Unduh BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Minggu, 27 April 2008

BATERAI MOBIL. Supply listrik MOBIL

Baterai Baru Tapi Supply Listrik Tetap Terganggu


Kasus berikut ini sering kali dialami para pengendara.


Ketika menemukan bahwa sorot lampu mobilnya tak terang lagi atau mesin mobil susah di-starter, mereka mengarahkan perhatian pada baterai (accu).


Dugaan mereka, baterai sudah soak sehingga tidak bisa menyimpan arus listrik. Sayangnya, setelahbaterai baru dipasang, problem seperti itu hanya hilang sebentar. Dua-tiga hari kemudian muncul lagi.


Memang, kelistrikan pada mobil banyak dipengaruhi oleh baterai. Ia bertugas menyimpan arus listrik dan mendistribusikannya ke komponen-komponen yang membutuhkan. Termasuk lampu-lampu dan sistemstarter.


Tapi, ketika kerja komponen-komponen itu terganggu, sumber masalah belum tentu ada di baterai. Mungkin saja justru terletak di sistem pengisian listrik. Baterai hanyalah salah satu komponen dari rangkaian sistem pengisian listrik. Karena itu, jangan terburu-buru menyalahkan baterai saja.


Jika menemukan indikasi gangguan supply listrik, lakukan pemeriksaan pada sistem pengisian listrik. Gangguan sistem kelistrikan dapat diketahui dengan memperhatikan lampu peringatan tanda pengisian pada kontrol panel. Mestinya, lampu peng isian menyala ketika kunci kontak posisi“ON”, dan lampu akan padam setelah mesin berputar (dihidupkan).


Jika mendapati lampu peringatan pengisian tidak bisa padam ketika mesin sedang berputar, itu artinya ada masalah pada sistem pengisian listrik. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh komponen sistem pengisian seperti: pengatur teganganoutput (voltage regulator), alternator (dinamo jalan), tali kipas. Tapi, jika lampu peringatan sistem pengisian tak bisa menyala ketika kunci kontak di -“ON”-ka, boleh jadi kerusakan terletak padafuse (sekering pengisian) atau lampu peringatan sendiri yang rusak.


Pada beberapa kasus dijumpai kondisi sistem pengisian bekerja normal, tetapi tetap saja baterai tekor. Kerusakan ini bisa disebabkan karena beberapa sambungan kabelnya bermasalah. Diantara adalah sambungan terminal (kutub-kutub) baterai yang kendur, longgar, maupun kotor. Cara mengatasinya cukup dengan mengencangkan atau membersihkan terminal-terminal tersebut dari kotoran.


Bisa juga gangguan pada sistem pengisian muncul karena tali kipas putus. Tali kipas yang putus otomatis membuat dinamo jalan tidak bisa berputar. Padahal, dinamo jalan berfungsi sebagai pembangkit tegangan listrik.


Selain karena kerusakan di tali kipas, dinamo sendiri pun juga bisa mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan pada dinamo jalan terjadi pada penghantar arus listrik ke rotor coil (sering disebutbrush atau areng). Juga bisa terjadi pada gulungan pembangkit (rotor koil ataupun stator koil) dan rectifier (penyearah arus).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam