Sabtu, 10 September 2016

Apa Maksud Bela Negara


Apa Maksud Bela Negara

Kata "negara" bisa memiliki bermacam makna jika digunakan. Sebab negara terdiri dari 4 unsur yaitu penguasa, penduduk, wilayah, dan hukum-hukum/sistem yang digunakan penguasa. Frase "bela negara" belum menunjukkan secara jelas dan pasti apa yang dibela. Apakah yang dimaksud membela penguasa atau membela penduduknya atau membela wilayahnya atau membela sistemnya atau membela semuanya?

Untuk menghindari ketidakjelasan maksud sesungguhnya dari kata "negara" dalam frase "bela negara" maka kata "negara" diganti dengan rincian yang dimaksudkan. Yaitu apakah membela penguasanya atau membela penduduknya atau membela wilayah dan penduduknya dari penjajahan imperialis atau membela sistem/hukum-hukum yang digunakan negara itu atau apakah yang dimaksud kesemua unsurnya.

Kekeliruan pemahaman bisa muncul dari ketidakjelasan maksud frase "bela negara" di mana kata "negara" dibiarkan tanpa rincian. Kesalahan pemahaman bisa menghasilkan bahaya bagi pemikiran yang ujungnya bisa menghasilkan kesalahan sikap. Waspadalah!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda