Rabu, 21 Desember 2011

Metode mengajar untuk memicu kecerdasan dan perilaku luhur



Metode mengajar untuk memicu kecerdasan dan perilaku luhur


Belajar dengan mengulang-ulang dan menghafal dalam sistem Pakistan sekarang mengkerdilkan kecerdasan para siswa, karena itu tidak terhubung ke realitas yang para siswa indera secara langsung atau yang bisa dibayangkan. Metode mengajar dalam Islam akan merupakan pemberitahuan rasional oleh guru dan pemahaman intelektual oleh siswa.

Para guru akan dilatih untuk menunjukkan pada para siswa dengan cara yang memastikan diskusi berdasarkan proses berpikir. Semua indera akan dilibatkan, sehingga siswa bisa dengan mudah memperoleh banyak konsep.

Di mana berbagai pemikiran terkait dengan pandangan hidup Muslim terhadap kehidupan, guru akan berusaha mengembangkan perasaan-perasaan siswa, sedemikian rupa sehingga suka dan bencinya menurut dengan Islam. Ini membuat lebih mudah bagi siswa untuk bertindak berdasarkan apa yang telah diwahyukan.
Di mana berbagai pemikiran tidak berkaitan dengan pandangan tertentu seperti fisika, matematika dan kimia, itu akan diajarkan dan dipelajari untuk menghasilkan manfaat untuk Umat, untuk keridhoan Allah Swt.


“Dan carilah negeri akhirat melalui apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari duniawi” [Terjemah Makna Qur’an Surat (28) Al-Qashash 6]

Pendidikan Tinggi

Tujuan bagi pendidikan tinggi adalah untuk menumbuhkan para pemimpin kompeten Umat, yang akan melindungi Islam, menerapkan dan membawanya ke seantero dunia dan juga mengamankan negara dari berbagai ancaman asing dan pemecahbelahan.

Pendidikan tinggi bersasaran memproduksi para peneliti yang berkemampuan inovasi dalam metode teknis dan kreasi dalam pertanian, air, keamanan, kesehatan dan berbagai kepentingan vital lainnya memungkinkan Umat mengendalikan urusan-urusannya menurut visinya dan kemandiriannya sendiri. Ini akan mencegah kebergantungan pada para kolonialis kuffar dalam urusan-urusan kaum Muslim.


“Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman.” [Terjemah Makna Qur’an Surat (4) An-Nisa’ 141]

Pendidikan tinggi akan memastikan kecukupan jumlah dokter, manajer, akuntan, insinyur, guru, hakim dan ahli hukum untuk mengamankan kebutuhan-kebutuhan kaum Muslim. Khilafah akan mendirikan berbagai institusi teknik, akademi pelayanan sipil, universitas, pusat riset dan pengembangan dan akademi militer.

Pendidikan tinggi dalam semua disiplin ilmu akan menjaga spesialisasi dalam mempelajari Islam. Ini di atas semua yang lain akan membuat pemimpin masa depan menjadi jujur pada rakyat dalam apapun yang dia harapkan untuk dilakukan berupa pemerintahan, perdagangan maupun pengajaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda