Senin, 18 Februari 2008

Pendekatan database sumber data perusahaan


Pendekatan database menekankan konsep data sebagai sumber daya yang bernilai untuk dikelola dan digunakan pada berbagai aplikasi, unit organisasi, dan pemakaian system.


Karakteristik pendekatan database dalam mengatur sumber data perusahaan meliputi:

  1. Independensi data, yaitu pemisahan data dari program- program aplikasi yang berkaitan. Hal ini dicapai dengan menggabungkan serangkaian DBMS antara data base dan pemakai data. Karena itulah, program aplikasi tidak perlu menentukan lokasi data yang diacunya. Program hanya perlu mengacu pada elemen data yang diperlukan. Selain pemisahan database dan program aplikasi, DBMS juga memisahkan pandangan logis data dari pandangan fisik. Pandangan logis (logical view/ cetak biru/ skema) adalah perspektif pemakai atau keseluruhan struktur hubungan data di dalam database. Pandangan fisik (physical view) mengacu pada susunan dan manipulasi sebenarnya dari data pada penyimpanan fisik. Perubahan yang mempengaruhi data dapat dilakukan pada penyimpanan fisik data tanpa mempengaruhi pandangan logis atau program aplikasi.

  2. Konsistensi data.

Setiap elemen data dalam database mempunyai definisi standar dan karena itu tetap menyilang semua aplikasi yang menggunakan elemen data. Misalnya elemen data yang mencerminkan jumlah penjualan hanya memiliki satu nama, satu arti, dan satu format. Jadi, harus kompatibel dengan setiap program yang mengakses database.

  1. Entry data dan penyimpanan dalam satu waktu.

Dalam pendekatan database untuk manajemen data, data dimasukkan ke dalam database hanya dari satu sumber, disimpan hanya dalam satu lokasi, dan siap digunakan oleh berbagai aplikasi dan pengguna.

  1. Integrasi data, yaitu konsolidasi data dalam satu tempat penyimpanan (repository). Pendekatan database menyediakan penyimpanan data terpusat untuk digunakan oleh berbagai user dan program aplikasi.

  2. Kepemilikan data bersama.

Semua data di dalam database “dimiliki bersama” oleh pemakai. Pemakai dari fungsi akuntansi, pemasaran, dan produksi dapat menggunakan data dari database yang sama. Namun, kepemilikan bersama ini tidak berarti semua logical view pemakai ke seluruh skema suatu database. Pemakai tertentu hanya memerlukan suatu pandangan sebagian dari skema itu yang memungkinkan ia memenuhi tanggung jawab yang ditetapkan.


  1. Manajemen data terpusat

  2. Penyederhanaan manajemen dan akses data

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda