Kamis, 05 Juni 2008

penetapan harga. strategi harga produk

Faktor Dalam Penetapan Harga

Setiap perusahaan berusaha menetapkan harga yang paling tepat, supaya dengan kebijaksanaan penetapan harga memberikan keuntungan yang baik. Kebijakan penetapan harga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan baik dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Adapun faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam penentuan harga jual bagi suatu produk berdasarkan pendapat Kotler ( 1996 ) adalah :

1. Kondisi Pasar

Persaingan sangat mempengaruhi penetapan harga dan merupakan alat pemasaran. Harga yang ditetapkan oleh pesaing biasanya menjadi tolak ukur penetapan harga. Saat ini kondisi pasar t-shirt sangat kompetitif, terbukti dengan bermunculan merk produk. Adapun merk yang ada di pasaran adalah Ie-bi, Cresida, Kenji, MCB, Metalizer, V-easy. Kompetitor satu dengan yang lain berusaha mendapatkan konsumen yang banyak.

2. Harga Produk

Dalam penentuan harga sebaiknya perusahaan mengenal harga pesaing yang ada di pasaran (price awareness) dan harga yang diberikan konsumen. Harga jual yang diterapkan oleh PT Mondrian dengan menggunakan metode Cost Plus Percentage of Cost Pricing yaitu dengan menambah persentase yang diinginkan oleh perusahaan.

3. Elastisitas Permintaan dan besaran permintaan.

Yang dimaksud dengan elastisitas adalah untuk mengetahui berapa besar permintaan yang disebabkan harga. ...................

Disamping itu sangat diperlukan respon konsumen terhadap perubahan harga yang dikaitkan dengan penggunaan produk....................

4. Menetapkan tujuan harga

Dalam menetapkan tujuan harga produsen menghubungkan dengan strategi perusahaan secara menyeluruh. Umumnya tujuan penetapan harga adalah

a. Memaksimalkan penjualan dan penetrasi pasar

b. Mempertahankan kualitas dan differensiasi layanan

c. Memaksimalkan keuntungan.

5. Differensasi dan Life Cycle Produk.

Dalam memenangkan pasar bagi poerusahaan tentunya sangat dibutuhkan perbedaan dengan produk kompetitor. Misalnya dalam aspek kualitas, pelayananan, dan faktor lainnya . pengenalan posisi produk yang dikaitkan dengan waktu dan besarnya penjualan. Dengan pengenalan dan pemahaman kondisi produk maka produsen akan lebih mudah dan bebas menentukan tarif.

4.2. Strategi Produk

Produk yang dijual oleh perusahaan seharusnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga konsumen akan merasa puas. Dengan kepuasan konsumen itulah perusahaan akan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya apabila konsumen tidak merasa puas terhadap produk yang dibelinya maka mereka akan meninggalkan perusahaan kita dan kita akan kehilangan langganan serta akhirnya kita akan menderita kerugian.

Jadi kepuasan konsumen haruslah menjadi dasar utama bagi perancangan strategi produk. Dengan demikian produsen atau penjual harus menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, bukanlah sebaliknya konsumen atau pembeli yang harus menyesuaikan diri dengan produk yang tersedia di pasar.

Produk yang ditawarkan oleh PT Mondrian mempunyai merk, design, maupun model yang berbeda dengan produk lain. Produk yang ditawarkan oleh konsumen adalah produk spring bed dengan beragam ukuran serta design yang menarik, alternatif warna yang beragam.

Strategi produk yang telah dilaksanakan oleh perusahaan selalu dievaluasi apakah sudah sesuai dengan selera serta keinginan konsumen yang mana keinginan dan selera ini akan selalu mengalami pergeseran serta perkembangan. Strategi produk yarig dilaksanakan selama ini sudah bagus dan perlu dipertahankan, akan tetapi mungkin pula sudah kurang tepat dan harus diganti dengan strategi produk yang baru, sesuai dengan hasil evaluasi tersebut.

Dalam dunia bisnis yang semakin penuh persaingan maka perencanaan strategi produk menduduki posisi yang sangat menentukan terhadap keunggulan persaingan(competitive advantage) yang dimiliki oleh perusahaan itu. Strategi produk yang tepat akan menempatkan perusahaan dalam suatu posisi persaingan yang lebih unggul dari para pesaingnya.

Hal ini disebabkan karena strategi produk yang tepat akan menciptakan kondisi bahwa produk yang dipasarkannya itu akan dapat menjual dirinya sendiri. Oleh karena itu tnaka strategi produk haruslah dilaksanakan dengan seoptimal mungkin sesuai dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

4.3. Strategi Harga

ANEKA CAHAYA CEMERLANG perlu memikirkan tentang penetapan harga jual produknya secara tepat karena harga yang tidak tepat akan berakibat tidak menarik para pembeli untuk membeli barang tersebut. Penetapan harga jual barang yang tepat tidak selalu berarti bahwa harga haruslah ditetapkan rendah atau serendah mungkin.

Seringkali kita jumpai bahwa apabila harga barang tertentu itu rendah maka banyak konsumen justru tidak senang karena dengan. harga yang murah membuat semua orang akan dapat membelinya dengan demikian berarti semua orang dapat memakai barang tersebut.

Kondisi ini kadangkala membuat sebagian golongan orang tidak tnenyenangi kondisi tersebut di atas. Mereka lebih senang bahwa barang yang dipakai tidak banyak orang menggunakannya dan hal ini berarti barang tersebut haruslah dengan harga yang cukup tinggi. Dengan harga yang tinggi maka tentu saja hanya orang-orang tertentu saja yang mampu untuk membeli barang tersebut.

Sehingga tidak banyak orang yang memakai barang itu. Harga jual yang rendah akan memberikan kepuasan bagi golongan orang yang sering disebut sebagai golongan "Economic Man" atau manusia-tnanusia yang senang pengiritan.

Bagi orang yang memiliki sifat "Psychologic Man" yaitu manusia yang bergengsi maka banyak yang tidak menyenangi barang-barang yang berharga murah. Orang-orang macam begini menganggap barang yang harganya murah itu sebagai "barang murahan" sehingga mereka tidak menyenanginya karena tidak sesuai dengan seleranya. Orang-orang yang bergengsi tinggi itu menyenangi barang yang bergengsi pula dan barang yang bergengsi tentu saja harganya tinggi juga.

Oleh karena itu ANEKA CAHAYA CEMERLANG dalam menentukan harga jual memikirkannya dengan sangat cermat. Dalam strategi harga ANEKA CAHAYA CEMERLANG mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga tersebut, seperti dasar biaya, faktor konsumen, keadaan perekonomian dan tingkat persaingan, sehingga harga produk spring bed yang ditawarkan oleh ANEKA CAHAYA CEMERLANG relatif terjangkau. Biaya perolehan produk yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan produk spring bed tersebut tentu saja akan menjadi pertimbangan utama bagi pimpinan ANEKA CAHAYA CEMERLANG dalam menentukan harga jual produknya itu.

Harga jual yang ditetapkan dibawah biaya perolehannya tentu saja akan mendatangkan kerugian bacji perusahaan. Sebaliknya harga jual yang ditetapkan diatas biaya perolehannya tentu akan menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu ANEKA CAHAYA CEMERLANG menggunakan dasar penetapan harga jual produknya adalah atas dasar biaya erolehannya ditambah dengan margin keuntungan yang diinginkannya.

Cara penetapan harga yang mendasarkan diri pada biaya produksi dengan menambahkan persentase tertentu keuntungan yang diinginkan ini sering disebut "Cost-Plus Pricing" atau juga dikenal sebagai nMa.rk-Up Pricing". Berdasarkan pendekatan ini harga dperhitungkan dengan melihat variabel biaya sebagai penentu utama, Dalam hal ini biaya (biaya perolehan/pembelian, biaya penjualan, biaya tetap, biaya variabel dan sebagainya) diperhitungkan terlebih dahulu baru ditetapkan harga yang diperlukan.

Dalam hal-hal tertentu penetapan seperti di atas kurang berhasil. Hal ini disebabkan mungkin cara penetapan harga demikian tidak sesuai dengan selera dan keinginan konsumen. Mungkin konsumen tidak senang dengan Harga jual yang rendah meskipun biaya perolehannya sebenarnya rendah.

Sebaliknya dalam kondisi tertentu dimana konsumen masih perlu diperkenalkan dahulu dengan produk tersebut, meskipun biayanya tinggi perlu diberlakukan harga jual yang rendah. Dengan demikian maka perlu penetapan harga jual atas dasar yang lain yaitu atas dasar kondisi selera konsumen atau permintaan konsumen.

Apabila selera atau permintaan konsumen menghendaki rendah sebaiknya harga jual juga harus ditetapkan rendah dan sebaliknya apabila konsumen menghendaki harga jual tinggi maka sebaiknya harga jualnya tinggi pula. Penetapan harga seperti tersebut merupakan penetapan harga atas dasar selera atau permintaan konsumen. Dengan menetapkan harga tertentu maka akan terbentuklah citra atau image tertentu dari konsumen kepada perusahaan.

Penetapan harga yang tinggi akan membentuk image bahwa barang tersebut adalah barang yang bagus dengan kualitas tinggi serta merupakan barang yang biasa dipergunakan oleh masyarakat kalangan atas. Image atau citra yang terbentuk oleh harga yang tinggi itu pada urauranya disebabkan oleh berlakunya hukum "Price Quality Relationship" yang sering disingkat PQR.

Hukum ini mengatakan bahwa produk dengan harga yang tinggi pada umumnya memiliki kualitas yang tinggi pula. Sebaliknya produk dengan harga yang rendah biasanya kualitasnya juga rendah. Berlakunya hukum PQR tersebut merupakan kenyataan yang sering dialami oleh setiap orang, dimana pada umumnya seseorang tidak mengetahui dengan pasti tentang kualitas sesuatu produk.

Dalam hal ini maka kita atau orang pada umumnya akan menggunakan pedoman untuk memilih kualitas produk itu atas dasar harga yang diberlakukan

bagi produk tersebut, yang harganya lebih mahal akan dipandang sebagai produk yang berkualitas lebih tinggi.

Dasar penetapan harga yang lain yang dilakukan ANEKA CAHAYA CEMERLANG adalah atas dasar persaingan. Dalam hal ini perusahaan raenetapkan harga menurut kebutuhan perusahaan dalam hal persaingannya dengan perusahaan lain yang sejenis dan merupakan pesaingpesaingnya. Dalam situasi tertentu kadangkala perusahaan harus menetapkan harga jualnya jauh dibawah biaya perolehannya.

Hal ini dilakukan karena pertimbangan untuk memenangkan persaingan. Cara lain yang dilakukan oleh ANEKA CAHAYA CEMERLANG dalam melawan pesaingnya adalah dengan menerapkan potongan harga atau discount, pembelian secara kredit atau angsuran.

4.4. Metode Penetapan Harga

Perhitungan CoM

Bahan / pcs : 0.27 Kategori : Musl Komb 1

Jumlah : 800 Model : Musl Komb

Jumlah film : 2 Size : Muslim Rmj

Tempat : 2 tempat Ukuran Film : Sedang

Judul : Elysa Bahan Sablon : Rubber

Harga Bahan : 49.500,0

Bahan Baku

Kg

Harga

Rupiah

Kain

216.00

53,365.00

11,526,840.00

Rib

-

54,865.00

0.00

Sub Total Pemakaian Bahan Baku

11,526,840.00

Tenaga Kerja

Kg

Harga

Rupiah

Potong

800.00

130.85

104,680.00

Sablon

800.00

274.38

219,504.00

Jahit

800.00

2,696.53

2,157,224.00

Penyelesaian

800.00

331.70

265,360.00

Fixed Cost

800.00

2,576.07

2,060,856.00

Sub Total tenaga Kerja

4,807,624.00

0.00

Bahan Pembantu

Kg

Harga

Rupiah

Super x

2.00

1,412.50

2,825.00

Ulano x

2.00

1,900.00

3,800.00

Cat

800.00

405.00

324,000.00

Perlengkapan Sablon

800.00

23.64

18,912.00

Benang + Polyester

800.00

308.88

247,104.00

Label

800.00

175.00

140,000.00

Bradil

800.00

75.00

60,000.00

Barcode

800.00

20.23

16,184.00

hangtag

800.00

150.00

120,000.00

Plastik kemas

800.00

151.00

120,800.00

Perlengkapan peny

800.00

22.86

18,288.00

Penambahan plastik & kertas duplek

800.00

50.00

40,000.00

(Assesoris 1) Kain kapas

800.00

450.00

360,000.00

(Assesoris 2) Rits

800.00

475.00

380,000.00

Sub Total Pemakaian Bahan Pembantu

1,851,913.00

Total biaya

18,186,377.00

Risk Value 0 %

18,186,377.00

Cost of Making (CoM)

22,732.97


Daftar Kalkulasi Harga

Nomor

Artikel

Judul

Elysa

Short Style

Ukuran

S, M, L

Tatto

I

Kalkulasi

Data historis

margin Rata-Rata

36 %

Biaya Operasional

13 %

Event Diskon + Prom

4 %

Cost of Fund

1 %

faktor Risiko

0.5 %

Profit

10 %

Total

64.5 %

Cost of Making

35.5 %

II

Penentuan Harga Jual

Pertimbangan :

1. Perhitungan dalam

S

22.732.97

35.50%

64.036.54

M

23,800.27

67,043.01

L

24,333.92

68,546.25

Komb

2. Harga Historical

S

67,500.00

M

70,000.00

L

72,500.00

3.Keputusan Harga

S

67,500.00

M

70,000.00

L

72,500.00

4.3. Harga Jual dari kompetitor

No

Nama Kompetitor

Harga

1

Bege

Rp89,000.00

2

V-easy

Rp68,000.00

3

Metalizer

Rp76,900.00

4

Kenji

Rp62,900.00

5

Ie-bi

Rp89,900.00

6

Cresida

Rp66,900.00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda