Minggu, 01 Juni 2008

Cara Menjaga Password

Anda mungkin mengerti pentingnya data di komputer Anda, tapi banyak yang tak sadar beberapa kebiasaan bisa membuat passwordnya mudah ditebak. Misalnya: menyebutkan password di depan umum dan membuatpassword hanya dengan satu karakter berulang atau karakter berurutan. Perlu diingat, jika ada masalah dengan akses dari user-id Anda, yang paling bertanggungjawab adalah Anda.


ketentuan penggunaan user dan password, sebagian adalah:

  • Semua pengguna tak boleh memberitahukan atau meminjamkan user account dan password mereka ke orang atau pihak lain dengan cara apapun baik melalui email, telepon, petunjuk bentuk email (‘my family’), dan dilarang mencatat atau menyimpan ke dalam alat seperti agenda, palm, handphone, dan lainnya.


  • Jika user account dan password telah atau dicurigai telah diketahui orang atau pihak lain, pengguna harus secepatnya memberitahu atasannya.


  • Password dianjurkan merupakan campuran/ kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, angka, spesial karakter (&%$)#%, dll.) dan panjang minimum 8 karakter.
  • Bedakan password untuk setiap aplikasi yang diberikan.


Password memang bukan solusi total tapi setidaknya password dapat mempersulit akses orang yang tidak berwenang, untuk itu jangan share password Anda, buat password Anda tak mudah ditebak dan sering ubah password Anda.


#1: Jangan Share Password Anda

Beberapa orang dengan gampangnya menyebutkan password ke teman bahkan diteriakkan di depan umum. Ini membuka kesempatan bagi mereka yang mendengar untuk dapat mengakses data di komputer Anda, bahkan secararemote.


Jika memang diperlukan, cukup lakukan seperti yang dilakukan supervisor teller di bank, datangi dan ketik sendiri password tersebut, kemudian segera logout/ keluar dan catat/awasi penggunaan akses yang Anda berikan.


Tips jika Anda terpaksa harus share password Anda:

  1. Anda harus ingat penggunaan user-id atau password Anda adalah tanggung jawab Anda. Sebelum Anda share, pastikan password tidak disebut ulang dan tidak di-share ke yang lain.


  1. Gunakan orang ketiga, di mana password dipecah menjadi 2 bagian, masing-masing di share ke orang yang berbeda. Jika harus dicatat, musnahkan catatan password itu sesegera mungkin.


  1. Jika per telepon, Anda katakan user-id-nya dengan jelas, lalu minta ia dan orang ketiga tunggu sms. Jika satu lokasi, ketik password itu di komputer yang bersangkutan, jika harus ditinggal, gunakan orang ketiga.


  1. Catat tanggal penggunaan dan pemakaian user-id dan password Anda, jika diperlukan di Oracle, khusus level Head Of ke atas, Anda bisa minta log penggunaan user-id Anda ke DBA/SysAdmin.


  1. Ubah password sesegera mungkin dan jangan mengikuti pola sebelumnya, misalnya hanya mengubah karakter terakhir atau angkanya.


#2: Buat Password Anda Tak Mudah Ditebak

Beberapa orang membuat password dengan alasan susah diingat, menggunakan satu karakter berulang atau berurutan. Hal ini tentu memudahkan orang lain bahkan orang yang tidak mengenal Anda untuk menebak password tersebut.


Ada yang membuat membuat kesalahan dengan menggunakan password yang unik, hanya diketahui dirinya sendiri atau paling tidak dia pikir demikian. Sebagai contoh mereka gunakan nomor account bank, NIK, nama anjing kesayangannya atau nama tengah bayinya. Ini adalah contoh password yang lemah. Seseorang yang mengenal Anda dapat dengan cepat menebakpassword Anda dan mengakses data Anda.


Password akan semakin kuat dengan mengikuti pedoman sebagai berikut:

  • Memiliki minimum 8 karakter.

  • Menggunakan huruf besar, angka dan tanda-tanda khusus di tengah password.

  • Terdiri dari karakter-karakter (huruf/angka/tanda) yang random.

  • Tidak mengulang karakter.

  • Tidak menggunakan karakter yang berurutan seperti 123 atau abc.

  • Tidak memiliki pola.

  • Tidak memiliki kata atau nilai yangfamiliar untuk Anda.

  • Simpan password Anda di tempat yang paling aman, yaitu di kepala Anda, jangan ditulis di Post-It lalu ditempel di monitor Anda. Mungkin Anda tertawa, tapi Anda akan terkejut karena ternyata banyak yang melakukan hal tersebut tanpa memikirkan konsekuensinya.


Ingat saja bahwa password biasanya case-sensitive. Ubah password secara teratur, perubahan setiap 2 minggu termasuk tidak terlalu sering.(BRS)


Tips MENJAGA PASSWORD ANDA yang AMAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda