Senin, 11 Februari 2008

VISI STRATEGIK perusahaan

Manajemen Strategik

Company Strategic Vision Statement


Dibawah ini adalah contoh visi stratejik perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. Yaitu perusahaan yang menjalankan bisnis jasa sekuritas, seperti: Meryl Lynch, BNI sekuritas, dll.

Misalkan saja nama perusahaan: TRIUMPH INVEST

Visi stratejik: “Kami berkomitmen untuk memandu dan melayani ekspektasi para investor mengenai masa depan finansial mereka dan pengelolaan kekayaan mereka dengan menjadi penyedia layanan sekuritas nomor satu di Indonesia yang terlengkap dan terbaik.”


Karakteristik dari keefektifan pernyataan visi tersebut adalah:

  1. Graphic: Visi yang baik harus menggambarkan jenis perusahaan yang ingin diciptakan oleh pihak manajemen perusahaan dan juga positioning-nya.

    • TRIUMPH INVEST ingin menjadi sebuah perusahaan yang mampu melayani dan memenuhi semua ekspektasi para pelanggan (investor) dalam hal investasi dan pengelolaan kekayaan mereka. Perusahaan tersebut ingin menjadi yang paling unggul dengan mengedepankan kualitas layanan nomor satu dan variasi layanan yang tersedia.

  2. Directional: Visi yang baik harus menunjukkan arah perusahaan akan menuju kemana.

    • TRIUMPH INVEST ingin menjadi yang nomor satu se-Indonesia dalam hal kualitas layanan.

  3. Focused: Visi yang baik harus dapat memberikan panduan bagi manajer dalam hal pengambilan keputusan.

    • Visi diatas mampu memberikan panduan bagaimana keputusan harus diambil yaitu harus selalu mementingkan keinginan konsumen dan selalu berinovasi terhadap layanan mereka.

  4. Flexible: Visi yang baik harus dapat berubah sesuai dengan tuntutan lingkungan dan waktu yang selalu senantiasa berubah.

    • Visi diatas cukup fleksibel jika ada tuntutan untuk harus berubah. Misalnya semakin canggihnya teknologi maka visi tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi agar dapat lebih mengakomodasi perubahan teknologi tersebut.

  5. Feasible: Visi yang baik harus dapat dicapai dalam rentang waktu yang ditargetkan.

    • Visi tersebut dapat dicapai dengan sumber daya yang memadai. misalkan saja rentang waktu 10 tahun, dengan kinerja manajemen yang bagus, kemajuan teknologi yang dimiliki dan inovasi yang terus menerus dapat tercipta keunggulan kompetitif yang memiliki daya dukung untuk merealisasikan visi tersebut.

  6. Desirable: Visi yang baik harus menarik bagi para stakeholder-nya.

    • Visi tersebut mampu menarik perhatian bagi:

  • Pemegang saham yaitu dengan menjadi perusahaan yang nomor satu maka kemungkinan nilai saham juga tinggi sehingga menunjukkan kekayaan para pemegang saham tinggi. Hal ini sangat menguntungkan pemegang saham.

  • Karyawan yaitu dengan menjadi perusahaan yang terdepan dalam kualitas layanan dimaksudkan juga agar para karyawan mau berkomitmen dan termotivasi dengan menunjukkan kinerja yang paling optimal demi tercapainya visi perusahaan.

  • Pelanggan yaitu dengan beragamnya variasi layanan, teknologi yang inovatif dan kualitas layanan yang terdepan menarik bagi para pelanggan. Komitmen perusahaan untuk selalu mengedepankan kepentingan konsumen dapat meningkatkan awareness dan loyalitas konsumen.

  1. Easy to Communicate: Visi yang baik harus dapat dijelaskan kurang dari 10 menit dan dapat diringkas kata-katanya menjadi sebuah slogan.

    • Dalam hal ini visi diatas dapat diringkas menjadi:

Sky High Your Expectation”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda