Sabtu, 15 Desember 2007

Atribut produk iklan konsumen


Atribut produk adalah sifat-sifat atau aspek-aspek yang terkandung dalam suatu produk dan yang nantinya akan menjadi penentu serta pertimbangan konsumen untuk menyenangi dan kemudian membeli produk tersebut. Atribut produk bisa dibagi menjadi dua yaitu atribut teknis (fungsional) dan atribut non teknis (emosional). Atribut teknis pada suatu produk hanya menampilkan daya guna produk tersebut. Sedangkan atribut non teknis, bukan hanya menampilkan daya guna saja tetapi juga daya beda dan daya tarik pada suatu produk.


Untuk melihat atribut yang dimiliki oleh suatu produk, kita bisa melihat dari iklan mengenai produk tersebut. Iklan suatu produk bisa kita bedakan menjadi dua, yaitu iklan satu sisi yang hanya menampilkan daya guna dan iklan dua sisi, yang bukan hanya memiliki daya guna saja tetapi juga daya tarik dan daya beda. Berikut ini akan dianalisis dua contoh iklan tersebut.


Iklan Satu Sisi

Sebagai contoh iklan satu sisi adalah iklan mobil BIG-UP dari KIA Motors. Iklan tersebut bisa digolongkan sebagai iklan satu sisi, karena

  • Iklan tersebut hanya memiliki daya guna atau atribut teknis saja karena hanya menampilkan informasi mengenai produk.

  • Iklan tersebut tidak memiliki daya tarik seperti warna ataupun gambar.

  • Iklan tersebut tidak memiliki daya beda, karena hampir mirip dengan iklan-iklan produk kompetitor. Kemiripan ini bisa dilihat pada kalimat iklan dan gambar pada iklan , yang hampir sama dengan iklan produk sejenis.

Kelebihan Iklan Big-UP

Iklan tersebut menampilkan informasi yang cukup jelas, yang meliputi fitur-fitur produk, harga produk, kelebihan produk, distributor dan informasi-informasi pendukung yang lain. Sehingga konsumen memperoleh informasi yang jelas mengenai produk tersebut.


Kekurangan Iklan BIG-UP

Karena hanya mementingkan atribut teknis saja, iklan tersebut memiliki beberapa kekurangan. Antara lain, ukurannya yang tidak terlalu besar, sehingga kadang-kadang iklan tersebut tidak terlihat. Selain itu iklan tersebut hanya ditampilkan dengan warna hitam putih saja, sehingga terlihat kurang menarik.


Kekurangan yang lain adalah kalimat dalam iklan yang kurang menarik perhatian konsumen. Kalimat iklan tersebut sudah terlalu umum, dan mirip dengan kalimat iklan pada produk sejenis. Sehingga iklan tersebut tidak memiliki daya beda dengan iklan produk sejenis dan kemungkinan konsumen menjadi kurang tertarik pada produk tersebut.

Berikut adalah beberapa saran untuk perbaikan iklan BIG-UP.

  • Diberi warna

Warna bisa menjadi daya tarik pada suatu iklan. Iklan BIG-UP mungkin akan lebih menarik perhatian, jika ditampilkan secara berwarna. Sehingga konsumen akan langsung tertarik pada iklan tersebut ketika pertama kali melihatnya.

  • Ukuran diperbesar

Ukuran juga bisa menjadi daya tarik dan daya beda suatu iklan. Iklan BIG-UP mungkin akan lebih menarik perhatian, jika ukurannya diperbesar. Karena ukuran iklan yang besar dapat menarik perhatian konsumen.

  • Menggunakan kalimat iklan yang menarik perhatian.

Kalimat iklan juga berpengaruh pada suatu iklan. Karena kalimat iklan juga bisa menjadi salah satu atribut non teknis pada iklan tersebut. Iklan BIG-UP akan terlihat lebih menarik jika menggunakan kalimat iklan yang unik dan menarik perhatian. Sehingga konsumen akan tertarik pada iklan tersebut ketika melihatnya.

  • Menggunakan gambar yang menrik perhatian.

Iklan tersebut mungkin akan lebih menarik jika tidak hanya menampilkan gambar mobil. Bisa saja ditambahkan gambar lain yang dapat memperjelas pesan iklan. Sehingga konsumen dapat dengan cepat menangkap pesan iklan ketika melihatnya.


Iklan Dua Sisi

Iklan AC Toshiba dapat digolongkan sebagai iklan dua sisi. Iklan tersebut digolongkan sebagai iklan dua sisi karena memiliki hal-hal berikut:

  • Atribut teknis

Iklan tersebut mampu menyampaikan pesan yang jelas kepada konsumen, karena iklan tersebut menampilkan informasi yang cukup lengkap.

  • Daya beda

Dibandingkan iklan sejenis, iklan tersebut cukup memiliki daya beda, yang bisa dilihat pada gambarnya.

  • Daya tarik

Daya tarik yang ada dalam iklan AC Toshiba tersebut bisa kita lihat pada ukuran, warna, gambar dan kalimat iklan. Yang cukup berbeda dibanding iklan produk sejenis.


Kelebihan iklan AC Toshiba

  • Informasi yang cukup jelas.

Iklan AC Toshiba cukup mampu dalam menyampaikan pesan yang jelas kepada konsumen mengenai kelebihan produk, karena iklan tersebut menampilkan informasi yang cukup lengkap mengenai produk AC tersebut. Informasi itu meliputi fitur-fitur yang ada dalam produk tersebut, keunggulannya dibanding produk sejenis, customer service dan beberapa informasi lain.

  • Gambar yang menarik.

Iklan tersebut menampilkan gambar yang menarik, karena ketika pertama kali melihatnya, konsumen tidak akan mengira bahwa iklan tersebut adalah iklan AC, sampai mereka membaca kalimat iklannya. Hal ini juga menjadi daya beda bagi iklan tersebut dibanding iklan-iklan sejenis, karena iklan ini tidak menampilkan gambar AC dalam rumah ataupun kantor, seperti yang biasa ditampilkan dalam iklan produk sejenis. Gambar tersebut juga cukup mampu menyampaikan pesan iklan kepada konsumen, yaitu AC yang dilengkapi dengan antioksidan.

  • Ukuran, warna, dan kalimat iklan.

Iklan tersebut memiliki ukuran yangcukup besar, sehingga bisa langsung terlihat oleh konsumen. Selain itu iklan AC tersebut menampilkan warna-warna yang cukup menyolok, tidak hanya hitam dan putih saja. Warna-warna seperti itu akan menarik perhatian konsumen. Kalimat iklannya pun cukup menarik perhatian, karena berukuran cukup besar dan iformasi yang penting diberi warna yang berbeda. Selain itu kalimat iklan tersebut sudah menyampaikan pesan yang terkandung dalam iklan.


Kekurangan iklan AC Toshiba

Meskipun informasi yang disampaikan cukup jelas, tetapi ada informasi yang terlewatkan, yaitu mengenai harga dan jaringan distributornya. Produsen tidak menampilkan harga produk dan jaringan distributor dalam iklan tersebut. Hal ini cukup disayangkan, karena seharusnya produsen menambahkan informasi mengenai harga dan jaringan distributor, sehingga konsumen dapat mengetahui harga produk tersebut dan dimana mereka dapat memperolehnya.


Beberapa saran untuk iklan tersebut:

  • Sebaiknya informasi mengenai harga juga disampaikan dalam iklan tersebut, sehingga konsumen akan mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap.

  • Informasi mengenai distributor juga sebaiknya ditampilkan, sehungga konsumen bisa mengetahui dimana mereka bisa mendapatkan produk tersebut.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda