Senin, 14 April 2008

STRATEGI KEBERHASILAN Group Orang Tua

Lanjutan

STRATEGI GRUP ORANG TUA DAN ABC MEMBANGUN PASAR

MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN

C. Strategi Keberhasilan

Setiap perusahaan yang berhasil pasti memiliki kiat-kiat dan strategi-strategi tersendiri yang diterapkan dalam menjalankan bisnisnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Kesuksesan perusahaan biasanya didukung oleh strategi yang baik dan penerapan yang baik. Strategi-strategi bisnis yang dijalankan yang merupakan kunci sukses grup Orang Tua dan ABC meliputi inovasi, sadar akan kekuatan merek, fokus bisnis, kekuatan distribusi, dan visioner. Kelima elemen ini sangat dipegang teguh oleh grup Orang Tua dan ABC. Strategi-strategi ini diimplementasikan dengan baik dalam menjalankan perusahaan. Sehingga akhirnya perusahaan bisa berhasil seperti sekarang ini.


D. Inovasi Orang Tua dan ABC

Strategi pertama yang membuat keberhasilan bagi GOT dan ABC yaitu inovasi. Inovasi adalah suatu barang, jasa, atau ide yang dipersepsikan baru oleh seseorang. Inovasi itu sangat diperlukan terutama untuk memenangkan persaingan dengan competitor. Jika perusahaan itu bisa melakukan inovasi yang lebih baik dan lebih cepat maka kemungkinan untuk menguasai pasar akan lebih besar. Hal ini karena perusahaan itu bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi first entry.


Selain itu dengan inovasi biasanya perusahaan akan lebih memahami kebutuhan dan keinginan dari konsumennya. Seperti yang kita ketahui yang terpenting dalam kegiatan pemasaran adalah kita menentukan terlebih dahulu siapa konsumen kita. Dengan mengetahui siapa konsumen kita maka kita akan menghasilkan sesuatu yang dinginkan oleh konsumen. Begitu pula inovasi yang dilakukan harus sesuai dengan target konsumen yang dibidik.


Inovasi itu diperlukan untuk mengembangkan produk baru untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan karena biasanya pelanggan sangat cepat untuk kebutuhan dan terhadap produk baru. Dan ada kecenderungan pelanggan menyukai produk baru daripada produk lama. Jadi perusahaan harus mengembangkan produk baru jangan sampai produk-produknya itu obsolence bagi pelanggan. Pengembangan produk baru itu bisa melalui akuisisi atau dengan development.


Akuisisi produk baru ada tiga bentuk yaitu dengan membeli dari perusahaan lain, dapat dengan memperoleh paten dari perusahaan lain, dan dari membeli License atau Francise dari perusahaan lain. Untuk development ada dua bentuk yaitu dengan mengembangkan produk di laboratorium sendiri dan dapat dengan melakukan kontrak dengan peneliti independent atau perusahaan pengembangan produk baru untuk mengembangkan produk baru tertentu.


Pengembangan produk baru umumnya merupakan suatu aktivitas untuk peningkatan produk yang sudah ada. 6 kategori produk baru yaitu :

  1. Produk yang benar-benar baru bagi dunia

  2. Lini produk baru

  3. Tambahan pada lini produk yang telah ada

  4. Perbaikan dana revisi produk yang ada

  5. Repositioning

  6. Pengurangan biaya


Untuk mengembangkan produk baru yang inovatif, grup Orang Tua ini memiliki divisi khusus yang disebut Research & Innovation Center (R&I). Keberhasilan inovasi yang dilakukan oleh grup ini misalnya mereka berhasil meluncurkan Formula Matric yaitu pelopor sikat gigi bertenaga baterai yang kemudian diikuti oleh Unilever, sikat gigi dengan tangkai berbahan karet dimana sekarang disain produk itupun ditiru oleh pesaing-pesaingnya, dan yang terbaru sekarang adalah sikat gigi yang bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa kemanapun. Grup ABC unggul karena menjadi pionir di pasar nasional. Mereka menjadi first entry di pasar nasional.


E. Pembangunan Merek-merek GOT DAN ABC

Strategi kesuksesan yang kedua yang diterapkan adalah sadar akan kekuatan merek (Brand). Brand as “a name, term, sign, symbol, or design, or a combination of them, intended to identify the goods or services of one seller group of sellers and to differentiate them from those of competitors (Kotler, 2006 : 256). Branding telah menjadi prioritas pemasaran. Brand memerankan peran penting dalam kegiatan pemasaran. Branding membedakan barang dari satu produsen terhadap produsen lain. Brands memerankan peran dalam meningkatkan kehidupan konsumen dan meningkatkan nilai financial dari perusahaan.


Branding adalah tentang penciptaan perbedaaan terhadap suatu produk. Brand itu dinilai dari persepsi konsumen terhadap produk itu.

Brand juga memerankan peran yang lain yaitu :

1. Brand mengidentifikasi sumber atau pembuat produk dan mengijinkan konsumen baik individu maupun organisasi untuk memberikan tanggung jawab kepada manufacture atau distributor tertentu.

2. Brand juga mengerjakan fungsi-fungsi yang bernilai bagi perusahaan, misalnya memudahkan penanganan atau pelacakan produk, brand juga menawarkan perusahaan perlindungan legal untuk feature-feature atau aspek-aspek unik dari produk.

3. Brand mensignalkan level kualitas tertentu sehingga pembeli yang puas dapat dengan mudah memilih produk lagi.


Keluarga Djojonegoro ini sangat concern dengan merek dari produk-produk mereka. Oleh karena itu, grup ini berani mengeluarkan banyak uang untuk membuat merek mereka dikenal oleh konsumen. Mereka melakukan berbagai upaya promosi yang bertujuan untuk membuat Brand Awareness yang kuat terhadap produk-produk mereka. Brand Awareness is consumer’s ability to identify the brand under different conditions (Kotler, 2006 : 268).


Dalam membangun brand perusahaan harus memilih elemen-elemen yang tepat yang harus disertakan. Brand elements are those trademarkable devices that serve to identify and differentiate the brand (Kotler, 2006 : 263). Brand elements itu dipilih untuk membangun sebanyak mungkin brand equity. Brand Equity is the added value to products and services (Kotler, 2006 : 258).


Kunci branding adalah bahwa konsumen tidak berfikir bahwa semua merek dalam kategori itu sama. Jadi produsen harus bisa memberilkan nilai yang berbeda dari produknya dibanding merek pesaing. Produsen harus menyampaikan nilai yang benar-benar diinginkan konsumen yang memenuhi keinginan mereka.


F. Komunikasi Merek GOT dan ABC

Untuk bisa membangun merek dengan baik, GOT dan ABC melakukan berbagai cara pengkomunikasian terhadap merek mereka. Kegiatan pengkomunikasian merek yang mereka lakukan yaitu ndengan Integrated Marketing Communications yaitu dengan advertising , sales promotion, events and experiences, public relations and publicity, direct marketing, dan personal selling.


Advertising adalah any paid form of nonpersonal presentation and promotion of ideas, goods, or services by an identified sponsor. Advertising yang dilakukan oleh GOT dan ABC yaitu di televisi, radio dan print ad dari produk-produknya. Advertising yang dilakukan oleh grup ini terbilang sangat gencar. Sering kita jumpai iklan dari grup ini di televisi misalnya produk wafer tango, kiranti, kratingdaeng, mi kare, sikat gigi dan pasta gigi formula dan masih banyak produk lainnya.


Sales promotions adalah a variety of short-term incentives to encourage trial or purchase of a product or service. Sales promotion yang dilakukan misalnya terhadap para retailer dengan adanya undian berhadiah bagi para retailer. Grup ini juga melaksanakan events dan experiences terhadap produk mereka. Events and experiences - company-sponsored activities and programs designed to create daily or special brand related interactions. Misalnya dalam memperkenalkan mi kare kepada konsumen, produk ini memperkenalkan program mencoba mi kare di terminal busway Jakarta, dengan menjadi sponsor utama program Indonesian Idol di acara televisi, dan program lainnya.


G. Fokus Usaha

Strategi yang ketiga adalah fokus bisnis yang dilakukan oleh grup orang tua. Pola konglomerasi yang grup ini kembangkan adalah konglomerasi yang tidak menyimpang satu sama lain. Perluasan terhadap unit bisnisnya dibuat dengan diversifikasi unit bisnis yang berhubungan satu sama lain. Dengan strategi ini perusahaan tidak akan terpecah-pecah. Bisnis-bisnis dari grup ini yaitu consumer goods dan barang- barang kebutuhan sehari-hari mulai dari toiletries, baterai, makanan dan minuman.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda