Sabtu, 11 Oktober 2014

Kejahatan Uji Coba Nuklir Barat



Kelinci percobaan dalam uji coba nuklir

33.     Selama bertahun-tahun hak-hak tentara angkatan bersenjata AS dan Inggris terus menerus dilanggar. Para tentara itu diberi obat halusinasi, dikirim ke pertempuran tanpa diberi latihan atau mendapat perlindungan yang memadai, juga semua tindakan tak berperikemanusiaan ditimpakan kepada tentara angkatan bersenjata AS dan Inggris. Sehubungan dengan isu terkini ihwal senjata pemusnah massal, ada dua cerita yang muncul ke permukaan mengenai bagaimana perasaan pemerintahan AS dan Inggris terhadap keadaan tentara dan warga sipil mereka. Baru-baru ini Pentagon mengakui bahwa para tentara yang terlibat dalam uji coba senjata kimia dan biologi pada tahun 1960-an, kemungkinan tidak diberi tahu sama sekali mengenai percobaan rahasia yang dilakukan di laut. Beberapa ujicoba menggunakan racun syaraf militer paling mematikan, yaitu VX. Pejabat tinggi Departemen Pertahanan AS mengatakan ribuan rakyat sipil Hawaii dan Alaska juga tidak menyadari bahwa di sekililing mereka terdapat banyak bakteri yang merupakan senjata kuman, seperti anthraks. Menurut laporan Pentagon, dalam uji coba yang dilakukan di Alaska, para tentara dengan menggunakan pakaian pelindung didekatkan ke racun syaraf yang mematikan tersebut, termasuk VX. Sedangkan uji coba di Hawaii menggunakan zat halusinasi yang dikembangkan menjadi senjata kimia. VX merupakan racun syaraf yang canggih, bisa bertahan di lingkungan lebih lama dibandingkan dengan yang sejenis. Uji coba itu dilakukan untuk mengukur seberapa lama VX akan tetap mematikan dan sebaik apa prosedur dekontaminasi yang dilakukan.

34.     Baru-baru ini, sebuah klaim ganti rugi menjadi berita utama di Inggris. Sejumlah mantan tentara berusaha memperoleh ganti rugi karena telah dijadikan saksi peledakan nuklir di Pasifik Selatan. Tetapi apa yang sebenarnya dialami oleh ribuan tentara muda di Christmas Island 40 tahun yang lalu itu? Saat itu merupakan puncak perang dingin dan ribuan tentara Inggris dikirim ke Pasifik Selatan untuk menyaksikan uji coba ledakan senjata nuklir. Kebanyakan mereka baru berusia belasan tahun atau 20-an, dan sedang melaksanakan tugas wajib militernya. Bagi mereka, iklim Christmas Island yang hangat dan eksotis merupakan sebuah pelarian yang menyenangkan dari penderitaan yang mereka alami pasca perang Inggris. Para tentara itu diperintahkan untuk merunduk beberapa saat sebelum ledakan terjadi. Tak banyak upaya yang dilakukan untuk melindungi kesehatan mereka dari radiasi radioaktif. Padahal mereka berada dalam jarak hanya 30 mil dari tempat ledakan. Mereka diperintahkan untuk membelakangi ledakan atau mengenakan celana panjang.

Kesimpulan
Seperti yang telah kita bahas, sistem kapitalisme sedang mengalami keruntuhan dari dasarnya. Kapitalisme sekarang ini hanya ditopang oleh sekelompok elit yang putus asa melihat keuntungan mereka terancam. Inilah saatnya bagi kita untuk mengutip pernyataan pendahulu George W. Bush, William Jefferson Clinton, sang Presiden AS ke-42, sebagai penutup bab ini. Tidak seperti penerusnya, yakni Presiden Bush, Bill Clinton dikenal memiliki kecakapan berorasi dan prestasi akademik yang bagus. Dia dikenal sebagai orang yang mengetahui hakikat sistem yang ia terapkan. Apakah pernyataan berikut ini merupakan refleksi dari apa yang buku-buku sejarah jadikan acuan atau hanya sebuah ironi belaka? ‘Kita lahir dengan sebuah deklarasi kemerdekaan yang menyatakan bahwa kita semua diciptakan sama dan oleh sebuah konstitusi yang mengabadikan perbudakan. Kita berjuang dalam perang sipil yang berdarah untuk menghapuskan perbudakan tetapi kita tetap tidak mempunyai kedudukan yang sama di hadapan hukum dalam beberapa abad setelahnya. Atas nama kebebasan, kita mengalami kemajuan sampai ke luar negeri tetapi kita telah mengusir penduduk asli Amerika dari tanah airnya. Kita menyambut para imigran tetapi setiap gelombang imigran yang datang itu telah merasakan pedihnya diskriminasi’ [Presiden Clinton dalam pidato di Universitas California, tahun 1997].

Download Buku SENJATA PEMUSNAH MASSAL DAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI KOLONIALIS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda