Kamis, 27 September 2007

The Right Soap

Ternyata memilih sabun cukup membingungkan. Banyak formula dalamnya yang tanpa disangka dapat berakibat buruk bagi kulit Anda.

Tak dapat dipungkiri, sabun termasuk bagian primer dari kehidupan sehari- hari Anda. Saat mandi - pagi dan sore ataupun sekedar membasuh muka atau tangan, Anda akan memanfaatkan sabun demi alasan higienis. Lepas dari manfaat membersihkan, banyak jenis sabun -

terutama yang berbentuk bar atau batangan - yang dapat mengakibatkan kulit menjadi kering selain juga mendatangkan iritasi pada kulit. Bila tidak dibilas dengan bersih, sisa-sisa sabun juga berkecenderungan menutup pori yang dalam jangka panjang akan berakibat munculnya komedo, misalnya yang sering terjadi pada bagian punggung.
Banyak orang yang percaya bahwa rasa ‘kencang’ pada kulit setelah mandi menandakan kulit telah bersih. Padahal rasa kencang inilah sebenarnya yang merupakan bagian dari proses kulit yang mengering dan teriritasi. Jika kulit terasa ‘kencang’ lebih dari 2 menit, maka inilah saatnya Anda membalurkan pelembab agar kulit menjadi ebih supel.
Bila Anda berkulit kering dan sensitif sebaiknya memilih sabun batangan yang mengandung gliserin, petroleum dan beeswax. Ketiga formula tersebut dapat melindungi & mencegah kulit dari iritasi dan jerawat serta membuat kulit terasa kenyal. Bisa juga dipilih sabun yang berbahan dasar alami.
Sabun batangan sebaiknya disimpan dalam tempat yang tertutup supaya tidak terkontaminasi dengan udara luar. Sebelum mengaplikasikannya pada tubuh bilas terlebih dahulu dengan air agar debu yang menempel pada permukaannya larut. Demikian pula setelah dipakai, bilas kembali dengan air baru kemudian masukan ke dalam tempatnya.
Anda tidak perlu khawatir kotoran yang menempel pada permukaan atas akan membahayakan bagian dalamnya. Karena begitu Anda bilas, seluruh kotoran yang ada akan langsung hilang.

Jenis-jenis sabun & fungsinya:
Transparant Soap
- sabun ‘tembus pandang’ ini tampilannya jernih dan cenderung memiliki kadar yang ringan. Sabun ini mudah sekali larut karena mempunyai sifat sukar mengering.
Castile Soap - sabun yang memakai nama suatu daerah di Spanyol ini memakai olive oil untuk formulanya. Sabun ini aman dikonsumsi karena tidak memakai lemak hewani sama sekali.
Deodorant Soap
- sabun ini bersifat sangat aktif digunakan untuk menghilang aroma tak sedap pada bagian tubuh. Tidak dianjurkan digunakan untuk kulit wajah karena memiliki kandungan yang cukup keras yang dapat menyebabkan kulit teriritasi.
Acne Soap
- Sabun ini dikhususkan untuk membunuh bakteri-bakteri pada jerawat. Seringkali sabun jerawat ini mengakibatkan kulit kering Bila pemakaiannya dibarengi dengan penggunaan produk anti-acne lain maka kulit akan sangat teriritasi, sehingga akan lebih baik jika Anda memberi pelembab atau clarning lotion setelah menggunakan Acne Soap.
Cosmetic Soap
atau Bar Cleanser - biasanya dijual di gerai-gerai kecantikan. Harganya jauh lebih mahal dari sabun-sabun biasa karena di dalamnya terdapat formula khusus seperti pemutih. Cosmetic soap biasanya memfokuskan formulanya untuk memberi hasil tertentu, seperti pada whitening facial soap dan firming facial soap.
Superfatted Soap
- memiliki kandungan minyak dan lemak lebih banyak sehingga membuat terasa lembut dan kenyal. Sabun ini sangat cocok digunakan untuk kulit kering karena dalamnya terdapat kandungan gliserin, petroleurn dan beeswax yang dapat melindungi mencegah kulit dan iritasi dan jerawat.
Oatmeal Soap
- dan hasil penelitian, gandum mempunyai kandungan anti iritasi. Dibandingkan sabun lain, sabun gandum ini lebih baik dalam menyerap minyak menghaluskan kulit kering dan sensitif.
‘Natural’ Soap
- sabun alami ini memiliki formula yang sangat lengkap seperti vitamin, ekstrak buah, minyak nabati, ekstrak bunga, aloe vera dan essential oil. Cocok untuk semua jenis kulit dan kemungkinan membahayakan kulit sangat kecil.

Formula yang perlu dihindari dari sebatang sabun :
Sodium Hydroxide & Alkaline -
menyebabkan kulit teriritasi dan kering.
Anti bacterial formula -
hanya membersihkan bagian luar tapi tidak mematikan kuman dan bakteri yang ada pada jerawat.
Lemak hewani -
mengakibatkan jerawat.
PH di atas 7
- meningkatkan keberadaan Propionobacteria - bakteri penyebab jerawat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda