Jumat, 02 November 2007

POLA ASUH DAN Tipe KECERDASAN

SALAH satu syarat pola asuh efektif adalah menyesuaikan pola asuh tersebut dengan kebutuhan dan kemampuan anak. delapan tipe kecerdasan dari Howard Gardner yang bertajuk Multiple Intelligences (MI), agar orang tua dapat mereka-reka di mana sebenarnya kemampuan si kecil berada.

8 tipe kecerdasan manusia dibagi menjadi berikut:

Kecerdasan matematika-logika
kemampuan berpikir secara induktif (dari kaidah khusus ke umum) dan deduktif (dari kaidah umum ke khusus), menurut aturan logika, memahami dan menganalisa pola angka, serta mampu memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir.

Kecerdasan bahasa
kemampuan menggunakan bahasa dan kata-kata secara lisan maupun tulisan untuk mengekspresikan gagasan atau ide-ide.

Kecerdasan musikal
kemampuan untuk peka terhadap suara-suara nonverbal di sekelilingnya, termasuk nada irama.

Kecerdasan visual spasial
kemampuan memahami lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang. Kemampuan berimajinasi, menciptakan bentuk tiga dimensi, membayangkan bentuk nyata.

Kecerdasan Kinestetik
kemampuan menggunakan bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi atau memecahkan masalah. Misalnya, unggul dalam olahraga, seni tari, atau akrobat.

Kecerdasan interpersonal
kemampuan untuk peka terhadap perasaan orang lain. Mampu memahami dan berinteraksi dengan orang lain sehingga mudah bersosialisasi dengan lingkungan.

Kecerdasan intrapersonal
kemampuan peka terhadap perasaan diri sendiri, mengenal kekuatan dan kelebihan diri, introspeksi dan evaluasi diri. Kecerdasan naturalis, kemampuan peka terhadap lingkungan alam. Misalnya senang berada di lingkungan pantai, gunung, atau hutan. Mengobservasi lingkungan alam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda