Selasa, 12 Februari 2008

Asas-asas Menyusun Organisasi

MANAJEMEN


  1. Asas The Right Man on The Right Place

    • job specification digunakan untuk memenuhi asas ini

    • Right Man terikat oleh waktu. Contoh, jika pada suatu ketika seorang sopir bis mengalami kecelakaan sehingga kaki atau tangannya harus diamputasi maka ia tidak memenuhi job specification lagi sebagai seorang sopir yaitu bahwa sopir tidak diperkenankan mempunyai cacat tubuh yang bisa mengurangi kinerjanya.

  2. Asas Kesatuan Komando

    • Sekelompok jabatan harus di bawah satu komando. Hal ini dimaksudkan untuk:

      • Memperlancar usaha

      • Memperoleh kepastian siapa yang berhak memerintah, memberi instruksi, dan siapa yang harus diberi laporan.

      • Diketahui dengan pasti siapa yang bertanggung jawab jika terjadi kegagalan dan siapa yang akan merasa memiliki jika sukses.

  3. Asas Hierarki
 Hierarki artinya berjenjang. Jadi dalam organisasi harus ada atasan dan ada bawahan (jenjang karier).


  1. Asas Koordinasi
 Orang-orang dalam satu komando, kegiatannya harus saling berkaitan sehingga timbul kerjasama.


  1. Asas Rentang Kendali

    • Kemampuan satu orang untuk mengendalikan anak buah adalah terbatas, sehingga seorang pimpinan tidak boleh mempunyai anak buah terlalu banyak di luar rentang kendalinya.

    • Semakin ke atas, rentang kendali semakin sempit. Semakin tinggi tingkat pendidikan orang yang diatur, rentang kendalinya semakin sempit.

      Kebangkitan Indonesia Hanya Bisa Diraih Dengan Islam

      Monday, May 24th, 2010 | Posted in Analisis | No Comments » Oleh: Ali Mustofa Akbar Ketua RISKI (Remaja Islam Ngruki) Setiap tanggal 20 Mei, biasanya di Indonesia selalu diperingati hari kebangkitan Nasional. Hal ini di dasari oleh sebab berdirinya Boedi utomo (BU). Sebuah organisasi yang di gagas oleh para mahasiswa STOVIA di Jakarta pada tanggal 20 Mei 1908. Konon organisasi ini merupakan tonggak baru perlawanan terhadap penjajah. Seperti halnya [...]
      Baca lebih lanjut »

      BANGKITLAH DENGAN ISLAM!

      Wednesday, May 19th, 2010 | Tags: , , , ,
      Posted in Al Islam | 12 Comments » [Al-islam 507] Setidaknya ada dua peristiwa penting pada pekan ini yang perlu dicatat. Pertama, peristiwa yang terkait dengan sejarah, yakni Hari Kebangkitan Nasional, yang biasa diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tahun ini Hari Kebangkitan Nasional memasuki peringatan ke-102. Artinya, sejak tanggal 20 Mei 1908–tanggal lahirnya organisasi Boedi Oetomo–ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional, perjalanan ’kebangkitan nasional’ [...]
      Baca lebih lanjut »

      OKI: Fobia Islam di Eropa di Ambang Mengkhawatirkan

      Sunday, May 9th, 2010 | Posted in News Luar Negeri | No Comments » WINA-Pimpinan Organisasi Konferensi Islam (OKI), Ekmeleddin Ihsanoglu, memperingatkan meningkatnya Islamophobia di Eropa. Menurutnya, fobia terhadap Islam itu berpotensi menimbulkan “benturan” antara Muslim dan masyarakat di Eropa. Masalah intoleransi terhadap Muslim, katanya, telah “berkembang menjadi akut” di Eropa. Ia menyatakan hal itu dalam pertemuan dengan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) di kantor pusatnya di [...]
      Baca lebih lanjut » 

      Pusat Hak Asasi Manusia: Israel Menahan 340 Anak-Anak Palestina

      Tuesday, April 6th, 2010 | Posted in News Luar Negeri | No Comments » Organisasi hak asasi manusia Palestina, Senin (5/4) mengatakan bahwa Israel menahan 340 anak-anak Palestina, yang tersebar di penjara-penjara Israel. Mereka berada dalam situasi di mana hak-hak mereka dilanggar, dan mereka dihadapkan pada “penyiksaan dan pemukulan.” Pusat Pembelaan Tahanan Palestina mengatakan bahwa 340 anak-anak Palestina “masih ditahan oleh pemerintah pendudukan Israel di penjara-penjara Israel, dan mereka tidak [...]
      Baca lebih lanjut » 

      Mufti Mesir Meminta Ikhwan Beralih Menjadi Organisasi Sosial atau Partai Sekuler

      Sunday, October 11th, 2009 | Posted in News Luar Negeri | 4 Comments » Mufti Republik Mesir, Dr Ali Jam’ah meminta Jamaah Ikhwanul Muslimin untuk berubah, baik menjadi organisasi sosial dengan fokus pada berbagai kegiatan sosial, atau menjadi sebuah partai politik yang tidak berdasarkan agama (sekuler). Dia menegaskan bahwa kebanyakan rakyat Mesir melihat bahwa selama ini Jamaah Ikhwanul Muslimin senantiasa mengeksploitasi dan menggunakan agama untuk mencapai parlemen dan mempengaruhi [...]
      Baca lebih lanjut » 

      Otoritas Saudi Melancarkan Serangan Sistematis Terhadap Hak Asasi Manusia Dengan Alasan Memerangi Terorisme

      Wednesday, September 16th, 2009 | Posted in News Luar Negeri | No Comments » Organisasi Amnesti Internasional menilai bahwa pihak berwenang Arab Saudi telah melancarkan serangan sistematis terhadap hak asasi manusia (HAM) dengan alasan, semua itu dilakukan untuk memerangi terorisme. Organisasi itu mengatakan bahwa “ribuan orang yang hidupnya telah hancur akibat pelanggaran atas hak-hak fundamental mereka; sebagian ditangkap dan ditahan di beberapa tempat rahasia; dan sebagian yang lain tewas dalam [...]
      Baca lebih lanjut »
Jenis-jenis Organisasi

  1. Organisasi Garis

    • Yaitu organisasi di mana wewenang mengalir lurus dari atas ke bawah, sedangkan pertanggungjawaban mengalir lurus dari bawah ke atas.

    • Kelebihan dari organisasi jenis ini adalah bahwa dalam organisasi hanya ada satu pimpinan sehingga setiap orang jelas kepada siapa bertanggungjawab dan dari siapa perintah dating. Selain itu, keputusan bisa diambil dengan cepat karena hanya ada satu pimpinan sehingga perusahaan dapat berjalan lancer.

    • Kekurangan dari organisasi jenis ini adalah bahwa kemampuan satu orang terbatas sehingga keputusan yang diambil belum tentu yang terbaik karena hanya merupakan buah pikiran satu orang.

  1. Organisasi Garis dan Staff

    • Yaitu organisasi garis dengan penambahan staff ahli pada pimpinan-pimpinan yang memerlukan. Staff ahli terdiri atas orang-orang ahli yang berpengetahuan tetapi bukan praktisi.

    • Kelebihan dari organisasi jenis ini adalah menghilangkan kekurangan dari organisasi garis. Dengan adanya staff ahli diharapkan keputusan yang diambil adalah keputusan yang terbaik. Kelebihan yang ada pada organisasi garis juga merupakan kelebihan dari organisasi ini.

    • Kekurangan dari organisasi jenis ini adalah bahwa pengambilan keputusan menjadi lambat karena ada diskusi terlebih dahulu dengan staff ahli. Selain itu, dalam organisasi jenis ini bisa saja terjadi perselisihan antara staff ahli dengan pimpinan yang didampinginya. Perselisihan muncul karena saran-saran dari staff ahli tidak semuanya dipakai oleh pimpinan yang didampinginya. Staff ahli adalah orang berilmu bukan praktisi, sedangkan pimpinan adalah seorang praktisi. Terkadang ilmu dan praktek berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI DIKIRIM KE EMAIL SAYA → Kirim ke alamat email saya:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda

film video Islami

3 keping DVD berisi file-file film-film / video-video Islami:

1. Film Perjuangan Dakwah Rasul SAW. (Disertai penjelasan Perjuangan Rasul Saw. dan Metodenya Dalam Menegakkan Islam) (durasi 63 menit)

2. Film Fakta Sebenarnya Tragedi WTC (9/11) (58 menit)

3. Film Rintihan Umat Islam – Nestapa Umat Islam Zaman Ini dan Perjuangan Umat (43 menit)

4. Film Perjuangan Menyelamatkan Umat – Menyelamatkan Umat Zaman Ini (79 menit)

5. Film Kejayaan Peradaban Islam Era Khilafah 632-1453M (60 menit)

6. Film Kejayaan Peradaban Islam Era Khilafah – Menguasai Tiga Benua 1453-1924M (64 menit)

7. Video Mencari Dalang Teror (100 menit)

8. Film Noda Berdarah Komunisme (54 menit)

9. Film Di Balik Asap Perang Dunia (50 menit)

10. Film Sejarah Adanya Ideologi Liberal (62 menit)

11. Film Sejarah Islam Di Nusantara 1 644-1652M (57 menit)

12. Film Sejarah Islam Di Nusantara 2 1652-2006M (58 menit)

13. Video Membongkar Ekonomi Kapitalisme (167 menit)

14. Video Indahnya Keluarga Bersyariah (50 menit)

15. Film Mencerdaskan Akal Sesuai al-Quran (52 menit)

16. SMPlayer Portable – Video Files Player (15MB)

17. BONUS : Film Seri UMAR bin Khattab (Omar Ibn Khattab) lengkap 30 episode – subtitle / teks bahasa indonesia – keping DVD file format MP4 (22 jam 43 menit)

18. BONUS : Video Penaklukan Konstantinopel (17 menit)

19. BONUS : Film Dokumenter Suriah (43 menit)

20. BONUS : Film Mengenal Allah Melalui Ciptaan-Nya (36 menit)

Total 19 film / video Files 10.1GB

(untuk ditonton memakai komputer)

Tak perlu repot download

Harga : Rp75.000 (bebas ongkos kirim)

Pengiriman ke seluruh Indonesia (Pos indonesia)

Kirim SMS ke: 0852.1451.0995

Kirim SMS ke: 0852.1451.0995