Kamis, 14 Februari 2008

TEORI UTILITAS KEGUNAAN FISHER

PEMIKIRAN EKONOMI AMERIKA SERIKAT

FISHER

Utility theory

BACA DENGAN KRITIS!

LIHAT:

» Surat K. Shadiq dari Washington DC ...

3 Des 2008 ... Surat K. Shadiq dari Washington DC : Bencana Ekonomi Konsumtif Amerika Serikat. Assalamu'alaikum… Sekedar bagi cerita dan bagi semangat, ...

» Akhir Ekonomi Kapitalis?

1 Des 2008 ... Kini pertanyaanya, seburuk apa fase krisis ini, dan apakah akan dapat meruntuhkan ekonomi Amerika Serikat secara mendadak?” ...

» Rencana Strategis Amerika Serikat untuk menguasai indonesia

28 Agu 2009 ... Amerika Serikat memaksakan dominasi politik, militer dan ekonomi di dunia Islam dalam rangka mengeksploitasi manfaat-manfaat materialnya. ...

» Amerika Resmi Memasuki Resesi ...

Amerika Serikat kini resmi memasuki resesi, kata komite pakar ekonomi terkemuka. Biro Nasional Riset Ekonomi mengatakan, ekonomi Amerika telah merosot sejak ...

Disertasi doktor Fisher, yang berjudul Mathematical investigation in the theory of value and prices, kembali mengilustrasikan penelitian bahwa kemajuan pengetahuan dibuat dalam bentuk perkalian. Karyanya memuat sebuah eksposisi yang belum sempurna dari persamaan general equilibrium yang dikerjakan oleh Fisher pada tahun 1890, sekitar 15 tahun setelah kemunculan buku Walras yang tidak diketahui Fisher ketika dia menulis versinya. Karyanya itu juga berisi tentang indifference curve yang ditemukan kembali oleh Fisher satu decade setelah publikasi mathematical physics Edgeworth’s, yang menjadi perhatian hanya setelah dia menyelesaikan bagian relevan bukunya. Jadi, walau jika Walras dan Edgeworth telah gagal untuk membuat penemuan ini, pengetahuan logis yang tak kalah akan mendorong pioneer lainnya untuk memproduksi beberapa tahun kemudian.


Utility theory milik Fisher, untuk pembangunan dimana dia mencurahkan bagian luas dari Investigation, mempunyai bentuk kepastian dalam kebersamaan dengan Edgeworth, walaupun dalam respek lain berkebalikan dengan itu. Keduanya mengambil titik dari permulaan kerja Jevons. Sebagaimana Edgeworth sebelumnya, Fisher mengakui bahwa utility theory dari sebuah komoditas untuk individu mungkin tidak hanya diinterpretasikan sebagai fungsi dari jumlah komoditas, yang sebelunya telah diintepretasikan Jevons, tetapi fungsi utility mungkin mungkin disamaratakan untuk meliputi hubungan fungsi antara utility dari komoditas dan jumlah semua komoditas yang dipegang oleh individu.


Fisher berkebalikan dengan Edgeworth dengan beranggapan masih fungsi utility yang lain, yang mana akan berhubungan utility komoditas untuk individu dengan jumlah komoditas konsumsi oleh semua orang dalam pasar. Garis pemikiran ini, yang merupakan perkiraan bersamaan dengan hubungan ide Veblen tenteng konsumsi yang jelas kelihatan, telah siap ditunjukkan oleh Petty dan lebih secara eksplisit dinyatakan oleh Rae, dimana Fisher membayar penghormatan dalam hubungan lain dan yang menulis “estimasi komoditas yang tergantung secara keseluruhan atau sebagian pada kekuatan mereka untuk menandai kepemilikan dari kepastian relative superioritas”, dengan pelayanan mutiara sebagai contoh yang disebutkan oleh Fisher.


Hal paling penting dari Investigation milik Fisher adalah teori operasional dari cardinal utility, dimana dia mengajukan untuk mengukur utility dalam istilah satuan utils dan didefinisikan util sebagai marginal utility dari kesewenangan menyeleksi jumlah (kuantitas) komoditas referensi B. Untuk mengukur marginal utility dari komoditas A, dia menyiapkan daftar bermacam-macam dari kenaikan A yang konsumen siap tempatkan untuk menerima sebagai pengganti dari kenaikan sejajar/ samadengan A. Dalam tahun berikutnya, Fisher dan Rognar Frisch, ahli ekonometri Norwegia, mengembangkan pendekatan ini selanjutnya dan membuat percobaan dan pengukuran numeric dari cardinal utility pada basis data empiris.


Dalam jumlah respek, Investigation milik Fisher menempatkan separuh jalan antara kerja Edgeworth sebelumnya dan kerja Pareto berikutnya. Sebagaimana yang dilakukan oleh Pareto, Fisher mencoba untuk membersihkan utility dari konotasi utilitarian dan diintepretasikan sebagai keinginan/ hasrat dengan tidak berimplikasi berkenaan kegunaan obyek keinginan/hasrat. Tetapi tidak seperti Pareto dan walaupun pada faktanya dia mempunyai potongan/bagian yang diketahui untuk bentuk keluar dari indifference curve modern, Fisher mencoba mengukur cardinal utility. Investigation milik Fisher merupakan kontribusi terkemuka untuk teori ekonometri dari konsumen dan diakui sebagai beberapa diantara lingkaran kecil penghargaan para sarjana matematika ekonomi pada waktu itu. Walaupun diantara itu tidak semua dihargai organisasi pendidikan, terdiri dari tangki hidrolik, dan yang menolong Fisher, seorang yang berbakat pikiran mekanistik, mengajukan untuk menjelaskan kondisi general equilibrium.


Investigasi milik Fisher adalah kerja dari masa mudanya, dia mencapai kekuatan intelektual tinggi pada umur yang sangat muda. Tetapi, kelanjutan kontribusinya menjangkau jauh lebih dikenal publik daripada Investigation, pada publikasinya yang berikutnya bahwa pertumbuhan reputasi Fisher berhenti.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda