Unduh BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Jumat, 27 Mei 2011

Khalifah - Pengertian Khalifah - Arti - Definisi


 


    Khalifah adalah orang yang mewakili umat dalam urusan pemerintahan dan kekuasaan serta dalam menerapkan hukum-hukum syara'. Islam telah menjadikan pemerintahan dan kekuasaan menjadi milik umat, di mana dalam hal ini umat mewakilkan kepada seseorang untuk melaksanakan urusan tersebut sebagai wakilnya. Bahkan Allah juga telah mewajibkan kepada umat untuk menerapkan hukum syara' secara keseluruhan.



    Dengan demikian, khalifah hanyalah orang yang diangkat oleh kaum muslimin. Karena itu, faktanya adalah bahwa khalifah merupakan wakil umat dalam masalah pemerintahan dan kekuasaan serta dalam menerapkan hukum syara'. Oleh karena itu, tidak ada seorang khalifah pun kecuali setelah ia dibai'at oleh umat. Maka, bai'at umat kepada khalifah dengan kekhilafahannya itu telah menjadikan khalifah sebagai wakilnya, dan pengangkatan jabatan khilafah untuk seorang khalifah dengan bai'at itu berarti telah memberikan kekuasaan kepada khalifah, sehingga umat wajib untuk mentaatinya.

    Orang yang memimpin urusan kaum muslimin tidak bisa disebut khalifah, kecuali setelah ia dibai'at oleh umat dengan bai'at in'iqad (bai'at pengangkatan) secara syar'i, dengan ridla dan bebas memilih, di mana khalifah memiliki syarat-syarat in'iqadul khilafah (pengangkatan untuk menduduki kekhilafahan). Setelah pengangkatan khilafah dinyatakan sah bagi seorang khalifah, maka ia harus segera menerapkan hukum-hukum syara'.

    Sedangkan sebutan yang biasa dipergunakan adalah sebutan khalifah, imam atau amirul mukminin. Sebutan-sebutan ini banyak dinyatakan dalam hadits-hadits shahih. Sebagaimana sebutan tersebut  telah diberikan kepada para khulafaur rasyidin. Abu Said Al khudri meriwayatkan dari Rasulullah Saw. bahwa beliau bersabda:

"Jika dibai'at dua orang khalifah, maka bunuhlah yang terakhir dari keduanya." (Hadits Riwayat Imam Muslim, Hadits no. 1853)

Dari Abdullah Bin Amru Bin Ash yang mendengarkan Rasullah Saw. bersabda:

"Siapa saja yang telah membai'at seorang Imam lalu memberikan uluran tangan dan buah hatinya, maka hendaklah ia mentaatinya." (Hadits Riwayat Imam Muslim, Hadits no. 1844)

Dari Auf Bin Malik Al Asyja'i berkata: "Aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

"Sebaik-baik pemimpin kalian ialah mereka yang kalian cintai dan mereka pun mencintai kalian; mereka mendo'akan kalian, dan kalian pun mendo'akan kalian."

    Terikat dengan tiga sebutan di atas memang hukumnya tidak wajib. Bahkan diperbolehkan untuk menyebut orang yang memimpin urusan-urusan kaum muslimin tersebut dengan sebutan-sebutan lain yang maknanya sama. Seperti hakimul mukminin (penguasa orang-orang mukmin), raisul muslimin (pimpinan kaum muslim), sulthanul muslimin (penguasa kaum muslimin) atau sebutan lain yang dilihat dari segi makna tidak bertentangan dengan tiga sebutan di atas. Adapun sebutan-sebutan yang memiliki konotasi yang bertentangan dengan hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan masalah pemerintahan, seperti raja, presiden dan kaisar, maka semuanya tidak boleh dipergunakan untuk menyebut orang yang memimpin kaum muslimin. Karena makna yang ditunjukkan oleh sebutan tersebut bertentangan dengan hukum-hukum Islam.

 Khalifah - Pengertian Khalifah - Arti - Definisi

 

Negara Islam: Fakta Normatif Dan Empiris

...ada para khalifah. Jumlah mereka pun banyak.” (HR Bukhari) Sabda Nabi yang menyatakan, Wa innahu la nabiyya ba’di, wa sayakunu khulafa’ fa yaktsurun (Bahwa, tidak akan ada seorang Nabi pun setelahku, dan akan ada para khalifah. Jumlah mereka pun banyak) membuktikan, bahwa posisi Baginda SAW sebagai Nabi dan Rasul yang terakhir tidak tergantikan....

AS Kembali Tak Menyia-nyiakan Kesempatan dan Melanjutkan Serangannya Membunuh Orang di Yaman

...muslim kecuali khalifah Rasyid yang mengetahui perintah-perintah Allah dan hak rakyatnya. Menjadi kewajibannya mengembalikan Amerika ke jantung negerinya di belakang laut untuk merasakan kesudahan pasti mereka setelah mereka berani lancang terhadap kita.

Shalih Bertanggungjawab Penuh Terhadap yang Akan terjadi Berupa Intervensi Dewan Keamanan dan PBB di Yaman

...Baiatlah seorang khalifah, perisai yang akan membela dan melindungi Anda, dan sebaliknya tidak menjadikan Anda sebagai perisai dan bersembunyi dibelakang Anda. Rasulullah saw bersabda: « إِنَّمَا اْلإِمَامُ جُنَّةٌ يُتَّقَى بِهِ وَيُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ » Seorang imam adalah laksana perisai dijadikan pelindung dan orangorang berperang di belak...

Para Penguasa dan Kroninya Menunggu-nunggu Terjadi Peristiwa terhadap Anda dan Syiar-syiar Anda, maka Berhati-hatilah terhadap Mereka

...penguasanya menjadi Khalifah bagi seluruh kaum muslim yang menghimpun mereka di atas agama Allah dan mengurusi (kepentingan) mereka dengan hukum-hukum Allah. Khalifah yang menjadi penguasa bagi mereka sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw: « اْلإِمَامُ جُنَّةٌ يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ وَيُتَّقَى بِهِ » Imam (khalifah) itu laksana peris...

1 komentar:

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam