Sabtu, 05 Januari 2008

BATU BARA SEBAGAI SUMBER ENERGI MASA DEPAN

IV.6 Batu Bara dan Energi Pengganti

Pembangunan berkelanjutan dan penggunaan energi pengganti akan memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja lingkungan dari produksi energi masa depan.meskipun demikian, ada sejumlah halangan praktis dan ekonomis yang signifikan yang membatasi perkiraan pertumbuhan dari energi pengganti.


Energi pengganti dapat berganti atau tidak dapat diperkirakan dan tergantung kondisinya yang berarti bahwa energi pengganti tergantung pada lokasi. Misalnya energi angin, sangat tergantung pada kencang tidaknya hembusan dan kekuatannya tidak permanen. Listrik yang dibangkitkan oleh batu bara dapat membantu mendukung pertumbuhan energi pengganti dengan menyeimbangkan keterputusan dalam catu daya. Batu bara dapat memberikan listrik yang nyaman dan murah sementara energi pengganti dapat digunakan pada saat beban puncak.


Teknologi bartu bara bersih mampu meningkatkan kinerja lingkungan pembangkit listrik tenaga uap, perannya sebagai sumber energi yang terjangkau dan tersedia memberikan manfaat lingkungan hidup yang lebih baik dengan mendukung pengembangan energi pengganti.


BAB V

BATU BARA SEBAGAI SUMBER ENERGI MASA DEPAN


V.1 Prediksi Kondisi Masa Depan

Dalam jangka waktu 25 tahun ke depan , diperkirakan bahwa kebutuhan energi global akan meningkat sebesar hampir 60%. Dua pertiga dari kenaikan tersebut akan berasal dari negara-negara berkembang – pada tahun 2030 kebutuhan akan energi negara-negara tersebut akan berjumlah hampir setengah dari seluruh kebutuhan energi.


Meskipun demikian, banyak dari penduduk miskin di dunia yang belum bisa menikmati energi modern dalam waktu 25 tahun tersebut. Tingkat pengadaan listrik di negara-negara berkembang akan naik dari 66% pada tahun 2002 ke 78% pad tahun 2030. Namun, jumlah total penduduk yang tidak memiliki listrik hanya akan sedikit berkurang, dari 1,6 milyar ke sedikit di bawah 1,4 milyar di tahun 2030 karena pertumbuhan penduduk yang masih cukup tinggi.1


Gambar 5.1 Jumlah orang tanpa listrik di negara berkembang (jutaan)


Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, dan sebagi bentuk upaya untuk meningkatkan akses ke energi bagi negara-negara berkembang, maka seluruh bentuk energi akan di butuhkan. Ini termasuk batu bara, gas, minyak bumi, nuklir, air, energi pengganti lainnya.


V.2. Peran Batu Bara di Masa Depan

Sebagai bahan bakar yang paling penting untuk membangkitkan listrik dan masukan vital dalam produksi baja, batu bara akan memainkan peran yang penting dalam memenuhi kebutuhan energi masa depan.


Dalam perkembangan selanjutnya, diprediksi kebutuhan batu bara dan peran vitalnya dalam sistem energi dunia akan tetap eksis dan terus berlanjut. Di ramalkan pula bahwa kenaikan kebutuhan pengguanaan batu bara pada masa mendatang, akan dialami oleh negara-negara Asia, dimana Cina dan India saja menguasai 68% dari kenaikan tersebut.2


Sejalan dengan makin berkurangnya cadabngan minyak dunia, sementara kebutuhan akan energi yang berasal dari minyak menunjukan perkembagan yang makin menaik, peran batu bara sebagai sumber enegri pengganti akan makin terlihat.


Dengan ketersediaan cadangan yang melimpah, terjangkau dan tersebar secara geografis, batu bara akan memainkan peran yang sangat vital di dunia. Dengan alasan, pasokan yang dapat diandalkan dari energi yang terjangkau merupakan hal yang penting bagi perkembangan dunia.


Gambar 4.2 Kebutuhan Batu Bara DuniaBerdasarkan Sektot tahun 2002


Gambar 4.3 Kebutuhan Batu Bara Dunia Berdasarkan Sektor tahun 2030


Oleh karena itulah, inovasi teknologi memungkinkan pemenuhan kebutuhan akan energi tersebut, seiring denag makin berkurangnya dampak negaif yang akan diterima oleh masyarakat dunia. Misalkan Eropa, Jepang, AS dan Selaindia Baru telah memiliki program hidrogen aktif dan mempertimbangkan batu bara sebagai pilihan untuk menghasilkan hidrogen tersebut.


1 Sumber daya batu bara: Tinjauan lengkap mengenai batu bara.2004.WCI. halaman: 39

2 Di sarikan dari berbagi sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda