Selasa, 20 Desember 2011

Kebijakan Pendidikan Negara Menjadi Standar Dunia Dalam Pendidikan - Khilafah



Kebijakan Pendidikan
Menjadi standar dunia dalam pendidikan


Pendidikan untuk semua

Hari ini, terdapat struktur pendidikan dua-lapis, satu untuk elit dan satunya untuk massa. Sebaliknya, pendidikan dalam Khilafah akan menjadi standar dunia terdepan bagi setiap warga, tanpa pandang keyakinan, madzhab, jender atau ras.

Dalam perkara pendidikan, RasulAllah Saw. menjadikan tebusan bagi para kafir tahanan perang adalah mengajar sepuluh anak Muslim, di mana para tahanan perang statusnya adalah milik kaum Muslim. Adalah kewajiban atas negara untuk mengajari setiap individu hal-hal yang dibutuhkan untuk kehidupan umumnya. Khilafah akan memastikan bahwa terdapat pendidikan gratis di tingkat dasar dan lanjutan bagi semua warganya. Selain itu, Khilafah akan menyediakan pendidikan tinggi gratis yang terbaik yang dimampui.

Membangun kepribadian Islam

Negara Khilafah akan menetapkan Islam sebagai satu-satunya dasar bagi keyakinan, nilai-nilai, konsep-konsep dan kecenderungan dalam diri anak. Kurikulum dan metode mengajar didesain untuk mencegah penyimpangan dari dasar ini. Semua sekolah publik maupun swasta akan patuh pada kurikulum ini. Oleh karena itu, semua pelajaran dalam kurikulum harus berakar dari dasar ini. Allah Swt. berfirman,


“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu” [Terjemah Makna Qur’an Surat (66) At-tahrim 6]

Menumbuhkan para ahli dalam setiap bidang kehidupan

Khilafah akan memastikan bahwa para warganya menjadi para ahli dalam setiap ranah kehidupan. Pengetahuan akan menjadi dua cabang – ilmu Islam dan sains empiris. Mengenai ilmu Islam anak-anak akan menjadi fasih dalam pelajaran-pelajaran seperti Ijtihad, Fiqih dan tafsir.

Mengenai sains empiris, Khilafah akan memastikan bahwa putra-putri Muslim cakap dalam pelajaran-pelajaran seperti perekayasaan, kimia, fisika dan medis. RasulAllah Saw. bersabda,


“Kalian lebih tahu dalam perkara-perkara dunia.” (Hadits Riwayat Muslim)

Jadi, Umat yang sama yang menumbuhkan para pemimpin dalam bidang politik, pemerintahan dan jihad seperti Abu Bakar r.a., Khalid bin Walid r.a. dan Salahudin adalah Umat yang sama yang menumbuhkan para ahli luar biasa dalam fiqh dan sains seperti Imam Abu Hanifah dan Al-Khawarizmi.

Pelajaran bahasa

Bahasa Arab adalah elemen fundamental untuk keajaiban al-Qur’an, kaum Muslimin mengibadahi Allah Swt. melalui membaca al-Qur’an dalam Bahasa Arab. Ayat-ayat wahyu ada dalam Bahasa Arab maka ahli hukum tidak bisa menentukan hukum tanpa pengetahuan Bahasa Arab. Bahasa Arab akan menjadi bahasa negara.

Bahasa-bahasa asing akan diajarkan untuk tujuan membawa seruan Islam kepada umat manusia dan mengurus berbagai urusan kaum Muslim melalui penerjemahan teks-teks berguna, seperti karya-karya riset teknik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda