Jumat, 28 Januari 2011

Organisasi Partai Politik Islam - Gerakan Dakwah Islam

Organisasi Partai Politik Islam - Gerakan Dakwah Islam

3. Meskipun Dunia Islam kosong dari semua gerakan politik, bahkan nyaris tidak ada sama sekali aktivitas politik, namun penjajah telah meletakkan Dunia Islam  dalam situasi dan kondisi yang memunculkan aktivitas-aktivitas yang menyerupai aktivitas politik -yang kemudian disebut aktivitas politik- dan memunculkan berbagai organisasi dengan beragam bentuknya, yang kemudian sebagiannya disebut organisasi politik. Inilah yang menyebabkan masyarakat terkecoh sehingga mereka menduga aktivitas tersebut merupakan aktivitas politik dan organisasinya merupakan organisasi politik. Dugaan inilah yang membuat masyarakat berada di bawah penguasaan organisasi-organisasi tersebut. Dugaan itu pula yang membuat mereka menjadi ajang aktivitas-aktivitas organisasi tersebut.

4. Organisasi-organisasi yang berupa partai sesungguhnya dapat dianggap sebagai bentuk organisasi paling tinggi yang ada di masyarakat. Meskipun demikian, organisasi-organisasi kepartaian tersebut  tidak mempunyai taraf pemikiran dan politik yang lebih tinggi daripada taraf pemikiran dan politik masyarakat. Sebab, organisasi-organisasi itu masih hidup pada taraf yang lebih rendah daripada taraf berpikir yang normal  (at tafkir al‘adi), bahkan tidak sampai ke taraf berpikir yang normal. Oleh karena itu, organisasi-organisasi itu belum sampai ke taraf organisasi  partai politik dalam pengertian politik yang sesungguhnya, bahkan belum sampai ke taraf organisasi partai politik menurut istilah politik kontemporer. Ini merupakan hal yang umum terjadi di hampir seluruh negeri-negeri Islam.

5. Sesungguhnya umat belum memahami benar pentingnya organisasi politik yang berbasis ideologi, meskipun mereka sudah mampu merasakan urgensinya. Sehingga, umat terbiasa dengan organisasi-organisasi yang ada saat ini, meskipun mereka menampakkan kemarahan terhadapnya, merasa bosan terhadap cara-cara yang dikembangkannya, serta tidak menaruh harapan untuk meraih keberhasilan dari metode yang ditempuhnya.  Karena umat tidak memahami pentingnya organisasi yang berbasis ideologi, tidak aneh jika umat secara keseluruhan nampak terpengaruh dengan format-format yang menonjol dalam organisasi-organisasi tersebut. Bahkan mereka mengikuti format-format  ini dalam aktivitasnya sekalipun mereka tidak merasakan kepuasan. 

6. Format-format yang bercorak patriotisme, nasionalisme, dan kerohanian merupakan format-format yang menonjol dalam organisasi-organisasi yang ada di Dunia Islam. Format-format tersebut merupakan format yang dominan bagi seluruh bangsa dalam tubuh umat Islam. Bahkan format-format itu telah mencengkeram pemikiran umat secara keseluruhan. Karena itu, banyak orang yang perasaannya telah terpatri dalam kondisi seperti ini, dan telah terwujud suatu kemantapan sehingga mereka tidak tertarik dengan format yang lain. Padahal mereka menyadari ketidakmampuan organisasi-organisasi tersebut untuk berkarya serta menyadari pula  bahaya-bahayanya. Akibatnya, suatu bangsa akan mempertahankan institusinya sebagai bangsa, bukan sebagai umat Islam, meskipun mereka tetap mempertahankan Islam dan berusaha menjaganya dalam aspek kerohanian dan sosial (hubungan pria-wanita).
7. Umat merupakan bahan mentah (dasar) yang akan terformat mengikuti pemikiran yang menguasainya, selama peraturannya tidak diterapkan atas mereka. Umat Islam sekarang ini sedang ditarik oleh berbagai organisasi dan pemikiran yang beragam. Padahal, kekuatan pemikiran yang dominan mempunyai pengaruh yang besar pada diri umat, yang bahkan lebih kuat dibanding kekuatan apa pun. Karena itu, umat akan tertarik pada organisasi yang mengemban pemikiran yang sedang dominan di tengah umat. Secara pasti, pemikiran-pemikiran ini akan mendominasi segalanya. Akibatnya, metode organisasi partai atau organisasi masyarakat yang dominan itulah yang menjadi tradisi umat. Dan wajar pula, jika aktivitas yang menjadi kebiasaan kelompok-kelompok tersebut menjadi sesuatu yang biasa pula bagi umat. Karena itu, umat akan selalu memenuhi ajakan yang muncul dalam demonstrasi, protes massal, intimidasi,  serta pidato-pidato yang emosional, meskipun umat menyadari ketumpulannya. Karena itu, umat harus dipersiapkan sebelum melakukan tindakan. 
...............................
 Organisasi Partai Politik Islam - Gerakan Dakwah Islam 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda