Sabtu, 23 Juni 2012

Sistem Islam - Sistem Hukum Islam - Sistem Syariah


Sistem Islam kita



“Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya.” [Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim]

Perilaku dan sistem Islam berkebalikan dengan sistem kufur barat

Meski masyarakat barat makmur secara ekonomi dibanding yang lain, banyak orang telah mengidentifikasi penurunan progresif. Bahkan Melanie Phillips, seorang komentator anti-Islam, menulis di Maret 2008: "Dengan mabuk-mabukan yang mewabah, penyalahgunaan narkoba dan kejahatan, dekadensi adalah motif penentu zaman kita. Kebebasan, hedonisme dan egoisme menjadi pranata hari ini."

Dengan kondisi tragis ini (yang tak terhindari) kaum Muslim yang berpegang pada Islam bisa memberikan dakwahnya sebagai solusi bagi masyarakat - menjadi sebuah mercusuar bagi orang lain. Orang-orang mungkin merindukan untuk memiliki masyarakat yang baik dan adil, dan ingin menghormati nilai-nilai pokok Islam. Namun sistem yang ada di negara dan masyarakat sama sekali tidak mempromosikan atau melindungi nilai-nilai mulia Islam ini. Sungguh, berbagai lapisan sistem hukum kufur, jalan hidup sekular liberal-lah yang secara aktif menyebabkan bermacam kerusakan ini.

Materialisme dan individualisme telah menggiring pada tingginya tingkat kejahatan, perilaku antisosial, rasisme, dan kehancuran kehidupan keluarga. Semua itu menunjukkan bahwa masyarakat liberal sangatlah jauh dari masyarakat adil, toleran, tentram dan baik yang orang-orang idamkan.

Orang-orang tidak lagi merasa aman di pusat-pusat kota. Pelecehan dan pengejekan pada orang lain (bahkan oleh para orangtua dan guru) dan pada Islam (akidah dan sistemnya) ada secara luas. Di Inggris, para politisi berbohong dan terjangkit kasus-kasus korupsi. Media massa menghasilkan uang dari menjual berbagai kebohongan dan skandal. Jadi, nilai-nilai kejujuran dan moralitas tergilas sejak dari atas.

Masyarakat tidak lagi peduli permasalahan umat; persaudaraan Islam telah menghilang. Di Inggris, ribuan orang tua meninggal setiap tahun dalam kesendirian.

Jika kaum Muslimin mengadopsi nilai-nilai dan sistem barat, yang akan terjadi adalah kemerosotan moral, perilaku dan kezaliman yang sama yang menghancurkan umat Islam.

Perilaku dan pola sikap Islam adalah bagian dari ahkam Syariah

Ini artinya bahwa prinsip-prinsip Islam adalah tetap dan absolut mengenai hal-hal ini. Kita tidak bisa meninggalkannya hanya karena tekanan sosial, tren atau fesyen terbaru, budaya yang ada atau budaya di barat, tidak juga demi profit. Berkebalikan dengan sekular liberal, Islam mempromosikan kewajiban dalam hal:

v  Menghormati orangtua dan guru - BUKAN perilaku tidak menghormati dan antisosial.
v  Perhatian dan tanggung jawab terhadap para tetangga dan kerabat - BUKAN membiarkan mereka dalam kejahiliyahan.
v  Menerima saudara-saudara kita sesama Muslim meski berasal dari negeri lain - BUKAN memperlakukan mereka sebagai orang asing dan orang luar.
v  Mengatakan yang benar, jujur dan memenuhi janji - BUKAN berpikir mencari keuntungan sesaat, tujuan menghalalkan cara haram.
v  Ikhlas semata karena Allah - BUKAN menanyakan apa keuntungan duniawi bagiku.
v  Memperlakukan semua orang dengan pantas dan adil tanpa memandang ras atau nasionalitas - BUKAN berpikir jahiliyah bahwa negara bangsa yang diutamakan dengan mengabaikan sistem Islam.

Umat kita tidaklah kebal terhadap efek-efek masyarakat umumnya

Sayang sekali, dengan fakta bahwa banyak nilai-nilai kufur secara halus diserap di sekolah atau dari media massa, kaum Muslim telah menjadi semakin terpengaruh kekufuran itu. Di Inggris, penyalahgunaan narkoba, kejahatan remaja, dan kehamilan remaja semakin menjadi problem bagi orang-orang Islam di sana.

Alasan dari hal ini adalah bahwa Islam ditampilkan seringkali secara tradisional tanpa pikiran dan  hubungan dengan realitas generasi muda kita dan tanpa menunjukkan akidah dan syariah Islam sebagai solusi tuntasnya (termasuk Khilafah sebagai pelaksana sistem Islam). Jika kita tidak secara proaktif membangun pemahaman dan kesadaran Islam yang utuh pada generasi penerus, tidak diragukan nilai-nilai dan sistem kufur akan mengakar di antara pemuda kita.

Jalan kita untuk maju:

Umat Islam harus memahami, mengadopsi dan kemudian mempromosikan akidah dan syariah Islam - di rumah kita, sekolah, kelompok studi, masjid, dan madrasah.
Umat Islam harus memahami hakekat nilai-nilai dan sistem taghut; bagaimana itu berkontradiksi dengan Islam; dan bagaimana itu telah mengakibatkan berbagai kerusakan masyarakat.
Pemikiran Islam mengenai Tauhid, takwa, kehidupan, kematian, akhirat, pertanggungjawaban, pahala dan dosa harus diajarkan dengan cara yang menginspirasi kaum muda kita dan membuat mereka merindukan ridho Allah Swt.
Kita harus memahami bahwa Akidah Islam adalah jalan untuk membebaskan diri kita dari kesempitan dan kerendahan menghamba pada nafsu diri sendiri.
Akhlaq dan adab Islam harus dipegang dan ditunjukkan bagaimana itu membawa kebaikan bagi manusia: menghormati orangtua, baik kepada tetangga, mengatakan kebenaran, menjaga pandangan, menghindari makanan-minuman haram, menghormati wanita, menjaga pernikahan dan memiliki kebaikan hati semuanya adalah nilai-nilai yang dicontohkan dalam Sunnah Nabi Saw. yang umat Islam perlu tunjukkan dalam kata dan perbuatan.
Kita harus hidup sebagai contoh perilaku ini, bukannya mengadopsi nilai-nilai kufur yang telah banyak orang termasuk non-Muslim ketahui keburukannya.
Hanyalah dengan hidup atas dasar Islam kita bisa layak menjadi contoh bagi yang lain, bahwa kita bisa menunjukkan Islam sebagai solusi hakiki satu-satunya atas semua problem manusia.

Kerja Hizbut Tahrir dengan kaum muda

Di tingkat praktis Hizbut Tahrir bekerja di antara generasi muda sejak lama. Melalui proyek-proyek pemuda, pengajian (halqoh), dan perbincangan; para pemuda telah dijauhkan dari kehidupan narkoba dan kerendahan menuju keindahan Islam.

“Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal." Sesungguhnya jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman. Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan (tidak untuk pelanggaran), dan tidak kikir (mau berinfak kebaikan), dan adalah di tengah-tengah antara yang demikian. Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barangsiapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya. Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya. Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat- ayat Tuhan mereka, mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang- orang yang tuli dan buta. Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam syurga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya,“ [Terjemah Makna Qur'an Surat (25) al-Furqan 63-75]


1 komentar:

  1. assalam mualaikum afwan
    mohon ijin untuk mentela'ah kitabnya..
    jazakallah bilkhair,,,

    BalasHapus

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda