Selasa, 01 Juli 2008

sistem teknologi informasi

Oleh:Wijayanti

* DNS memangkas biaya.

* E-comerce business: melakukan funsi bisnis (jual beli barang dan jasa, pelayanan terhadap konsumen, kolaborasi dengan para partner). Infrastrukturnya berupa komputer yang dihubungkan dengan perkakas elektronik via jarinagn komunikasi(network computing).

Hubungan ini memungkinkan kemudahan akses informasi yang tersedia atau dikumpulkan dimanapun juga untuk dapat secara mudah dikomunikasikan dan dikolaborasikan.Global nerwork environment(internet), hubunagn dalam organisasi (intranet), hubungan dengan partner bisnis(extranet).

* IT pengumpulan dari sistem pengoperasian komputer. Merupakan katalisator dalm perubahan struktur, operasi, dan management perusahaan. 5 Tujuan umum operasi bisnis: meningkatkan produktivitas, memangkas komponen kos, meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan, meningkatkan kualitas hubungan dengan customer, dan mengembangkan aplikasi atas strategi baru perusahaan.

Major capabilities of information system:

* kecepatan tinggi, volume operasi tinggi dan numerical komputation.

* fast, accurate, inexpensive communication.

* Mempermudah kerja yang dikerjakan secara manual atau semi automate dengan menggantikannya dengan mesin.

* Akses yang mudah, cepat, dan murah atas berbagai ukuran informasi, baik besar maupun kecil.

* Memfasilitasi adanya intepretasi atas data yang ada.

* Memungkinkan adanya komunikasi dan kolaborasi dimana saja dan kapan saja.

* Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, tidak terbatas pada tempat dan waktu.

* Manjadi sarana kerja di tegah lingkunagan yang serba mengandung risiko.

* Digital economy/new economy/web economy/internet economy: ekonomi based on the digital techtermasuk jaringan komunikasi (internet,intranet,extranet,software,value added network,dll).

Pemusatan computing ang communication tech mll internet,dan menghasilkan aliran informasi dan teknologi yang menstimulasi pertumbuhan e-commercedan perubahan opersasi organisasi dalam skala yang besar. Semua jenis informasi dapat dikumpulkan, diproses dan dikirim ke berbagai tujuan Menyedikan ruang bagi orang dan organisasi untuk berinteraksi, berkomunikasi dan berkolaborasi serta pencarian informasi.

Poduk yang ada dapat diakses secara digital(film,majalah ,koran,TV,buku,dll),transaksi keuangnnya dapat dilaksanakan secara digital, barang fisik dilekati dengan mikroprocessor dan kemampuan networking. DE turut andil dalam revolusi ekonomi.

* Digital Age Business Models

* NYOP ada estimasi P,pembeli menentukan sendiri P produk, buyer request VS supplier suplies

* RA ada request 4 quota, kebalikan dari lelang.

* AM ada perantara, jadi ada komisian untuk si perantara, menghubungkna calon pembeli kepada link yang lebih spesifik.

* Ergonomi-Marketplace trading efficiency, negosiasinya online, baik penjual atau pembeli sama-sama diuntungkan. Vertical EM hanya pada konsentrasi bidang industri.

* EA ada diskon untuk pembeli, semua order atas barang yang sama diakumulasikan dan harganya bisa dinegosiasi.

* Modern digital organization must complete in challenging market place (rapidl, unpredictable, complex, global, hypercompetitive, and customer focused). Perusahaan harus merespon setiap perubahan dan kesempatan yang mincul dalam lingkungan bisnis yang semakin dinamis.

* Business environment: kombinasi faktor sosial, legal, fisik, dan politik yang mempengaruhi aktivitas usaha. Businee pressure muncul ketika ada perubahan yang signifikan atas faktor-faktor di atas. Ethical issues: benar salahnya suatu informasi, jika tidak dikelola secara benar maka justru akan merusak imaj organisasi dan merusak spirit pekejanya.

ORGANIZATIONAL RESPONSES, terdiri dari:

* Strategic System: menyediakan keuntungan bagin organisasi untuk meningkatkan marker sharenya datau profitnya, memiliki kemampuan bernegosiasi yang lebih baik dengan suplier, dan menghindari masuknya pesaing dalma pasaran yang sudah menjado target organisasi.

* Customer focus: semua organisasi akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi customernya untuk menarik dan mempertahankan mereka dan terutama agar mereka tidak lari pada pesaingnya. Justru dengan memberikan layanan yang terbaik bagi customer maka kinerja organisasi akan semakin efisien dan biaya yang dikeluarkan juga semakin terkendali.

* Continous Improvement: peningkatan kualitas dan produktivitas ex; TQM, Six Sigma, JIT processing. Untuk memonitor dan menganalisis kinerja da poroduktivitas yang lebih padu dan baik dalam penggunaan pengetahuan organisasi.

* Restucturing business process: business process reengineering (BPR) perusahaan menginginkan adanya perubahan yang dramatis. Secara radikal dan fundamental perusahaan melakukan redesign atas operasi perusahaan . Redesign ini menyebabklan adanya inovasi dalm struktur organisasi dan bagaimana prusahaan menjalankan usahanya. Dalam skala kecil dinamakan restrukturisasi.

IT memungkinkna perusahaan untuk melaksanakan opersai bisnis dimdnapun, fleksibilitas dalam manufacturing, adanya pengiriman barang secara cepat kepada customer, membuat dan memfasilitasi model bisnis, mendukung transaksi yang lebih cepat tanpa menggunalan kertas baik kepada supplier, manufacturer, dan retailer.

* Make to order: strategi untuk menghasilkan produk dan jasa sesuai dengan keinginan customer. Yng kemudian menjadi hambatan adalah bagaimana hal trsebut dapat diwujudkan mengingat perlu adanya efisiensy yang lebih mantap pada tingkat harga yang relatif rendah.

* Mass customisation: produknya dibuat dalam jumlah besar tapi tetap mampu mengakomodasi customisasi yang diinginkan pembeli. Memungkinkan adanya komunikasi antara pembeli dan desainer produk shingga jika terjadi kekeliruan interpretasi dapat segera diselesaikan dengan cepat dan tepat.

* Business Alliances: Bersekutu dengan perusahaan lain bahkan dengan pesaingnya sendiri justru menguntungkan. Salah satu jenisnya adalah virtual corporation, sebuah bisnis yang beroperasi dengan menggunakan jarinagn komunikasi biasanya tanpa ada headquarter yang permanen untuk memproduksi barang dan jasa.

* E-business dan Ergonomi-comerce: doing business electronically


COMPETITIVE ADVANTAGE: keuntungan di atas pesaingnya dalam berbagai pengukuran seperti biaya, kualitas,atau kecepatan, bagaimana mengendalikan pasar, dan meningkatkan keuntungan rata-rata.

STRATEGIC INFORMATION SYSTEM: sistem yang membantu organisasi mencapai keunggulan kompetitifnya melalui berbagai upaya pengimplementasian strategi untuk mencapai tujuan organisasi termasuk di dalamnya mengaktualisasi kemempuannya secara signifikan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas. Sistem informasi merubah tujuan, proses, produk, dan hubungan kelingkungan untuk membantu perusahaan mencapi keunggulan kompetitifnya.

COMPETITIVE FORCES MODEL: framework bisnis menganalisis kompetitivitas yang mempertimbangkan 5 pengaruh utama yang daapt mengancam posisi perusahaan.

* The theat of entry of new competitor

* The bargaining power of supplier: switching cost

* The bargaining power of buyer: buyer acces of information on the product and suppliers

* The thret of subtitute produk orang services

* The rivalry among existing firms in the industry

STRATEGI OF COMPETITIVE ADVANTAGE

* Cost leadership strategy: using software to examine the cost of its product

* Differentiation Strategy

* Niche Strategy: select the narrow scope segment, be the best in quality, speed, or cost in the market.

* Growth strategy: increase market share, acquire more cutomer, sell ore product.

* Innovation Strategy: new product, new producing methods, new business models, new market, global reach, new product, extended product,differentiated product, supersystem(acn’t be easily duplicated), interorganizational system, computer aided sales(marketing).

* Alliance strategy: work with business partner in partnership, joint venture, aliiances, or virtual company.

* Operational effectiveness Strategy: cara kerja yang lebih baik bila dibandingkan dengan pesaingnya pada level operasi yang sama.(kepuasan pelanggan dan pegawai, produktivitas, dan kualitas meningkat).

* Customer orientation strategy: concentrate on making pelanggan happy.

* Time Strategy: menjaab tantangan atas persaingan pasar terutama untuk menjadi lebih cekatan dalam merespon setiap perubahan perilaku pasar.

* Enty barrier Strategy: ada batasan-batasan di mana pesaing tidak dapat melewatinya begitu saja.

* Lock in customer orang supplier strategy: meyakinkan pelanggan dan supplier untuk tetap bertahan menikmati produk dan servis yang ditawarkan perusahaan atau menyediakan apa yang menjadi kebutuhan perusahaan.

* Increase switching cost strategy: membuat pelanggan dan supplier menjadi tidak tertarik dengan apa yang ditawrkan oleh pesaing kepada mereka.

* Meskipun IT bisa memberikan berbagai kemudahan dalam menjalankan perusahaan namun tidak dapat dihindari adanya kegagalan dalm pengimplementasiannya.Banyak alasan atas adanya kegagalan pengelolaan IT, yang utama adalah ketidakmampuan kita untuk memprediksi perkembangan IT di masa yang akan datang secara akurat.

The MAJOR function of IT:

* Memfasilitasi setiap pekerjaan dalam organisasi (facilitates work in organizatin).

* Digunakan oleh semua department

* Menawarkan peluang karir

CHAPTER2

* IT Architecture: high level map orang plan of the information assets in an organization.Intergrates the information requirements of the organization and all users, the IT infrastructure, and all application.

* IT Infrastructure: fasilitas fisik, komponen-komponen IT, dan manajemen atas IT yang mendukung organisasi secara keseluruhan.

* Computer based information system: sistem informasi yang mengunakan teknologi komputer untuk melakukan beberapa atau bahkan semua tugas yang diharapkan. Komponen dasarnya: hardware,sofware,database, jarinagn telekomunikasi, prosedur, dan orangnya.

* Hardware: set of perangkat, terdiri dari CPU, monitor, keyboard, dan printe yang menampung data dan berbagai informasi, mengolahnya dan mepetunjukannya.

* Software is a st of programme yang memungkinkan hardware mengolah data.

* Data base: kumpulan files yang berhubungan , tabel, hubungan dsb yang mengumpulkan data dan memadukannya.

* Network:connecting system yang memperbolehkan adanya aliran atau pembagian infor\masi dari komputer yang nerbeda.

* Procedure: kumpulan aturan mengenai bagaimana mengkombinasikan komponen yang ada untuk mengolah informasi dan meningkatkan output uang diharapkan.

* People; sewmua orang yang bekerja dengan sistem informasi, mengiolahnya, dan mengguinakannya.

CHAPTER3

* Discovery: Discovery involves browsing and information retrieval,

* Communication: The Internet provides fast and inexpensive communication channels that range from messages posted on online bulletin boards to complex information exchanges among many organizations.

* Collaboration: Due to improved communication, electronic collaboration between individuals and/or groups ranging from screen sharing and teleconferencing to group support systems.

The Net is also used for:

* Education

* Entertainment: People can access the content of newspapers, magazines, and books. Correspond with friends and family, play games, listen to music, view movies and other cultural events.

* Work: They can download documents, do research.

DISCOVERY

* Internet Software Agents program computer yang melakukan sekumpulan tugas rutinnya sesuai dengan bidang penggunanya dan mendukung penggunanya dengan memberikan tambahan pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai dasar pertimbanagan untuk mencapai suatu tujuan.

* Internet-Based Web Mining

* Other Discovery Aids

* Toolbars

* Material in Foreign Languages

* Information and Corporate Portals

Search engines(program computer yang bisa mencarikan detail informasi hanya dengan memasukkan keyword saja), directories(link), software and intelligent agents

Web-Browsing-Assisting Agents(menawarkan pada para pencari informasi tour internet)

Frequently Asked Questions (FAQ) Agents(mengamankan orang untuk menjawab pertabyaan secara frekuentatif)

Search Engines and Intelligent Indexing Agent()

COMMUNICATION

Electronic Mail

Web-Based Call Centers

Electronic Chat Rooms

Voice Communication

Weblogging (Blogging)

Groupware suites

E Learning and the benefits

CHAPTER4

Phase 1: Requirements fasilitas bagi pembeli untuk menentukan kebutuhab mereka karena tersedia informasi pendukung spt gambar,foto,CD, Video,dll.

Phase 2: Acquisition membantu pelanggan un tuk mendapatkan produk yang mereka inginkan , bagaimana online entry, negosiasi, menutup transaksi dan pengiriman

Phase 3: Ownershipmendukung pelanggan sampai ada titik kepemilikandan sifatnya personal

Phase 4: Retirement menyimpan produk mereka

Unsolicited Advertising

Spamming

Permission Marketing

Viral Marketing

Interactive Advertising and Marketing

On-line Promotions

On-line Coupons

C2C Auctions.

Classified Ads.

Personal Services.

Support Services to C2C

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda