Unduh BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Sabtu, 08 Maret 2008

Telaah JURNAL SISTEM INFORMASI

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

CRITICAL REVIEW JURNAL

Telaah kritis Artikel Jurnal


Outsourcing : Suatu solusi Pengembangan Sistem Informasi Sumber Daya Informasi di Masa Depan


I. Latar Belakang


Pemanfaatan teknologi informasi manjadi suatu keharusan yang tidak dapat dihindarkan oleh setiap perusahaan yang ingin menempatkan dirinya pada posisi paling depan dalam suatu industri. Terkait dengan hal ini, pengelolaan sumber daya informasi memegang peranan yang sangat penting untuk mjenunjang suksesnya sebuah bisnis. Dalam sebuah perusahaan, pengelolaan sumber daya informasi biasanya disebut dengan Sistem Informasi Sumber daya Informasi (Information Resources Information System).


Sistem ini merupakan bagian dari sistem informasi yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi, memproses, serta menyediakan informasi dalam format tepat yang akan dipergunakan dalam proses pengambilan keputusan. Proses mengidentifikasi berarti sisitem harus dapat menentukan masalah yang dihadapi perusahaan, keputusan yang akan dibuat oleh oleh para pengambil keputusan dan informasi apa yang harius disediakan untuk memecahkan masalah tersubut.


Proses ini harus dapat menentukan data yang dibutuhkan, diamna, bagaimana, dan dengan metode apa data tersebut diperoleh serta bagaimana menentukan proses dan metode yang paling tepat yang akakn dipergunakan dan berapa lama proses harus diselesaikan.


Faktor yang paling penting didalam pengelolaan sumberdaya informasi adalah bagaimana mengembangkan Sistem Informasi Sumber daya Informasi yang akan dipergunakan, hal ini berarti kita menetukan bagaimana bentuk sistem yang dibutuhkan, dalam arti kata kebutuhann akan perangkat keras, perangkat lunak dan pelaksana serta SOP (Standard Operating Procedures) yang akan dipergunakan. Ada berbagai pendekatan yang dapat dipergunakan dalam proses pengembangan sistem informasi ini, diantaranya :

  1. System Development Life Cycle (SDLC)

Digunakan untuk menjelaskan siklus kehidupan suatu system informasi (Hoffer and Valavicich, 2002). Proses pengembangan suatu sistem informasi dimualia dari proses pembuatan rencana kerja yang akan dilakukan, melakukan analisis terhadap rencana sistem yang akan dibuat, mendesain sistem, dan mengimplementasikan sistem yang telah disusun serta melakukan evaluasi terhadap jalannya sistem yang telah disusun (Bodnar, 2001).

  1. Prototyping

Sistem dapat dikembangkan lebih sempurna karena adanya hubungan kerjasama yang erat antara analis dengan pemakai sedangkan kelemahan tekkik ini adalah tidak begitu mudah untuk dilaksanakan pada sistem yang relatif besar.

  1. Rapid Application Development

Pendekatan ini memerlukan keikutsertaan user dalam proses desain sehingga mudah untuk melakukan implementasi. Kelemahannya, sistem mungkin terlalu sulit untuk dibuat dalam waktu yang singkat yang pada akhirnya akan mengakibatkan kualitas sistem yang dihasilkan menjadi rendah.

  1. Object Oriented Analysis and Development

Integrasi data dan pemrosesan selama dalam proses desain sistem akan menghasilkan sistem yang memiliki kualitas yang lebih baik serta mudah untuk dimodifikasi. Namun, metode ini sulit untuk mendidik analis dan programmer sistem dengan menggunakan pendekatan object oriented serta penggunaan modul yang sangat terbatas.


II. Rumusan Masalah


Rumusan masalah dalam jurnal yang kami bahas adalah :

  1. Permasalahan dan tantangan apa saja yang dihadapi dalam pengembangan Sistem Informasi Sumberdaya Informasi ?

  2. Alternatif apa yang paling sesuai untuk diterapkan sebuah organisasi dalam mengembangkan sistem informasinya dan pertimbangan-pertimbangan apa saja yang mendorong penulis untuk memilih alternatif tersebut ?




III. Pembahasan Oleh Penulis Jurnal


1. Permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam pengembangan Sistem Informasi Sumberdaya Informasi.


Dalam mengembangkan sebuah sistem informasi, permasalahn dan tantangan yang sering muncul adalah siapa yang akan melaksanakan proses pengembangan tersebut. Di sini, pihak perusahaan dihadapkan pada beberapa alternatif yaitu (Kaplan, 1995) :

  1. Merancang/membuat sendiri sistem informasi yang dibutuhkan dan menentukan pelaksana sistem informasi. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam alternatif ini adalah :

    • Terbatasnya pelaksana sistem informasi

    • Kemampuan dan penguasaan pelaksana sistem informasi

    • Beban kerja pelaksana sistem informasi

    • Masalah yang mungkin akan timbul dengan kinerja pelaksana sistem informasi.

  2. Perusahaan membeli paket sistem informasi yang sudah jadi

Pihak perusahaan cukup membeli beberapa paket sistem aplikasi yang siap pakai, karena paket aplikasi tersebut dibuat oleh vendor yang memiliki spesialisasi dibidang sistem aplikasi. Adapun tahapan yang harus dilakukan dengan alternatif ini adalah :

    • Identifikasi kebutuhan, pemilihan, dan perencanaan sistem

    • Analis sistem

    • Mengembangkan permohonan suatu proposal

    • Evaluasi proposal

    • Pemilihan vendor

  1. Meminta orang lain untuk melaksanakan proses pengembangan sistem informasi (outsourcing) termasuk pelaksana sistem informasi.

Pihak perusahaan menyerahkan tugas pengembangan dan pelaksanaan serta maintanance sistem kepada pihak ketiga. Beberapa faktor yang menyebabkan perlunya outsourcing diantaranya :

    • Masalah biaya dan kualitas sistem informasi yang akan dipergunakan

    • Masalah kinerja sistem informasi

    • Tekanan dari para vendor yang menawarkan produk mereka

    • Penyederhanaan, perampingan, dan rekayasa sistem informasi

    • Masalah keuangan perusahaan

    • Budaya perusahaan

    • Tekanan dari pelaksana sistem informasi.

  1. End User Development

Faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan alternatif ini adalah kemampuan yang harus dimiliki pelaksana sistem informasi. Pelaksana harus mengembangkan sendiri aplikasi yang mereka butuhkan seperti menggunakan Microsoft Excell dan Microsoft Access. Manfaat yang dapat diperoleh dari alternatif ini adalah :

    • Penghematan biaya

    • Waktu pengembangan sistem informasi yang singkat

    • Mudah untuk melakukan modifikasi

    • Tanggung jawab pelaksana sistem informasi yang lebih besar

    • Mengurangi beban kerja pelaksana sistem informasi.


2. Alternatif apa yang paling sesuai untuk diterapkan sebuah organisasi dalam mengembangkan sistem informasinya dan pertimbangan-pertimbangan apa saja yang mendorong penulis untuk memilih alternatif tersebut ?


Pemilihan alternatif pengembangan sistem informasi yang tepat merupakan suatu keharusan bagi suatu organisasi. Kesalahan di dalam pemilihan alternatif akan menyebabkan investasi yang telah dilakukan serta waktu yang terpakai akan menjadi sia-sia. Outsourcing, sebagai salah satu alternatif pengembangan sistem informasi sumber daya informasi dipilih sebagai alternatif yang paling sesuai untuk diterapkan perusahaan. Kekuatan alternatif ini adalah pihak perusahaan tidak usah terlalu dipusingkan dengan masalah sistem informasi mereka. Perusahaan hanya bertanggung jawab untuk menyediakan dana yang dibutuhkan.


Masalah mengenai hardware, sofware, dan maintenance sistem merupakan tanggung jawab pihak vendor. Pilihan dilakukannya outsourcing oleh suatu perusahaan pada intinya desebabkan semakin meningkatnya kegiatan bisnis suatu perusahaan pada satu sisi dan adanya keterbatasan SDM internal dari segi kuantitas maupun knowledge untuk mengatasi secara baik (efektif dan efisien) meningkatnya kegiatan bisnis tersebut.


Beberapa permasalahan yang sering timbul dengan dipilihnya outsourcing adalah perusahaan menghadapi keresahan terhjadap karyawan, khususnya adanya rasa takut kehilangan pekerjaan yang dihadapai oleh karyawan yang sering memicu terjadinya kemaraha yang pada akhirnya akan mengganggu moral bekerja mereka, sehingga pihak manajemen perlu mengkomunikasikannya secara baik dan berterus terang atas apa yang sedang dihadapi perusahaa dan kenapa diambil langkah-langkah outsourcing.


Untuk menjaga terjadinya keresahan karyawan, proses outsourcing beberapa perusahaan membuat langkah transisi untuk meniolong karyawan, misalnya jauh sebelum outsourcing diputuskan maka secara rinci dikomunikaxsikan dalam beberapa pertemuan untuk staff di bagian IT, sehingga ketika outsourcing diberlakukan para staff mengerti benar betapa pentingnya keahlian dan teknologi baru bagi perusahaan, mereka di dorong untuk memperoleh keahlian baru dibawah inisiatif perusahaaan yang dikenal dengan moto ”Know IT Now or No It”


Berbagai pertimbangan yang mendorong penulis untuk memilih Outsourcing sebagai alternatif terbaik dalam mengembangkan Sistem Informasi Sumberdaya Informasi adalah sebagai berikut :

  1. Biaya pengembangan sistem sangat tinggi

  2. Resiko tidak kembalinya investasi yang dilkukan sangat tinggi

  3. Ketidakpastian untuk mendapatkan sistem yang tepat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan

  4. Faktor waktu/kecepatan

  5. Proses pembelajaran pelaksana sistem informasi membutuhkan jangka waktu yang cukup lama

  6. Tidak adanya jaminan loyalitas pekerja setelah bekerja cukup lama dan terampil.


Kunci utama dalam kesuksesan outsourcing adalah pemilihan vendor yang tepat (choose the right vendor) karena outsourcing merupakan kerjasama jangka panjang sehingga penunjukkan vendor yang tepat sebagai mitra perusahaan menjadi sangat krusial baik dari pertimbangan aspek teknologi, bisnis, maupun tujuan finansial. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan dituntut untuk dapat memahami dasar pertimbangan dalam pemilihan vendor. Faktor-faktor yang harus diperhatikan antar lain :

    • Pengetahuan/kemampuan dalam industri yang dibidanginya (Industry Knowledge)

    • Kemampuan teknis

    • Kemampuan keuangan

    • Kemampuan dalam menyampaikan infrastruktur jasa yang dikelolanya.


IV. Rekomendasi


Sistem informasi dan organisasi merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Sistem informasi harus disesuaikan dengan organisasi agar dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan pada suatu bagian tertentu yang penting pada organisasi. Pada saat yang sama, organisasi harus waspada dan terbuka terhadap pengaruh sistem informasi supaya mendapat keuntungan dari teknologi baru.


Interaksi antara teknologi informasi dan organisasi sangat kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor mediasi yang besar, yaitu struktur organisasi, SOP (Standard Operating Procedures), politik, kultur, lingkungan sekitar, dan keputusan manajemen. Para manajer harus waspada karena sistem informasi mampu mengubah kehidupan organisasi. Sistem informasi tidak bisa sukses merancang sistem baru atau memahami sistem yang sudah ada tanpa memahami organisasi. Para manajer perlu memutuskan sistem apa yang akan dibangun, apa yang akan dikerjakannya, serta bagaimana pengimplementasiaannya.

Secara umum, studi tentang sistem informasi dapat dibagi kedalam dua pendekatan, yakni pendekatan teknis dan pendekatan behavioral. Disebut pendekatan teknis ketika sistem informasi menekankan model berbasis matematika untuk mempelajari sistem informasi, seperti halnya teknologi fisik dan kemampuan formal dari sistem ini. Sedangkan pendekatan behavioral lebih menekankan pada isu perilaku yang muncul dalam pengembangan pemeliharaan sistem informasi jangka panjang. Isu-isu seperti strategi pengintegrasian bisnis, desain, implementasi, pemanfaatan, dan manajemen tidak bisa diselidiki dengan memakai model yang digunakan dalam pendekatan teknis. Definisi teknis dan behavioral dalam organisasi sebenarnya tidaklah saling kontradiksi. Sebaliknya, masing-masing saling melengkapi.


Definisi teknis menjelaskan kepada kita bagaiman beribu-ribu perusahaan dalam pasar kompetitif mengkombinasi modal, tenaga kerja, dan teknologi informasi, sementara model behavioral membawa kita masuk ke dalam masing-masing perusahaan untuk melihat bagaimana teknologi itu mempengaruhi kinerja internal perusahaan.


Sistem informasi itu sendiri pada dasarnya adalah sistem sosioteknis, yaitu sistem yang mengkombinasikan teori-teori pengetahuan komputer, pengetahuan manajemen, dan operasi riset dengan suatu orientasi praktis ke arah pengembangan solusi sistem atas permasalahan nyata dan mengelola sumber-sumber teknologi informasi, serta isu-isu perilaku yanng melingkupi pengembangan, penggunaan, dan dampak sistem informasi yamg disebabkan oleh sosiologi, ekonomi, dan psikologi.


Mengadaptasi sudut pandang sistem sosioteknis membantu mencegah pendekatan dilakukan hanya semata-mata dari sisi pendekatan teknis atas sistem informasi. Sebagai contoh fakta bahwa teknologi informasi dengan cepat menekan biaya dan meningkatkan kekuatan perusahaan tidak perlu diartikan sebagai peningkatan produktivitas dan keuntungan akhir. Mengoptimalkan kinerja sistem secara keseluruhan, baik komponen teknis maupun komponen perilaku perlu diperhatikan. Hal ini berarti teknologi harus diubah dan dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan individu dan organisasi.


Oleh karena itu, alternatif yang sesuai untuk diterapkan bagi tiap perusahaan tentunya berbeda-beda. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika kita memilih alternatif terbaik adalah pengimplementasian suatu sistem informasi tidak hanya tergantung pada biaya dan waktu, akan tetapi pengguna dari informasi itu sendiri juga merupakan faktor signifikan dalam pemilihan sistem informasi.


Para manajer tidak bisa mengabaikan sistem informasi sebab sistem informasi memainkan peran penting dalam organisasi kontemporer. Dewasa ini sistem secara langsung mempengaruhi bagaiman para manajer membuat keputusan, merencanakan, dan menngatur karyawan mereka. Disamping itu, sistem juga terus membentuk apa, dimana, bilamana, dan bagaimana produk diproduksi. Oleh karena itu, tangguing jawab terhadap sistem tidak bisa didelegasikan oleh para manajer ke orang lain yang hanya bertugas membuat keputusan teknis.


End User Development, dapat menjadi alternatif yang paling sesuai dalam pengembangan sistem informasi. Kekuatan alternatif ini adalah loyalitas dan pengetahuan pelaksana benar-benar dapat dipertanggungjawabkan sedangkan manfaat yang dapat diperoleh dari alternatif ini adalah :

    • Penghematan biaya

    • Waktu pengembangan sistem informasi yang singkat

    • Mudah untuk melakukan modifikasi

    • Tanggung jawab pelaksana sistem informasi yang lebih besar

    • Mengurangi beban kerja pelaksana sistem informasi.


Dengan End User Development, sistem informasi dapat dikembangkan sendiri oleh pihak internal perusahaan sesuai dengan tuntutan perkembangan organisasi, selain itu mereka juga memahami permasalahan-permasalahan yang terkait dengan organisasi dan dapat menyediakan informasi apa saja yang dibutuhkan untuk memberikan solusi dari permasalah tersebut, hal ini tidak kita dapatkan ketika kita menggunakan outsourcing dalam pengelolaan sistem informasi, karena pengelola informasi adalah pihak eksternal yang kurang bahkan tidak peka terhadadap kondisi terkini perusahaan.


28 komentar:

  1. artikelnya sudah bagus mas,,
    nanti saya minta di kirimin ke email saya, kalo ada yang lebih baru,
    tks

    BalasHapus
  2. trims artikelnya,.sangat membantu saiia dalam menyelesaikan tugas sistem informaasi manajemen...trims bnyak..

    BalasHapus
  3. jurnalnya sangat membantu dalam penyeleasaian tugas saya. terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  4. artikelnya sudah bagus, outsourcing memang menjadi solusi dan pilihan dari banyak perusahaan saat ini. saya juga setuju dengan rekomendasinya bahwa End User Development dapat menjadi alternatif yang juga harus dipertimbagkan dalam pengembangan sistem informasi

    BalasHapus
  5. pembahasannya cukup baik, mohon ijin sebagai sumber informasi penulisan makalah saya trima kasih

    BalasHapus
  6. artikel ini banyak membantu dalam penulisan paper saya..

    BalasHapus
  7. terima kasih atas artikelnya. memang dalam pemilihan pihak outsource banyak faktor yang harus dipertimbangkan

    BalasHapus
  8. artikel yang bagus.
    Outsourcing akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam mensupport core businessnya.

    BalasHapus
  9. artikel yang bagus.
    Outsourcing akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam mensupport core businessnya.

    BalasHapus
  10. terima kasih atas artikel jurnalnya..dengan adanya sistem outsourcing, maka akan memperkaya perusahaan untuk memilih alternatif apa yang paling sesuai untuk diterapkan pada perusahaannya, dalam rangka mengembangkan sistem informasi tsb.

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas papernya, bisa dijadikan referensi buat saya.

    BalasHapus
  12. Pembahasan atas Jurnal Sistem informasi sangat menarik dan saya setuju bahwa perusahaan juga harus melakukan pengembangan IT internal selain menggunakan outsourcing IT. terima kasih

    BalasHapus
  13. Menyerahkan segala urusan operasional perusahaan tersebut kepada pihak ke-3 sebenarnya tergantung dari kemampun perusahaan tersebut. Mampukah perusahaan itu bergerak sendiri dengan menghandalkan segala sumber daya yang dimilikinya? Mampukah perusahaan dari segi financial maupun budget yang ada? Segala sesuatunya pastia ada keuntungan & kerugian, tergantung kebijakan dari perusahaan mengambilnya. Mana yang mungkin lebih banyak mendatangkan manfaat kedepannya bagi perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  14. Menyerahkan segala urusan operasional perusahaan tersebut kepada pihak ke-3 sebenarnya tergantung dari kemampun perusahaan tersebut. Mampukah perusahaan itu bergerak sendiri dengan menghandalkan segala sumber daya yang dimilikinya? Mampukah perusahaan dari segi financial maupun budget yang ada? Segala sesuatunya pastia ada keuntungan & kerugian, tergantung kebijakan dari perusahaan mengambilnya. Mana yang mungkin lebih banyak mendatangkan manfaat kedepannya bagi perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  15. Menyerahkan segala urusan operasional perusahaan tersebut kepada pihak ke-3 sebenarnya tergantung dari kemampun perusahaan tersebut. Mampukah perusahaan itu bergerak sendiri dengan menghandalkan segala sumber daya yang dimilikinya? Mampukah perusahaan dari segi financial maupun budget yang ada? Segala sesuatunya pastia ada keuntungan & kerugian, tergantung kebijakan dari perusahaan mengambilnya. Mana yang mungkin lebih banyak mendatangkan manfaat kedepannya bagi perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  16. Sebenarnya, perusahaan yang cenderung memilih opsi “Out-source” itu adalah mereka yang tidak mau ambil pusing, baik dari segi waktu, uang, sumber daya, sarana/prasana dan lainnya. Akan tetapi, ada saatnya butuh dana yang lebih besar untuk hal tertentu dengan menggantungkan diri kepada pihak ke-3.

    BalasHapus
  17. Sebenarnya, perusahaan yang cenderung memilih opsi “Out-source” itu adalah mereka yang tidak mau ambil pusing, baik dari segi waktu, uang, sumber daya, sarana/prasana dan lainnya. Akan tetapi, ada saatnya butuh dana yang lebih besar untuk hal tertentu dengan menggantungkan diri kepada pihak ke-3.

    BalasHapus
  18. saya sependapat bahwa untuk memilih alternatif terbaik dalam pengimplementasian suatu sistem informasi tidak hanya tergantung pada biaya dan waktu, tetapi pengguna dari informasi itu sendiri juga merupakan faktor signifikan dalam pemilihan sistem informasi. jika terjadi communication gap antara user dengan IT spesialist maka pengembangan dan penerapan SI tidak akan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  19. artikel yang bagus..sedikit pendapat dari saya, End User Development memang baik apabila sumber daya internal mendukung. Namun pelaksanaan dengan outsourcing tetap dapat berhasil dilakukan dengan tetap melibatkan PIC dari internal perusahaan yang benar2 paham dan dapat memberikan informasi yang menyeluruh dan jelas bagi vendor..tks :)

    BalasHapus
  20. Artikel yang menarik..sedikit pendapat saya, End User Development baik dilakukan apabila sumber daya internal mendukung pelaksanaan pekerjaan. Namun outsourcing juga masih dapat dilaksanakan, dengan melibatkan PIC internal yang dapat memberikan informasi secara terbuka dan jelas untuk membantu vendor menyelesaikan pekerjaannya sesuai yang dibutuhkan..tks..:)

    BalasHapus
  21. Opsi perusahaan ttg outsource sebenarnya menekankan bahwa sistem informasi bukan merupakan "core" dari perusahaan.
    Kemungkinan kedepannya semuanya jadi dapat di outsource.
    Saya termasuk yg beranggapan bahwa untuk perusahaan dimana segala keputusan pentingnya berasal dari sistem informasi, ada kalanya sitem insourcing menjadi lebih penting, karena lebih dapat menterjemahkan keinginan dan kebutuhan perusahaan serta lebih dapat menjaga realibilitas data dalam sistem informasi.

    BalasHapus
  22. Terima kasih, ulasannya sangat menarik dan lengkap membahas outsource SI dari beberapa aspek.. Mohon ijin untuk menggunakannya sebagai referensi penulisan makalah.

    BalasHapus
  23. terimakasi atas jurnalnya, sangat membantu saya

    BalasHapus
  24. Mohon ijin mengcopy jurnal ini sebagai bahan kuliah SIM

    BalasHapus
  25. izin copy yaaaaa untukk tugas SIM

    BalasHapus
  26. thank you for nice information, finally found what am I looking for!!!
    visit our website : muhammad solehuddin

    BalasHapus
  27. Thank you for nice information. Please visit our web:
    www.uhamka.ac.id

    adi
    adi

    BalasHapus

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam