Jumat, 07 Desember 2007

Jenis AC mobil Perawatan

Air Conditioner Normal

Berkendara Jadi Nyaman


Air Conditioning, AC, sebuah perangkat pengatur udara di dalam kabin kendaraan yang meliputi kelembaban, sirku-lasi, kebersihan serta temperatur udara memang mutlak diperlukan

pada setiap kendaraan. Apalagi kondisi di negara beriklim tropisyang menyengat di siang hari, atau di tengah guyuran hujan lebat yang mengguyur, AC sangatlah diperlukan.


1. Model AC


AC Biasa (Khusus Pendingin)

Pada model ini, sistem AC hanya memproduksi udara dingin. Bila menghendaki tidak dingin, maka yang dapat Anda lakukan adalah menggeser tombol ke posisio . Model ini biasa terdapat pada kendaraan jenispassenger seperti model Kijang dan sejenisnya.


AC Pengatur Dingin dan Hangat

Jenis ini lebih sempurna setingkat dibanding AC model biasa. Selain dapat diatur temperatur dinginnya, dapat juga diatur pada temperatur hangat.


Sehingga dapat digunakan pula pada malam hari di daerah pegunungan yang cuacanya sangat dingin dan berkabut. mohamadhusnithamrin


Jenis ini umumnya dipakai pada kendaraan jenis sedan menengah seperti Corolla, Corona dan sedan sekelasnya.


AC Otomatis

Sebuah mikroprosesor (ampli er) dapat mendeteksi kondisi temperatur luar dan dapat mengirim sinyal melalui aktuator (perangkat AC) sehingga dapat mensuplai temperatur udara sesuai keinginan si pengendara. Tidak perlu melakukan setting secara manual pada sistem kontrol panelnya. Baik cuaca musim dingin, hujan, kemarau, atau berkabut sekalipun.


Semuanya dapat dideteksi secara otomatis dan selalu dapat mengembuskan udara segar sesuai selera pengendara.


Model ini biasanya dipasangkan pada kendaraan mewah seperti Crown dan sekelasnya.


2. Kebersihan Ruangan AC

Karena udara di ruangan bersirkulasi, maka kebersihan ruangan sangat penting. Jangan sampai terdapat debu atau partikel halus lainnya, sampah bekas makanan, bulu-bulu binatang, termasuk asap rokok.


Bila terdapat kotoran seperti yang disebutkan di atas, maka kotoran itu sudah dapat dipastikan ikut bersirkulasi dan akhirnya ikut terisap ke dalam sistem pernapasan pengendara yang akhirnya akan

mempengaruhi kesehatan.


Hal lain yang tidak kalah penting adalah jangan sampai ada kebocoran ruangan kendaraan terutama ke ruangan mesin. Sisa gas buang tentu dapat bersirkulasi ke dalam kabin ber-AC. Bukan saja bau tidak sedap yang ditimbulkan, selain itu sangat berbahaya bagi kesehatan penumpang dan pengendaranya karena efek gas yang dihasilkan mengandung racun CO2.


Kemungkinan AC Kurang Dingin

  • - Freonnya kurang, tekanan kompresor tidak baik atau ada kebocoran.

  • - Saringan (receiver & dryer) pada sistemnya sudah jenuh.

  • - Evaporator kotor, kondensor kotor, saluran ada yang tersumbat serta lainnya.


3. Penanganan AC

Karena sistemnya yang utuh, maka penanganan AC harus mempunyai keterampilan dan peralatan khusus. Sangat fatal akibatnya bila kita coba-coba mencari problem AC sementara tidak didukung pengetahuan serta peralatan khusus.


Gas freon yang mudah menguap, selain beracun, juga dapat merusak penglihatan bila terkena mata. Dapat juga menimbulkan ledakan api karena freon mudah terbakar. Saran yang sangat bijak adalah segera hubungi bengkel terdekat untuk segera dapat dapat menganalisis gangguan pada sistem AC kendaraan Anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda