Sabtu, 01 Desember 2007

Kelayakan Transportasi Indonesia



Saat ini transportasi yang layak dan efektif sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan orang untuk berpindah tempat dan memindahkan logistik secara cepat dari satu lokasi ke lokasi yang lain membutuhkan alat transportasi yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini alat transportasi yang dipakai tidak hanya dituntut untuk dapat mengantarkan orang maupun barang dengan cepat akan tetapi juga menuntut kenyamanan, keamanan dan kelayakan dari transportasi itu sendiri.

Banyaknya kecelakaan yang terjadi di Indonesia pada satu tahun terakhir ini menunjukkan bahwa masalah transportasi adalah suatu masalah yang serius. Transportasi berhubungan erat dengan manusia dan masyarakat sebagai pengguna jasa dan konsumen. Merupakan suatu hal yang sangat ironis ketika alat transportasi yang layak telah menjadi suatu kebutuhan primer bagi penggunanya akan tetapi, pada kenyataannya alat transportasi yang layak tidak tersedia di masyarakat.

Kecelakaan beruntun yang terjadi pada transportasi darat, laut maupun udara terlihat seperti tidak memberikan pilihan kepada penggunanya akan sebuah transportasi yang layak, nyaman dan aman. Indonesia sudah dipertanyakan kelayakan transportasinya oleh dunia. Larangan terbang bagi maskapai Indonesia yang dikeluarkan oleh Uni Eropa merupakan suatu pukulan berat bagi Indonesia. Tidak hanya menyatakan bahwa maskapai dan alat transportasi di Indonesia tidak layak digunakan, larangan tersebut juga secara tidak langsung merusak nama baik Indonesia sendiri.

Transportasi sendiri berhubungan erat dengan distribusi. Penggunaan alat transportasi yang sesuai dengan suatu sistem distribusi merupakan hal penting dan dapat menentukan keefektifan dari sistem distribusi itu sendiri. Dalam sistem distribusi, pengantaran logistik atau barang-barang kebutuhan dari tempat asal menuju tempat tujuan tertentu membutuhkan alat transportasi yang sesuai dengan jenis logistik yang di antarkan. Transportasi dan logistik merupakan bagian yang saling memiliki keterkaitan satu dengan lainnya.

Tanpa adanya suatu sistem transportasi yang layak dan aman, perpindahan orang maupun logistik akan menjadi suatu hal yang tidak mungkin dan sulit dilakukan. Sudah saatnya dilakukan perbaikan dan kaji ulang atas sistem transportasi yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda