Sabtu, 10 Mei 2008

Ketombe Bukan Penyakit

Ketika ust mencoba menjawab pertanyaan seorang partisipan dalam kajian fikih di Ma'had Taqiyuddin an-Nabhani, ustad bertanya mengenai duduk perkara ketombe untuk bisa menjawab pertanyaan si penanya. Apakah ketombe itu penyakit? atau bukan? Tulisan ini dibuat untuk menjelaskan duduk perkara ketombe.

Ketombe Bukan Penyakit

10 Mei 2008
Bismillah

Kejelasan mengenai apakah ketombe suatu penyakit atau bukan dapat kita temukan menggunakan bandingan yang paling mirip. Seperti ketika kita mencari kejelasan suatu perkara menggunakan perumpamaan.

Ketombe adalah adanya kulit-kulit kepala yang mengelupas disebabkan oleh peristiwa alami matinya sel-sel kulit kepala. Ketombean biasa terjadi pada orang dewasa. Setiap orang memiliki bakat alami mengalami ketombean yang berbeda-beda.

Penjelasan mengenai ketombe dapat ditemukan di wikipedia dengan kata kunci 'dandruff':

Dandruff (also called scurf and historically termed Pityriasis capitis) is due to the excessive shedding of dead skin cells from the scalp. As it is normal for skin cells to die and flake off, a small amount of flaking is normal and in fact quite common. Some people, however, either chronically or as a result of certain triggers, experience an unusually large amount of flaking, which can also be accompanied by redness and irritation. Most cases of dandruff can be easily treated with specialized shampoos. Dandruff is not an organism like lice; it is just dead skin that accumulates in the scalp. Dandruff is unlikely to be the cause of hair loss.

Excessive flaking can also be a symptom of seborrhoeic dermatitis, psoriasis, fungal infection or excoriation associated with infestation of head lice.

Dandruff is a global phenomenon and many people find that dandruff can cause social or self-esteem problems. Treatment may be important purely for psychological reasons.
http://en.wikipedia.org/wiki/Dandruff


Meskipun bisa juga ketombe terjadi sebagai gejala beberapa penyakit seperti yang disebutkan di atas, ketombe dan ketombean itu sendiri bukan merupakan penyakit.

Perkara yang mirip dengan ketombean adalah keringatan. Keringatan bukanlah penyakit. Beberapa persamaan ketombean dan keringatan adalah sebagai berikut:

  • 1. Terjadi secara alami dan dapat berbeda dalam hal jumlah antara orang yang satu dengan yang lain.

  • 2. Dapat menimbulkan rasa risih. Orang yang ketombean dapat merasa gatal di kulit kepalanya. Orang yang keringatan dapat merasa gatal-gatal.

  • 3. Dapat menimbulkan masalah sosial/ berhubungan dengan orang lain. Rasa percaya diri orang yang ketombean dapat menurun karena serpihan kulit kepala yang mengotori baju dan kegiatan menggaruk kepala. Keringatan dapat menyebabkan bau badan dan gatal-gatal bagi yang mengalami.

  • 4. Dapat diatasi dengan mudah. Orang yang berketombe (bukan kata kerja) dapat segera memberi perawatan dengan berkeramas dengan shampoo. Orang keringatan dapat segera mandi.

Ketombean dan keringatan pada dasarnya sama dalam hal penyebabnya, terjadinya, dan penanganan yang diperlukan. Oleh karena itu, ketombe bukanlah penyakit.

Annas I. Wibowo
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda