Senin, 05 April 2010

Umat Islam Saleh Berdayaguna - Buku


Umat Islam Saleh Berdayaguna - Buku

Buku Bagus Untuk Dibaca:


Buku : Saleh Tapi Tak Berdaya Guna

Muhammad bin Hasan Aqil Musa Syarif

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang Mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.” [Al-Qur'an Surat (9) at-Taubah : 111]

Saleh tapi Tak BerdayaGuna

banyak orang saleh di sekitar kita. Diantara mereka ada yang ahlul'-ibadah (gemar beribadah), faqih (berilmu pengetahuan luas), cerdas, memiliki keahlian tertentu dan potensi-potensi lain yang signifikan. Peran mereka sangat dibutuhkan guna menopang amar ma'ruf nahi munkar dan mengangkat derajat kaum muslimin menuju izzul-Islam wal-Muslimin.

Namun sayang, banyak dari mereka yang kesalehannya masih sebatas kesalehan individu dan belum bernilai sosial. Potensi besar mereka belum berdayaguna padahal umat sangat berharap kepada mereka. Mengapa mereka belum berdaya guna? Buku ini mengungkap fenomena ketidakberdayaan mereka, sebab-sebab ketidakberdayaan dan bagaimana mengobatinya.

Buku ini merupakan kritik terhadap mereka yang saleh dan memiliki potensi bagus namun tidak berdayaguna, juga terhadap aktivis dakwah yang stagnan 'mandeg' di tengah jalan serta menjadi nasehat bagi kaum Muslimin pada umumnya. Selamat membaca!

Buku : Saleh Tapi Tak Berdayaguna

Dr. Muhammad nin Hasan Aqil Musa Syarif

Judul Asli : Ajzuts-Tsiqat

Penerbit : Darul-Andalus al-Khadhra, Jeddah

cetakan pertama, 1419 H / 1998 M

Penerjemah : M. Misbach

Penerbit : ROBBANI PRESS

Jl. Raya Condet No. 27B

Batuampar Jakarta

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

Peganglah dengan sungguh-sungguh apa yang telah kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada di dalamnya agar kamu bertakwa” [Al-Qur'an Surat (2) al-Baqarah : 63]

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ketidakberdayaan dan kemalasan ... “

Al-Faruq radhiyallahu 'anhu berkata :

Aku berluindung kepada Allah dari semangatnya orang yang durhaka dan ketidakberdayaan seorang tsiqah.”

Abu Taman rahimahullah berkata :

Aku tidak melihat aib di antara aib-aib manusia

...

Seperti kekurangan orang-orang yang mampu mencapai kesempurnaan ... []

PENGANTAR PENERBIT

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikutinya hingga akhir zaman.

Ketidakberdayaan adalah wujud ketidakmampuan seseorang mengaktualisasikan potensi dirinya, baik dalam perkara duniawi maupun agama. Ketidakberdayaan bisa juga dalam bentuk menunda dari apa yang ingin dilakukannya. Fenomena ini banyak kita temui di tengah-tengah masyarakat kaum Muslimin. Tidak sedikit dari mereka adalah pribadi yang secara individu tergolong shaleh, cerdas, memiliki skill bagus dan potensi-potensi lain yang signifikan. Tentunya keberadaan mereka adalha asset umat yang bila tidak diberdayakan akan memperlambat proses kebangkitan Islam dan mgnurangi derajat umat Islam di hadapan umat lain. Sebaliknya bila diberdayakan akan memacu umat dalam menapaki kebangkitannya dan mengangkat derajat mereka.

Namun fenomena yang banyak kita dapati, dari sekian banyak individu shaleh masih banyak yang belum memaksimalkan potensi dirinya. Ini kerugian besar umat Islam. Dan kami mencoba memberikan sumbangsih atas problematika tersebut dengan menerbitkan buku ini.

Harapan kami terbitnya buku ini merupakan amal shalih yang bisa dirasakan kemanfaatannya bagi umat.

Jakarta, Agustus 2007

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda