Minggu, 11 Desember 2011

Dalam Khilafah, media akan memainkan peran utama dalam mengkonsolidasi seruan Islam



Media dan informasi
Umat yang sadar


Dalam Khilafah, media akan memainkan peran utama dalam mengkonsolidasi seruan Islam

Informasi cerdas adalah pokok bagi negara, penyatuan Tanah-Tanah Muslim dan mengemban Islam ke seluruh umat manusia. Media adalah kemestian dalam menampilkan Islam secara kuat, menghubungkan berbagai pemikiran Islam ke perasaan masyarakat, sehingga menstimulasi mereka untuk menuju Islam, dalam pengkajian dan perenungan. Ia juga akan mengekspos kesalahan dan kerusakan berbagai pemikiran kufur sehingga Ummat tetap teguh dalam menghadapi serangan budaya kolonialis. Maka Khilafah akan memastikan pembasmian nilai-nilai rendah kapitalisme dan penguatan nilai-nilai mulia Islam.

Media akan memainkan perannya dalam meminta pertanggungjawaban dan menasihati pemimpin atas berbagai kebijakan. Namun, ada informasi yang bersangkut erat dengan perkara-perkara Negara, dan informasi demikian tidak bisa dipublikasikan tanpa instruksi Khalifah. Contoh-contohnya adalah perkara-perkara militer dan yang terkait, seperti pergerakan angkatan bersenjata, berita kemenangan dan kekalahan, dan industri-industri militer. Tipe-tipe berita ini harus dihubungkan langsung ke Khalifah, untuk menentukan apa yang harus dirahasiakan dan apa yang bisa dibeberkan ke publik. Allah Swt. berfirman,


“Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri).” [Terjemah Makna Qur’an Surat (4) An-Nisa’ 83]

Di luar perkara-perkara keamanan semacam itu, media bisa mempropagandakan semua bentuk informasi selama itu berdasarkan kebenaran.

Media Khilafah akan menampilkan kebesaran Islam dan kekuatan Negara Islam kepada seluruh dunia

Ke luar, selama perang atau damai, media akan mempropagandakan kebenaran Islam, keadilan yang dibawanya dan superioritas militer negara. Selain itu, media Khilafah akan membeberkan kesalahan dan kerusakan berbagai sistem buatan manusia, dan juga berbagai kelemahan pasukan militer musuh. Dengan demikian, media akan memainkan kontribusi utama menuju pencapaian tujuan-tujuan kebijakan luar negeri.

Siapapun warga negara bisa membuat channel TV atau publikasi

Setiap warga Negara Islam diperbolehkan mengadakan media cetak maupun elektronik. Tiap warga hanya perlu memberitahu departemen informasi Khilafah tentang media yang dia dirikan. Bagaimanapun juga, pemilik media akan diminta pertanggungjawabannya atas pelanggaran apapun terhadap syariah sebagaimana warga lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda