Unduh BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Rabu, 13 Juni 2018

Meraih Kemenangan Dengan Pertolongan Allah SWT


(Materi Kultum Bakda Shalat Isya')

Tidak lama lagi kaum Muslimin akan merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satu amalan sunnah pada hari raya adalah mengagungkan asma Allah, mengumandangkan takbir.
اللهُ أكْبَرُ
اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

“Maha Besar Allah, dan segala puji bagi Allah, pujian yang banyak, dan Maha Suci Allah, di waktu pagi maupun petang." (Shahih Muslim: 943)

  لاَ إِلَهَ إِلاًّ اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ،

“Tiada tuhan selain Allah, dan Kami tidak beribadah selain kepada-Nya, dengan ikhlas, tunduk, patuh pada agama-Nya, meskipun orang-orang kafir membenci." (Shahih Muslim: 935)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ

“Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, yang selalu menepati janji-Nya, yang menolong hamba-Nya, dan menghancurkan kelompok musuh dengan ke-Esa-an-Nya.” (*)

لاَ إِلَهَ إِلاًّ اللهُ اللهُ أكْبَرُ، الله أكبر وَللهِ الْحَمْدُ

(Atsar) Riwayat Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu al-Mundzir dari Ali dan Abdullah bin Mas’ud ra.)

Kemenangan Islam selalu menjadi cita-cita kaum Muslimin sejak dahulu. Dan tentunya amalan-amalan di dalam Islam, bisa mengantarkan umat Islam untuk memenangkan jalan hidup Islam atas seluruh jalan hidup yang lain, sehingga mengeluarkan umat manusia dari kegelapan menuju cahaya.
Salah satu amalan yang utama adalah dakwah, amar ma’ruf nahi munkar. Allah Swt. berfirman:


“Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Allah…” (QS. ash-Shaff: 14)

Orang-orang yang beriman dan beramal shalih yang menolong agama Allah pasti akan mendapat keberhasilan, karena mereka mendapat pertolongan Allah Swt. Allah Swt. berfirman:


“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad: 7)


“…Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya...” (QS. al-Hajj: 40)


“…Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman.” (QS. ar-Rum: 47)


“Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. al-Insyirah: 6)

“Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (Akhirat),” (QS. al-Mu’min [40]: 51)


“…Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. al-Baqarah: 153)


“Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih di antara kalian, bahwa Dia benar-benar akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa; Dia benar-benar akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah Dia ridhai untuk mereka; dan Dia benar-benar akan menukar keadaan mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah Aku tanpa mempersekutukan Aku dengan sesuatupun. Siapa saja yang kafir sesudah janji itu, mereka itulah orang-orang yang fasiq.” (QS. an-Nur [24]: 55)

Dan banyak lagi ayat-ayat yang lain.

Dengan begitu banyak janji pertolongan dari Allah Swt. maka wajar dan sudah semestinya bila kaum Muslimin bersikap optimis dalam mewujudkan kebangkitan Islam dan peradaban Islam, di mana Islam sungguh-sungguh diterapkan di dalam kehidupan.

Oleh: Annas I. Wibowo


(*) Mengenai redaksi takbir dalam dua hari raya, maka tidak ada redaksi tertentu yang didasarkan pada riwayat yang shahih atau hasan dari pernyataan Rasulullah Saw. Bagaimanapun juga perkara takbir ini diberi keleluasaan.
“…Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya, dan hendaklah kamu MENGAGUNGKAN ALLAH atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (TQS. al-Baqarah [2]: 185) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda