Minggu, 27 April 2008

Mengapa harus melakukan diferensiasi?

DIFFERENTIATE or DIE

Be distinct, or extinct –- jadilah berbeda, atau punah.” Kata-kata tegas ini

dikumandangkan oleh Tom Peters, pakar pemasaran dan penulis buku

(In Search of Excellence, The Circle of Innovation).

JIKA SEJAK AWAL Sudah beda: "BE YOURSELF!"

Maksudnya kurang lebih adalah: bila Anda ingin bisnis Anda bertahan,maka buatlah produk yang Anda jual menjadi berbeda daripada yang lain. Lakukan diferensiasi, tawarkan perbedaan.


Jumlah pelaku bisnis terus bertambah, produk-produk yang dijual juga semakin banyak, sehingga para konsumen pun sering kali merasa kebingungan. Mereka dihadapkan pada banyak sekali pilihan. Saat ini banyak bertebaran produk-produk sejenis, yang menawarkan manfaat dan juga fitur yang terkadang sulit untuk bisa dibedakan. Siapapun yang memproduksi dan apapun merek produk-produk tersebut, semuanya terlihat ”sama”.


Bila sudah begitu banyak pebisnis yang saling berkompetisi memperebutkan konsumen yang sama, lalu bagaimana Anda bisa memenangi peperangan ini? Diferensiasi adalah jawabannya. Anda harus membedakan bisnis Anda. Merebut pasar akan sulit dilakukan hanya dengan bermodalkan semangat dan kerja keras.


Membedakan bisnis bukan berarti harus beralih ke bisnis baru atau jenis baru. Bisnis selalu bisa dikerjakan dengan cara-cara yang berbeda. Theodore Levitt dari Harvard Business School menyatakan, ”Semua produk dan jasa selalu dapat didiferensiasi (dibedakan).” Artinya, sekarang ini dapat dikatakan sudah tidak ada lagi produk komoditas. Buah jeruk, daging ayam, bahkan gula atau beras sekalipun–- semua bisa dijual secara berbeda.


Semua produk selalu bisa didiferensiasi. Selalu ada unsur pembeda yang bisa Anda temukan. Maka carilah, dan temukan unsur-unsur pembeda yang bisa membuat bisnis Anda menjadi lain dibandingkan dengan para pesaing Anda. Meski pun dengan produk yang sama, bisnis Anda bisa menjadi berbeda dengan cara memberikan layanan yang lebih baik, pengiriman yang lebih cepat, cara pembayaran yang lebih mudah, lokasi yang lebih strategis, suasana yang lebih nyaman atau lainnya.


Bila Anda menemukan kesulitan dalam memilih unsur pembeda, Jack Trout bisa membantu dengan sejumlah solusi. Dalam bukunya yang berjudul”Differentiate or Die”, ia mengemukakan puluhan cara yang bisa dipakai untuk menjadikan bisnis Anda berbeda di mata dan dalam benak konsumen. Pada prinsipnya, ide diferensiasi bisa Anda gali dalam produk, layanan, tenaga kerja, merek, juga citra dari bisnis Anda. Bila Anda berhasil melakukannya dengan baik, maka bisnis Anda akan memiliki keunggulan kompetitif, dan produk Anda menjadi mudah diingat dan dikenal konsumen. Sebaliknya, pesaing-pesaing Anda yang terlihat“sama” menjadi terlupakan –- karena mereka terlalu membingungkan konsumen.


Buku yang lebih baru mengenai metode/ alat untuk diferensiasi ada buku best seller Blue Ocean Strategy. Selamat Menikmati Hidup dan Kehidupan. :P

Referensi: Jack Trout,“Diferentiate or Die”


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda