْبِ
ذَلِكَ
بَيْنَ الْأُمَّةِ
وَلاَ بَيْنَ
الْأَئِمَّةِ،
إِلاَّ مَا
رُوِيَ عَنِ
الْأَصَمِّ،
حَيْثُ كَانَ
عَنِ
الشَّرِيْعَةِ
أَصَمُّ.
وَكَذَلِكَ
كُلُّ مَنْ
قَالَ
بِقَوْلِهِ
وَاتَّبَعَهُ
عَلىَ
رَأْيِهِ
وَمَذْهَبِهِ
).
® الجامع
لأحكام
القرآن (1/264)
® Imam
Qurthubi (w. 671 H) berkata,”Tidak ada perbedaan pendapat mengenai wajibnya hal
itu (mengangkat Khalifah) di antara umat dan para imam [mazhab], kecuali apa
yang diriwayatkan dari Al Asham, yang dia itu memang ‘asham’ (tuli) dari
Syariat. Demikian pula setiap orang yang berkata dengan perkataannya serta
mengikutinya dalam pendapat dan mazhabnya.”
® Imam
Qurthubi, Al Jami’ li Ahkamil Qur`an, Juz 1 hlm. 264.
PENDAPAT
IMAM NAWAWI
® قالالإمام
النووي (676 ه) : (
أَجْمَعُوْا
عَلىَ أَنَّهُ
يَجِبُ عَلىَ
الْمُسْلِمِيْنَ
نَصْبُ
خَلِيْفَةٍ ).
® شرح
صحيح مسلم (ج 12ص
205)
® Imam Nawawi
(w. 676 H) berkata,”Mereka [para shahabat] telah sepakat bahwa wajib atas kaum
muslimin mengangkat seorang Khalifah.”
® Syarah
Shahih Muslim, Juz 12 hlm. 205.
PENDAPAT
IMAM AN NASAFI
® وقالالإمام
النسفي (710 ه) : (
وَالْمُسْلِمُوْنَ
لاَ بُدَّ
لَهُمْ مِنْ
إِمَامٍ
يَقُوْمُ
بِتَنْفِيْذِ
أَحْكَامِهِمْ
وَإِقَامَةِ
حُدُوْدِهِمْ
وَسَدِّ
ثُغُوْرِهِمْ
وَتَجْهِيْزِ
جُيُوْشِهِمْ
وَأَخْذِ
صَدَقَاتِهِمْ
وَقَهْرِ
الْمُتَغِّلبَةِ
الْمُتَلَصِّصَةِ
وَقُطَاعِ الطَّرِيْقِ
وَإِقَامَةِ
الْجُمَعِ
وَالْأَعْيَادِ
وَقَبُوْلِ
الشَّهَادَاتِ
الْقَائِمَةِ
عَلىَ
الْحُقُوْقِ
وَتَزْوِيْجِ
الصِّغَارِ
وَالصَّغِيْرَاتِ
الَّذِيْنَ
لاَ
أَوْلِيَاءَ
لَهُمْ
وَقِسْمَةِ
الْغَنَائِمِ
).
® العقائدالنسفية
ص 6
® Imam Nasafi
(w.710 H) berkata,”Kaum muslimin tidak boleh tidak harus mempunyai seorang Imam
(Khalifah)yang akan menerapkan hukum-hukum mereka, menegakkan hudud mereka,
menutup tapal batas negeri mereka, menyiapkan tentara mereka, mengambil zakat
mereka, dan membasmi para perampok dan pencuri serta pembegal, melaksanakan
sholat Jumat dan hari raya, menerima kesaksian yang mendasari hak-hak,
menikahkan remaja-remaja baik laki-laki maupun perempuan yang tak mempunyai
wali, dan membagikan harta rampasan perang.”
® Imam
Nasafi, Al ‘Aqa`id An Nasafiyyah, hlm. 6
PENDAPAT
IMAM IBNU TAIMIYYAH
® وقالالإمام
ابن تيمية (728 ه) :
(يَجِبُ أَنْ
يُعْرَفَ
أَنَّ
وِلاَيَةَ
أَمْرِ
النَّاسِ
مِنْ أَعْظَمِ
وَاجِبَاتِ
الدِّيْنِ،
بَلْ لاَ قِيَامَ
لِلدِّيْنِ
إِلاَّ بِهَا.
فَإِنَّ بَنِيْ
آدَمَ لاَ
تَتِمُّ
مَصْلَحَتُهُمْ
إِلاَّ
بِالْاِجْتِمَاعِ
لِحَاجَةِ
بَعْضِهِمْ
إِلىَ
بَعْضٍ،
وَلاَ بُدَّ
لَهُمْ
عِنْدَ اْلاِجْتِمَاعِ
مِنْ رَأْسٍ
حَتىَّ قَالَ النَّبِيُّ
صَلىَّ اللهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
"إِذَا
خَرَجَ
ثَلاَثَةٌ
فِيْ سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوْا
أَحَدَهُمْ"
رَوَاهُ
أَبُوْ
دَاوُدَ مِنْ حَدِيْثِ
أَبِيْ
سَعِيْدٍ
وَأَبِيْ
هُرَيْرَةَ ... وَلِأَنَّ
اللهَ
تَعَالَى
أَوْجَبَ
اْلأَمْرَ
بِالْمَعْرُوْفِ
وَالنَّهْيَ
عَنِ الْمُنْكَرِ،
وَلاَ
يَتِمُّ
ذَلِكَ
إِلاَّ بِقُوَّةٍ
وَإِمَارَةٍ
).
® مجموع
الفتاوى
ج28/ص390
® Imam Ibnu
Taimiyah (w. 728 H) berkata :
® ”Wajib
diketahui bahwa kekuasaan atas manusia termasuk kewajiban agama terbesar.
Bahkan agama tak akan tegak tanpa kekuasaan.
® Karena
manusia tak akan sempurna kepentingan mereka kecuali dengan berinteraksi karena
adanya hajat dari sebagian mereka dengan sebagian lainnya...
® ...Dan tak
boleh tidak pada saat berinteraksi harus ada seorang pemimpin hingga Rasulullah
SAW bersabda,’Jika keluar tiga orang dalam satu perjalanan maka hendaklah
mereka mengangkat satu orang dari mereka untuk menjadi pemimpinnya.’ (HR Abu
Dawud, dari Abu Said dan Abu Hurairah)
® Dan karena
Allah telah mewajibkan amar ma’ruf nahi mungkar, dan kewajiban ini tak akan
berjalan sempurna kecuali dengan adanya kekuatan dan kepemimpinan. “
® Majmu’ul
Fatawa, Juz 28 hlm. 390.
PENDAPAT
IMAM ‘ADHUDDIN AL IIJI
® وقالالإمام
عضد الدين
الإيجي (756 ه) :
® ( نَصْبُ
اْلإِمَامِ
عِنْدَنَا
وَاجِبٌ
عَلَيْنَا
سَمْعًا... وَأَمَّا
وُجُوْبُهُ
عَلَيْنَا
سَمْعًا فَلِوَجْهَيْنِ:
اَلْأَوَّلُ
إِنَّهُ تَوَاتَرَ
إِجْمَاعُ اْلمُسْلِمِيْنَ
فِي
الصَّدْرِ
اْلأَوَّلِ
بَعْدَ
وَفَاةِ
النَّبِيِّ
اِمْتِنَاعَ
خُلُوِّ
اْلوَقْتِ
عَنْ إِمَامٍ
... اَلثَّانِيُّ
إِنَّهُ
فِيْهِ
دَفْعُ
ضَرَرٍ مَظْنُوْنٍ
وَإِنَّهُ
وَاجِبٌ
إِجْمَاعًا ).
® المواقف
ص 961
® Imam
‘Adhuddin Al Iiji (w. 756 H) berkata,”Mengangkat Imam (Khalifah) bagi kami
adalah wajib atas kami secara naqli (sam’an). Adapun wajibnya hal itu atas kami
secara naqli, karena dua alasan, alasan pertama : telah diriwayatkan secara
mutawatir adanya Ijma’ Kaum Muslimin
generasi awal (para shahabat) setelah Nabi SAW bahwa tidak boleh adanya
kekosongan waktu dari adanya seorang Imam...
® Alasan
kedua : sesungguhnya pada yang demikian itu (pengangkatan Imam) dapat menolak kemudharatan yang patut diduga akan
muncul, dan bahwa hal itu (menolak kemudharatan) adalah wajib menurut Ijma’.”
® Imam
‘Adhuddin Al Iiji, Al Mawaqif, hlm. 961.
PENDAPAT
IMAM IBNU KHALDUN
® وقالالإمام
ابن خلدون (808 ه) : (
إِنَّ نَصْبَ
الْإِمَامِ
وَاجِبٌ قَدْ
عُرِفَ
وُجُوْبُهُ
فِي
الشَّرْعِ
بِإِجْمَاعِ
الصَّحَابَةِ
وَالتَّابِعِيْنَ
لِأَنَّ
أَصْحَابَ
رَسُوْلِ
اللهِصَلَّى
اللهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
عِنْدَ وَفَاتِهِ
بَادَرُوْا
إِلىَ
بَيْعَةِ
أَبِيْ
بَكْرٍ
رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ
وَتَسْلِيْمِ
النَّظَرِ
إِلَيْهِ
فِيْ
أُمُوْرِهِمْ, وَكَذَا
فِيْ كُلِّ
عَصْرٍمِنْ
بَعْدِ ذَلِكَ
وَلَمْ
تُتْرَكِ
النَّاسُ
فَوْضَى فِيْ
عَصْرٍ مِنَ
الْأَعْصَارِ
وَاسْتَقَرَّ
ذَلِكَ
إِجْمَاعاً
دَالاٌّ
عَلَى
وُجُوْبِنَصْبِ
الْإِمَامِ ).
® مقدمة
ابن خلدون ص 191
® Imam Ibnu
Khaldun (w. 808 H) berkata ”Sesungguhnya mengangkat Imam (Khalifah) adalah
wajib yang telah diketahui kewajibannya dalam Syariat berdasarkan Ijma’
Shahabat dan Tabi’in, karena para shahabat Nabi SAW pada saat wafatnya Nabi SAW
bersegera membaiat Abu Bakar RA dan menyerahkan kepadanya pertimbangan mengenai
urusan mereka.
® Demikian
pula halnya pada setiap masa dan tidaklah manusia dibiarkan dalam keadaan
kacau. Hal itu sudah menjadi ketetapan berdasarkan Ijma’, yang menunjukkan
wajibnya mengangkat Imam (Khalifah).”
® Ibnu
Khaldun, Muqaddimah, hlm. 191.
PENDAPAT
IMAM IBNU HAJAR AL ASQALANI
® وقالالإمام
ابن حجر
العسقلاني (852 ه) :
(وَأَجْمَعُوْا
عَلىَ
أَنَّهُ
يَجِبُ
نَصْبُ
خَلِيْفَةٍ
وَعَلىَ
أَنَّ
وُجُوْبَهُ
بِالشَّرْعِ
لاَ
بِالْعَقْلِ
).
® فتح
الباريج 12 ص 205
® Imam Ibnu
Hajar Al Asqalani (w. 852 H) berkata,”Dan mereka [para ulama] telah sepakat
bahwa wajib hukumnya mengangkat seorang khalifah dan bahwa kewajiban itu adalah
berdasarkan syara’ bukan akal.”
® Fathul
Bari, Juz 12 hlm. 205.
PENDAPAT
IMAM IBNU HAJAR AL HAITSAMI
® وقالالإمام
ابن حجر
الهيثمي (973 ه):
® (
إِعْلَمْ
أَيْضًا
أَنَّ
الصَّحَابَةَ
رِضْوَانُ
اللهِ
عَلَيْهِمْ
أَجْمَعُوْا
عَلىَ أَنَّ
نَصْبَ
اْلإِمَامِ
بَعْدَ انْقِرَاضِ
زَمَنِ
النُّبُوَّةِ
وَاجِبٌ بَلْ
جَعَلُوْهُ
أَهَمَّ
اْلوَاجِبَاتِ
حَيْثُ
اشْتَغَلُّوْا
بِهِ عَنْ
دَفْنِ رَسُوْلِ
اللهِ صَلىَّ
اللهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ).
® الصواعق
المحرقة ص 17
® Imam Ibnu
Hajar Al Haitsami (w. 973 H) berkata :
® ”Ketahuilah
juga, para shahabat Nabi SAW telah sepakat bahwa mengangkat Imam (Khalifah)
setelah berakhirnya zaman kenabian adalah wajib. Bahkan mereka menjadikan itu
sebagai kewajiban terpenting karena mereka telah menyibukkan diri dengan hal
itu dari menguburkan jenazah Rasulullah SAW.”
® Ibnu Hajar
Al Haitsami, As Shawa’iqul Muhriqah, hlm. 17.
PENDAPAT
IMAM SYAMSUDDIN AR RAMLI
® وقالالإمام
شمس الدين
الرملي (1004 ه) :
(يَجِبُ عَلىَ
النَّاسِ
نَصْبُ
إِمَامٍ
يَقُوْمُ
بِمَصَالِحِهِمْ،
كَتَنْفِيْذِ
أَحْكَامِهِمْ
وَإِقَامَةِ
حُدُوْدِهِمْ...
لِإِجْمَاعِ
الصَّحَابَةِ
بَعْدَ
وَفَاتِهِ
صَلىَّ اللهُ
عَلَيْهِ
وَآلِهِ
وَسَلَّمَ
عَلىَ نَصْبِهِ
حَتَّى
جَعَلُوْهُ
أَهَمَّ
الْوَاجِبَاتِ،
وَقَدَّمُوْهُ
عَلىَ
دَفْنِهِ صَلىَّ
اللهُ
عَلَيْهِ
وَآلِهِ
وَسَلَّمَ
وَلَمْ
تَزَلِ
النَّاسُ
فِيْ كُلِّ
عَصْرٍ عَلىَ
ذَلِكَ ).
® غاية
البيان ص
® Imam
Syamsuddin Ar Ramli (w. 1004 H) berkata,”Wajib atas manusia mengangkat seorang
Imam (Khalifah) yang menegakkan kepentingan-kepentingan mereka, seperti
menerapkan hukum-hukum mereka (hukum Islam), menegakkan hudud mereka...
® Hal itu
berdasarkan Ijma’ Shahabat setelah wafatnya Nabi SAW mengenai pengangkatan imam
hingga mereka menjadikannya sebagai kewajiban yang terpenting, dan mereka
mendahulukan hal itu atas penguburan jenazah Nabi SAW. Dan manusia senantiasa
pada setiap masa selalu berpendapat demikian (wajib mengangkat Imam).
® Syamsuddin
Ar Ramli, Ghayatul Bayan, hlm.
PENDAPAT
IMAM SYAUKANI
® وقالالإمام
الشوكاني (1250 ه) : )
فَصْلٌ
يَجِبُ عَلىَ
اْلمُسْلِمِيْنَ
نَصْبُ
إِمَامٍ: أَقُوْلُ
قَدْ أَطَالَ
أَهْلُ
اْلعِلْمِ
اْلكَلاَمَ
عَلىَ هَذِهِ اْلمَسْأَلَةِ
فِي
اْلأُصُوْلِ
وَاْلفُرُوْعِ...
).
® السيل
الجرار ج 4 ص 503
® وقالالإمام
الشوكاني
أيضًا : )
وَقَدْ
ذَهَبَ
اْلأَكْثَرُ
إِلىَ أَنَّ
اْلإِمَامَةَ
وَاجِبَةٌ
...فَعِنْدَ
اْلعِتْرَةِ
وَ أَكْثَرِ
اْلمُعْتَزِلَةِ
وَ
اْلأَشْعَرِيَّةِ
تَجِبُ
شَرْعاً ).
® نيل
الأوطار ج 8 ص 265
® Imam
Syaukani (w. 1250 H) berkata,”Pasal : wajib atas kaum muslimin mengangkat
seorang Imam (Khalifah) : saya katakan sungguh para ulama telah membicarakan
masalah ini dengan panjang lebar dalam perkara ushul dan furu’...”
® Imam
Syaukani, As Sailul Jarar, Juz 4 hlm. 503
® Imam
Syaukani berkata,”Mayorias ulama berpendapat Imamah itu wajib...maka menurut
‘Itrah (Ahlul Bait), mayoritas Mu’tazilah, dan Asy’ariyah, [Imamah/ Khilafah]
itu wajib menurut syara’.”
® Imam
Syaukani, Nailul Authar, Juz VIII hlm. 265.
PENDAPAT
SYEIKH ABDURAHMAN AL JAZIRI
® وقالالشيخ
عبد الرحمن
الجزيري (1360 ه) : )
إِتَّفَقَ
اْلأَئِمَّةُ
رَحِمَهُمُ
اللهُ
تَعَالىَ
عَلىَ أَنَّ
اْلإِمَامَةَ
فَرْضٌ
وَأَنَّهُ
لاَ بُدَّ
لِلْمُسْلِمِيْنَ
مِنْ إِمَامٍ
يُقِيْمُ
شَعَائِرَ
الدِّيْنِ
وَيُنْصِفُ
الْمَظْلُوْمِيْنَ
مِنَ الظَّالِمِيْنَ
وَعَلىَ
أَنَّهُ لاَ
يَجُوْزُ
أَنْ
يَكُوْنَ عَلىَ
الْمُسْلِمِيْنَ
فِيْ وَقْتٍ
وَاحِدٍ فِيْ
جَمِيْعِ
الدُّنْيَا
إِمَامَانِ
لاَ مُتَّفِقَانِ
وَلاَ
مُفْتَرِقَانِ).
® الفقه
على المذاهب
الأربعة ج 5 ص 416
® Syeikh
Abdurrahman Al Jaziri (w. 1360 H) berkata:
® ”Telah
sepakat para Imam [Yang Empat] bahwa Imamah (Khilafah) adalah fardhu; dan bahwa
tak boleh tidak kaum muslimin harus mempunyai seorang Imam yang menegakkan
syiar-syiar agama dan melindungi orang-orang yang dizhalimi dari orang-orang
zhalim; dan bahwa tak boleh kaum muslimin pada waktu yang sama di seluruh dunia
mempunyai dua Imam, baik keduanya sepakat maupun bertentangan.”
® Al Fiqh
‘Ala Al Madzahib Al Arba’ah, Juz V hlm. 416.
PENDAPAT
SYEIKH WAHBAH ZUHAILI
® قال
الشيخ وهبة
الزحيلي :
®
® الفقه
الإسلامي و
أدلّته ج 8 ص 272
® Syeikh
Wahbah Zuhaili berkata :
® ”Mayoritas
besar dari ulama Islam --yaitu ulama Ahlus Sunnah, Murji’ah, Syi’ah, dan
Mu’tazilah kecuali segelintir dari mereka, dan Khawarij kecuali An Najdat--
berpendapat bahwa Imamah (Khilafah) adalah perkara yang wajib atau suatu
kefardhuan yang pasti.”
® Wahbah
Zuhaili, Al Fiqh Al Islami wa Adillatuhu, Juz VIII hlm. 272.
PENDAPAT
SYEIKH SA’DI ABU JAIB
® قال
الشيخ سعدي
أبو جيب :
® (
إِتَّفَقُوْا
عَلىَ أَنَّ
اْلإِمَامَةَ
فَرْضٌ، وَ
أَنَّهُ لاَ
بُدَّ مِنْ
إِمَامٍ. وَقَالَ
بَعْضُ
الْخَوَارِجِ
: لاَ يَجِبُ نَصْبُ
خَلِيْفَةٍ.
وَقَدْ
حَادُّوْا
عَنِ اْلإِجْمَاعِ
بِذَلِكَ
الْقَوْلِ.
وَقَالَ
الدَّاوُدِيّ
: إِنَّ
إِقَامَةَ
الْخَلِيْفَةِ
سُنَّةٌ
مُؤَكَّدَةٌ
).
® موسوعة
الإجماع في
الفقه
الإسلامي ص 395
® Syeikh
Sa’di Abu Jaib berkata :
® ”Mereka
(para ulama) telah sepakat bahwa Imamah (Khilafah) adalah fardhu; dan bahwa tak
boleh tidak harus ada seorang Imam (khalifah). Berkata sebagian Khawarij,’Tidak
wajib mengangkat seorang khalifah.’ Sungguh mereka telah menentang ijma’ dengan
pendapat itu. Ad Dawudi berkata,’Sesungguhnya mengangkat Khalifah itu sunnah
mu`akkadah.”
® Sa’di Abu
Jaib, Mausu’ah Al Ijma’ fi Al Fiqh Al Islami, hlm. 395
PENDAPAT
SYEIKH ABDULLAH DUMAIJI
® قال
الشيخ عبد
الله بن
سليمان بن عمر
الدميجي (ط 1404 ه / 1987
م) :
® ( إِتَّفَقَ
السَّوَادُ اْلأَعْظَمُ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ عَلىَ وُجُوْبِ نَصْبِ اْلإِمَامِ وَلَمْ يَشُذَّ عَنْ هَذَا
اْلإِجْمَاعِ إِلاَّ
النَّجْدَاتُ مِنَ اْلخَوَارِجِ وَالأَصَمُّ وَاْلفُوَطِيْمِنَ اْلمُعْتَزِلَةِ).
® الإمامة
العظمى عند
أهل السنة
والجماعة ص 48-49
® Syeikh
Abdullah bin Sulaiman bin Umar Ad Dumaiji berkata :
® ”Telah
sepakat golongan terbesar dari kaum muslimin atas wajibnya mengangkat Imam
(Khalifah), dan tidak ada yang menyalahi Ijma’ ini kecuali An Najdat dari
Khawarij, juga Al Asham dan Al Fuwathi dari Mu’tazilah.”
® Abdullah Ad
Dumaiji, Al Imamah Al ‘Uzhma ‘Inda Ahlis Sunnah wal Jama’ah, (cet. I, 1407 H /
1987 M), hlm. 48-49.
PENDAPAT
MAUSU’AH FIQHIYYAH KUWAITIYYAH
® ورد
في الموسوعة
الفقهية
الكويتية (ط 1404 ه / 1983
م ) :
® (
أَجْمَعَتِ
اْلأُمَّةُ
عَلىَ
وُجُوْبِ عَقْدِ
اْلإِمَامَةِ
وَعَلىَ
أَنَّ
اْلأُمَّةَ
يَجِبُ
عَلَيْهَا
اْلاِنْقِيَادُ
لِإِمَامٍ
عَادِلٍ
يُقِيْمُ
فِيْهِمْ
أَحْكَامَ
اللهِ
وَيَسُوْسُهُمْ
بِأَحْكَامِ
الشَّرِيْعَةِ
الَّتِيْ
أَتىَ بِهَا
رَسُوْلُ
اللهِ صَلىَّ
اللهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
وَلَمْ
يَخْرُجْ عَنْ
هَذَا
اْلإِجْمَاعِ
مَنْ
يُعْتَدُّ
بِخِلاَفِهِ
).
® الموسوعة
الفقهية
الكويتية ج 6 ص 217
® Terdapat
dalam kitab Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah (cetakan 1404 H / 1983 M) :
® ”Telah
sepakat umat Islam mengenai wajibnya akad Imamah (Khilafah) dan wajibnya umat
mentaati Imam yang adil yang menegakkan hukum-hukum Allah di tengah mereka dan
mengatur urusan mereka dengan hukum-hukum Syariah yang dibawa Rasulullah SAW.
® Dan tak ada
yang keluar dari Ijma’ ini orang yang teranggap dengan penyimpangannya dari
Ijma’ tersebut.”
® Al Mausu’ah
Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah, Juz VI hlm. 217.
TERIMA KASIH
WASSALAM