Unduh BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 11 Februari 2008

VISI STRATEGIK perusahaan

Manajemen Strategik
Company Strategic Vision Statement

Dibawah ini adalah contoh visi stratejik perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Yaitu perusahaan yang menjalankan bisnis jasa informasi, seperti: informasi yayasan amal, info properti, dll.
Misalkan saja nama perusahaan: TRIUMPH INFO
Visi stratejik: “Kami berkomitmen untuk memandu dan melayani ekspektasi para pencari informasi mengenai kemudahan dan keakuratan dengan menjadi penyedia layanan jasa informasi properti nomor satu di Indonesia yang terlengkap dan terbaik.”

Karakteristik dari keefektifan pernyataan visi tersebut adalah:
  1. Graphic: Visi yang baik harus menggambarkan jenis perusahaan yang ingin diciptakan oleh pihak manajemen perusahaan dan juga positioning-nya.
    • TRIUMPH INFO ingin menjadi sebuah perusahaan yang mampu melayani dan memenuhi semua ekspektasi para pelanggan. Perusahaan tersebut ingin menjadi yang paling unggul dengan mengedepankan kualitas layanan nomor satu dan variasi layanan yang tersedia.
  2. Directional: Visi yang baik harus menunjukkan arah perusahaan akan menuju ke mana.
    • TRIUMPH INFO ingin menjadi yang nomor satu se-Indonesia dalam hal kualitas layanan.
  3. Focused: Visi yang baik harus dapat memberikan panduan bagi manajer dalam hal pengambilan keputusan.
    • Visi diatas mampu memberikan panduan bagaimana keputusan harus diambil yaitu harus selalu mementingkan keinginan konsumen dan selalu berinovasi terhadap layanan mereka.
  4. Flexible: Visi yang baik harus dapat berubah sesuai dengan tuntutan lingkungan dan waktu yang selalu senantiasa berubah.
    • Visi di atas cukup fleksibel jika ada tuntutan untuk harus berubah. Misalnya semakin canggihnya teknologi maka visi tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi agar dapat lebih mengakomodasi perubahan teknologi tersebut.
  5. Feasible: Visi yang baik harus dapat dicapai dalam rentang waktu yang ditargetkan.
    • Visi tersebut dapat dicapai dengan sumber daya yang memadai. misalkan saja rentang waktu 10 tahun, dengan kinerja manajemen yang bagus, kemajuan teknologi yang dimiliki dan inovasi yang terus menerus dapat tercipta keunggulan kompetitif yang memiliki daya dukung untuk merealisasikan visi tersebut.
  6. Desirable: Visi yang baik harus menarik bagi para stakeholder-nya.
    • Visi tersebut mampu menarik perhatian bagi:
  • Pemilik modal yaitu dengan menjadi perusahaan yang nomor satu maka kemungkinan potensi keuntungan juga tinggi. Hal ini sangat menguntungkan semua stakeholder.
  • Karyawan yaitu dengan menjadi perusahaan yang terdepan dalam kualitas layanan dimaksudkan juga agar para karyawan mau berkomitmen dan termotivasi dengan menunjukkan kinerja yang paling optimal demi tercapainya visi perusahaan.
  • Pelanggan yaitu dengan beragamnya variasi layanan, teknologi yang inovatif dan kualitas layanan yang terdepan menarik bagi para pelanggan. Komitmen perusahaan untuk selalu mengedepankan kepentingan konsumen dapat meningkatkan awareness dan loyalitas konsumen.
  1. Easy to Communicate: Visi yang baik harus dapat dijelaskan kurang dari 10 menit dan dapat diringkas kata-katanya menjadi sebuah slogan.
    • Dalam hal ini visi di atas dapat diringkas menjadi:
Sky High Your Expectation”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam