Kamis, 27 September 2007

Fruity Pretty Soap

Oleh:

Agust Andy P. 13501062

Erik Evanny 13501065

Rizki Hustiniasari 13501068

Anugrah Redja Kusuma 13501072

Ditto Rahmat K. A. 13501076




Institut Teknologi Bandung

2005

Executive Summary

Diantara perusahaan yang bergerak pada bidang yang sama, PT. ACM mempunyai kiat khusus untuk mampu bersaing terutama dengan perusahaan skala besar. Strategi yang diterapkan adalah mengamati, menganalisis, mencontoh, dan memberi nilai tambah. Inilah yang membuat PT. ACM bukan hanya sekedar peniru, namun juga memberikan nilai tambah pada setiap produk yang dikeluarkan sehingga dapat diterima oleh masyarakat. Hal juga disebabkan oleh harga produk yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan produk sejenis.

Fruty Pretty Soap (FPS) tidak hanya digunakan untuk kebersihan badan waktu mandi saja, namun dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk perawatan kulit dan menjaga keharuman tubuh sepanjang hari. Sabun merupakan substansi kimia yang dibuat dengan mengkombinasikan asam lemak, alkali, dan dipanaskan dengan air sebagai mediumnya. FPS merupakan sabun yang bahan dasarnya adalah buah-buahan asli ditambah dengan minyak zaitun, naturally-occurring glycerin yang biasanya diekstrak oleh perusahaan sabun untuk peembab tubuh, bunga, dan lain-lain. Dengan menggunakan FPS, kulit akan terhindar dari bahan-bahan kimia yang tidak dibutuhkan, kulit menjadi lebih halus, kelembaban alami tubuh akan tetap terjaga, dan aroma alami bahan dasar sabun ini akan tahan lama melekat pada tubuh pemakai.

Peluang usaha ini sangat menjanjikan mengingat banyak orang, terutama wanita, menginginkan produk perawatan kulit eksklusif dengan harga terjangkau. Untuk saat ini masih jarang sekali perusahaan yang memproduksi sabun alami ini. Hal ini menyebabkan harga yang sangat mahal dan sulit didapat. Oleh karena itu, PT. ACM berusaha membuat produk sabun buah-buahan ini untuk memberikan nilai lebih dari produk sabun yang telah ada di pasaran (sabun dengan kandungan bahan kimia yang tinggi). Produk ini dijual dengan harga terjangkau sehingga dapat dibeli oleh masyarakat dari kalangan menengah. Dengan adanya sabun buah-buahan ini, jelas perawaran kulit makin mudah, praktis, dan murah. Hal ini sesuai dengan tren kehidupan sekarang bergerak dengan cepat seiring mobilitas manusia yang semakin tinggi.

Modal yang diperlukan oleh usaha ini, seperti yang terinci pada Financial Plan, adalah sebesar : Rp. 238.300.000. Dengan melakukan produksi yang telah diotomatisasi, produksi sabun tiap satuan waktu menjadi lebih banyak. Hal ini diharapkan dapat menekan biaya produksi sehingga berdampak pada turunnya harga produk. Dengan harga produk yang relatif lebih murah dari produk lainnya yang sejenis, maka permintaan akan produk ini semakin meningkat dan Break Even Point dapat dicapai dengan cepat.

Supplier

Dalam hal pasokan barang, PT. ACM mengambil bahan dasar dari daerah agroindustri, yaitu dari daerah Malang, Pasuruan, Probolinggo. Bahan dasar ini dibeli langsung dari perkebunan. Selain untuk mendapatkan bahan dasar dengan jumlah besar, diharapkan pemesanan dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Distributor

Produk sabun FPS ini ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Oleh karena itu produk yang telah diproduksi dan siap digunakan dipasarkan melalui supermarket, salon kecantikan, toko-toko kecantikan, hypermarket, apotek atau health center seperti (century health center, guardian healh center, apotikaktif).

Konsumen

FPS ditujukan untuk target masyarakat ekonomi menengah ke atas lebih dikhususkan lagi pada wanita, mengingat jumlah penduduk wanita di Indonesia lebih besar daripada jumlah penduduk pria.

Competitor

Perusahaan yang bergerak dibidang sabun buah-buahan masih tergolong sedikit, terutama di Indonesia. Namun pesaing PT. ACM juga meliputi perusahaan yang memproduksi sabun kecantikan seperti Lux, Giv, Nuvo, dan Lifebouy. Jadi dapat disimpulkan bahwa pesaing PT. ACM adalah Body Shop, Wings Group, Unilever, P&G, PT. Bina Karya Prima.

Secondary stakeholder terdiri dari :

Komunitas Lokal

Kontribusi PT. ACM kepada komunitas lokal merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Dengan menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat sekitar pabrik, diharapkan masyarakat juga memberikan dukungan positif kepada PT. ACM.

Media

Media merupakan faktor penting untuk memperkenalkan Fruity Pretty Soap. Karena produk ini merupakan produk baru, maka peran media sangat penting untuk memperkenalkannya kepada masyarakat luas.

Gaya iklan PT. ACM akan bicara mengacu langsung pada produknya dan memacu orang dengan cepat membeli produk itu. Promosi dapat dilakukan melalui media cetak maupun media elektronik. Dengan frekuensi tayang di media elektronik, baik televisi maupun radio serta billboard, memancing orang suka atau tidak suka poduk itu akhirnya memutuskan membeli. Promisi yang gencar menimbulkan efek psikologis bagi konsumen bersikap impulse buying. Hal ini dapat dimaklumi mengingat sudah ada produk pemimpin yang memiliki citra kuat di pasar. Kalau iklan FPS juga berusaha membangun citra, konsumen akan sulit mengingatnya.

Strategi Produk:

Produk sabun Fruity Pretty Soap dipsarkan dengan harga yang relati lebih murah dibandingkan harga sabun alami di pasaran, yaitu lebih kurang Rp. 20.000,00

Produk diproduksi dengan menggunakan buah-buahan asli sehingga kualitas yang didapatkan lebih baik.

Strategi Distribusi dan Pemasaran:

Jaringan distribusi yang luas.

Pengguaan media baik cetak maupun elektronik sebagai sarana promosi produksi. Perlu juga adanya pemilihan penggunaan kata-kata dalam iklan agar kesan yang diciptakan dapat mendorong masyarakat untuk membeli.

pengorganisasian (organizing)

Merupakan mekanisme yang mendefinisikan features dari perusahaan dan menyediakan hubungan dengan bagian lain dari perusahaan. Dalam proses pengorganisasian meliputi menentuan struktur organisasi dan penentuan kewenangan masing-masing jabatan/kedudukan.

PT. ACM merupakan perusahaan rekanan, sehingga posisi penting di perusahaan ini ditempati oleh pendiri.

pelaksanaan (actuating)

Meliputi kegiatan produksi sabun FPS yang dilakukan tiap hari kerja, melakukan tes kualitas dan kelayakan pakai yang dilakukan oleh oegawai khusus dan dilakukan di laboratorium. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Marketing Plan

Deskripsi Sektor Industri

Produk

Produk yang ditawarkan pada bisnis sabun buah-buahan ini adalah sabun alami yang berbahan dasar buah-buahan asli, seperti apel, pisang, pepaya, jeruk, dll. Produk yang akan ditawarkan ini bernama Fruity Pretty Soap, bersifat fragrance-free, memiliki kandungan zat sesederhana mungkin, dan bebas dari bahan pengawet buatan (preservatives).

Resep atau formula sabun Fruity Pretty Soap yang akan diproduksi harus didapatkan melalui penelitian untuk mendapatkan komposisi bahan dasar yang sesuai bagi produk yang akan dihasilkan. Perlu dicoba beberapa resep yang berbeda untuk mendapatkan komposisi yang sesuai. Dan seiring dengan berjalannya waktu, resep-resep tersebut harus dievaluasi dan diperbaiki untuk mendapatkan produk yang lebih baik.

Struktur Pasar dan Kompetisi

Struktur pasar : persaingan oligopolistik

Sejumlah bisnis sabun sudah ada di pasar, dengan produk yang dikenal masyarakat luas dan telah memiliki banyak konsumen Oleh karena itu strategi pemasaran yang baik untuk memperkenalkan produk dan keistimewaan-keistimewaan yang dimilikinya harus dilakukan untuk dapat memenangkan persaingan.

Karena struktur pasar adalah persaingan oligopolistik, maka penentuan harga jual sangat menentukan. Harga harus mampu bersaing, tidak boleh terlalu mahal.

Kompetisi yang terjadi di bisnis ini belum sudah ramai namun FPS memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh produk-produk sabun lainnya, yaitu bahan dasarnya yang bersifat benar-benar alami.

Market size & Growth

Bisnis dan industri di sektor natural soap, khususnya sabun buah-buahan alami belum banyak berkembang di Indonesia. Sebagian besar produk natural soap yang dijual di Indonesia merupakan hasil impor. Industri ini kebanyakan dijalankan sebagai industri yang bersifat handmade atau bisa juga disebut handcrafted.

Berdasarkan informasi dari Natural Foods Merchandiser (NFM), angka pertumbuhan industri natural products mencapai 11% dari tahun 1998 sampai 1999 dan total penjualannya pada tahun 1999 melebihi 28 milyar dolar. NFM melaporkan bahwa penjualan natural body care products mengalami pertumbuhan yang serupa dengan penjualan natural food, yaitu mengalami peningkatan lebih dari 12% dalam kurun waktu tahun 1998 sampai 1999. Vermont Soapworks, salah satu perusahaan yang unggul di sektor industri natural soap telah mengalami peningkatan penjualan lebih dari 35% selama 5 tahun terakhir ini. Untuk memenuhi permintaan customer, pada tahun 2000 Vermont Soapworks mengadakan program ekspansi dengan meningkatkan kapasitas produk yang dihasilkannya sebanyak 50%. Perusahaan-perusahaan lain yang juga bergerak di sektor ini mengalami pertumbuhan serupa dengan Vermont Soapworks.

Bahan baku merupakan faktor yang sangat penting dalam menjalankan bisnis sabun buah-buahan ini. Sebagian besar bahan baku bersifat organik dan dalam jangka waktu tertentu dapat mengalami pembusukan. Karena itu siklus pembelian, penyimpanan, dan pemakaian bahan baku, misalnya berupa buah-buahan (pisang, pepaya, markisa, dsb), harus diatur dan direncanakan dengan cermat.

Faktor supplier juga merupakan faktor yang menentukan. Jika bahan baku yang dihasilkan supplier mengalami kerusakan, misalnya terjadi gagal panen, atau wabah hama, pasokan bahan baku akan terhambat dan akhirnya akan menghambat proses produksi.

Karakteristik Demand

Karakteristik demand terhadap sabun buah-buahan ini bersifat cyclical.

Waktu pembelian untuk setiap konsumen cukup sering dan cenderung untuk bersifat rutin

Jangka waktu yang mungkin adalah sekitar 2 minggu sekali.

Berdasar deskripsi bisnis yang telah dilakukan, maka secara garis besar bisnis salon mobil ini cukup menarik bila dilihat dari aspek :

tingkat pertumbuhan pasar yang meningkat

kesempatan untuk mendapatkan profit

Bisnis dan industri di sektor natural soap, khususnya sabun buah-buahan alami belum banyak berkembang di Indonesia.


Analisis Potensi Pasar dan Kompetitor

Konsumen potensial : kaum wanita.

Konsumen produk FPS sebagian besar adalah kaum wanita. Konsumen dari golongan muda sampai yang berusia lanjut dapat menggunakan produk ini karena selain bermanfaat untuk kecantikan dan memiliki aroma yang wangi, sabun FPS juga baik digunakan untuk kulit sensitif.

Berikut ini akan dijelaskan mengapa Fruity Pretty Soap baik digunakan untuk kulit yang sensitif.

Pemakaian parfum merupakan salah satu hal yang harus dihindari bagi orang yang memiliki masalah pernafasan dan bagi orang yang sensitif terhadap zat-zat kimia. FPS dapat menjadi solusi bagi masalah ini. FPS bersifat fragrance-free dan memiliki kandungan zat sesederhana mungkin.

Banyak produk kecantikan yang beredar di pasaran bebas tidak bisa digunakan oleh orang-orang yang berkulit sensitif karena menimbulkan iritasi. Masalahnya adalah adanya kandungan zat pengawet pada produk-produk tersebut untuk menjaga agar produk tetap segar dan tahan lama. Zat pengawet inilah yang dapat menimbulkan reaksi alergi. Produk FPS terbebas dari bahan pengawet buatan (preservatives).

Potensi konsumen untuk bisnis sabun buah-buahan ini sejumlah penduduk wanita di Indonesia. Berdasarkan Sensus tahun 2000, jumlah penduduk Indonesia 206,26 juta jiwa dengan perbandingan jumlah penduduk perempuan sebesar 49,9 persen atau 102,8 juta jiwa.

Bisnis sabun buah-buahan alami yang akan dijalankan, direncanakan akan dilakukan dengan otomatisasi. Produk akan dihasilkan dengan menggunakan mesin. Jadi produk tidak dihasilkan secara manual.

Sebagian besar bisnis natural soap yang ada bersifat handmade. Tentunya handmade natural soap ini memiliki keistimewaan tersendiri. Meskipun harganya tergolong mahal tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan. Banyak alasan yang menyebabkan orang menyukai handmade soap. Handmade soap memiliki citra yang mewah jika dibandingkan dengan sabun berharga murah yang diproduksi dalam jumlah besar. Handmade soap juga bisa dimanfaatkan sebagai hadiah yang bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal, juga untuk memanjakan diri dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Bentuk, warna, penampilan, dan kemasan handmade soap biasanya sangat menarik dan mengandung nilai estetika.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda