Jumat, 01 Juli 2011

Kekuatan Militer Dunia Islam - Kekuatan Angkatan Bersenjata Negeri-Negeri Muslim

Kekuatan Militer Dunia Islam - Kekuatan Angkatan Bersenjata Negeri-Negeri Muslim






Bab: 3
Kekuatan Militer Negara Khilafah yang Baru Terbit

Pendahuluan:



Jalan untuk dilalui untuk ke negara pemimpin nomor satu membutuhkan berbagai hal di antaranya suatu militer kuat, bermotivasi dan besar. Bahkan peran militer dalam mempertahankan, melindungi dan menyebarkan pondasi-pondasi ideologi bangsa adalah kepentingan yang besar.
Sebagai contoh, Jonathan (2007) dalam artikelnya ‘‘Chinese Military Power: What Vexes the United States and Why?’ – ‘Kekuatan Militer Cina: Apa yang Mengganggu Amerika Serikat dan Mengapa?‘ berargumen bahwa pembangunan kekuatan militer selama dekade yang lalu menimbulkan debat yang cukup banyak atas artinya dan berbagai konsekuensinya bagi kepentingan keamanan Amerika. Dia menyimpulkan bahwa, China sekarang adalah suatu kekuatan utama yang baru datang menurut hampir semua kriteria relevan kekuatan, dengan para pembuat kebijakan A.S. secara konklusif menetapkan berbagai implikasi modernisasi militer China terhadap kepentingan-kepentingan keamanan Amerika. Meskipun pasti bahwa Cina bukanlah kekuatan global dan juga bukan kekuatan besar tapi jelas suatu kekuatan regional dengan implikasi-implikasi internasional.
Oleh karena itu, tidak ada debat bahwa kekuatan militer adalah kriteria pasti kekuatan untuk muncul sebagai negara pemimpin nomor satu di dunia. Itu adalah salah satu sumber vital kekuatan negara karena militer secara fisik mempertahankan, melindungi dan membantu ide bangsa untuk disebarkan ke seluruh dunia. Seiring waktu kekuatan militer berbagai negara telah memperkuat kedudukannya di dunia. ‘Perang Dingin’ antara bekas USSR dan USA memberi kesaksian bahwa kehebatan militer dan jangkauan globalnya telah membantu kekuatan-kekuatan itu untuk menjaga roda dunia bi-polar di abad lalu tetap bergerak.
Diagram: Pembelanjaan Militer Global, 2010

Pentingnya kekuatan militer sebagai pendorong utama untuk tetap dalam posisi negara-negara pemimpin digambarkan oleh anggaran pertahanan AS atau Rusia, Cina atau Inggris Raya. Bahkan selama resesi keuangan dan ekonomi terburuk beberapa tahun yang lalu, tidak ada negara-negara itu yang menurunkan anggaran pertahanannya.

Melihat tabel USA sebagai contoh, meski krisis finansial AS telah meningkatkan anggaran pertahanannya. Di 2009, AS membelanjakan sekitar 46% dari anggaran pertahanan seluruh dunia yaitu hampir setengah dari seluruh dunia! Dan itu tidak menunjukkan tanda pengurangan. Data 10 tahun terakhir abad ke-20 ini menunjukkan bahwa, anggaran pertahanan USA terus meningkat.
Tabel: Anggaran Pertahanan Nasional Amerika Serikat

 Sumber: Laicie Olson, Growth in US Defense Spending Centre for Arms Control and Non-Ploriferation, March 2009

Oleh karena itu, bukanlah rahasia bahwa, bagi suatu ‘negara pemimpin nomor satu’ untuk menetapkan politik internasional dan pondasi-pondasinya, kehebatan militer memainkan peran krusial. Namun, apakah suatu pembelanjaan raksasa seperti AS diperlukan atau tidak, membutuhkan investigasi.

Suatu pemahaman umum tentang Amerika Serikat adalah bahwa, ia telah menjadi negara pemimpin tapi sifat dasarnya AS adalah kekuatan kolonialis yang mengeksploitasi bangsa-bangsa lain dengan cara-cara dan gaya-gaya brutal, mengerikan, dan kolonial dan menghasilkan kebencian. Ini adalah penjelasan tepat atas pembelanjaan besar militernya. Mungkin AS adalah satu-satunya negara pemimpin seperti kembaran terdahulunya, USSR, yang bertarung melawan negara paling lemah di dunia yaitu Afghanistan. Ia mungkin satu-satunya kekuatan utama, yang menghancurkan buaian peradaban manusia yaitu Baghdad.

Statistika Komparatif Status Militer Dunia Islam


Dunia Islam mempunyai potensi untuk menjadi suatu pabrik pembangkit militer besar dengan militer aktif kombinasian 5.59 juta. Faktanya ini jauh lebih tinggi daripada kekuatan global sekarang Amerika Serikat, yang telah berencana untuk mempertahankan supremasi hagemonik tak tertandingi atas seluruh dunia setelah jatuhnya USSR di 1990-an. Faktanya AS hanya punya 1.47 juta personel militer aktif; sementara Russia punya 1.037, China punya 2.25, dan dua anggota permanen lain Perancis dan Inggris punya secuil 0.26 dan 0.24 juta militer aktif.
Dunia Islam keseluruhan mempunyai sekitar 0.4 juta angkatan bersenjata aktif lebih banyak dibandingkan dengan total semua anggota permanen Dewan Keamanan PBB, yang bertindak sebagai otoritas resmi keamanan dunia. Terlebih lagi, dunia Islam memiliki sekitar 0.6 juta militer aktif lebih banyak dibanding total BRIC (Brazil, Russia, India dan China). Meskipun 5 anggota dewan keamanan secara bersama-sama punya lebih banyak simpanan pasukan dibanding total dunia Islam, tapi total dunia Islam punya lebih banyak simpanan pasukan daripada AS, Rusia, Cina, Perancis, Inggris secara terpisah. Selain itu jikalau ada perang yang mungkin antara Negara Khilafah masa depan dan kekuatan-kekuatan Barat, pasukan paramiliter akan memainkan peran penting. Karena pasukan-pasukan paramiliter itu bisa bekerja sebagai pasukan tempur, menjalani perang-perang gerilya, dan bisa bekerja sebagai staf pendukung bagi perang.
Adalah mengagumkan untuk diketahui bahwa keseluruhan dunia memiliki 20.526 juta pasukan paramiliter, 11.32 juta dari itu miliknya dunia Islam. Satu negara Muslim tunggal yaitu Iran mempunyai lebih dari 11 kali lebih banyak pasukan paramiliter daripada kombinasian 5 anggota permanen DK-PBB itu. Terlebih lagi, Iran punya lebih dari 5 kali lebih banyak pasukan paramiliter daripada jumlah kombinasian BRIC.
Dalam hal pasukan militer total, dunia Islam mengalahkan jumlah setiap anggota permanen Dewan Keamanan baik secara terpisah maupun tergabung. Faktanya, dunia Islam mengalahkan jumlah group BRIC juga. Pasukan militer kombinasian dunia Islam adalah 22.42 juta sementara 5 anggota permanen Dewan Keamanan PBB punya 15.95 juta dan BRIC secara tergabung punya 17.53. tabel berikut ini menerangi fakta-fakta mengenai posisi militer dunia Islam dan kekuatan-kekuatan utama dunia termasuk BRIC (Brazil, Russia, India dan China).


Tabel: Kekuatan Militer Komparatif dalam Kekuatan-Kekuatan Besar Dunia termasuk dunia Islam tersatukan di bawah Khilafah (dalam Juta)
Sumber: CIA Fact Books about Various Countries. [Diakses pada 10 Agustus 2010]
Kekuatan militer umat Muhammad Saw. ini berskala semacam itu, membuatnya jelas, mengapa berbagai kekuatan Barat sangatlah cemas tentang dunia Islam. Ini juga membuat jelas bagi pengamat internasional, para pembuat kebijakan atau para pemikir manapun tentang alasan mengapa kekuatan-kekuatan Barat bekerja siang dan malam untuk menjaga dunia Islam terpisahkan secara fisik dari satu sama lain dengan batasan batil seperti garis Durand antara Pakistan dan Afghanistan. Ini juga membuat jelas mengapa ide nasionalisme terus dijaga tetap hidup di dunia Muslim sebagai suatu cara untuk menjaganya tetap terpisahkan dan membawa bencana atas Umat yaitu perang Irak-Iran, perang Afghan-Pakistan dll atau pembagian tak perlu seperti Syiah atau Sunni.

Dari fakta-fakta dan diagram di atas adalah sangat jelas bahwa, kehebatan militer dunia Islam tidak tertandingi dan tidak ada duanya. Adalah berharga untuk disebutkan bahwa laporan oleh Steven Kull et. al. (April,2007) dipublikasikan oleh Maryland University di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa kebanyakan responden (di 5 negara besar Muslim) mengekspresikan dukungan kuat terhadap meluasnya peran Islam dalam masyarakat mereka. Mayoritas besar di kebanyakan negara – rata-rata 71 persen (39% sangat setuju) – setuju dengan tujuan mensyaratkan “penerapan tegas hukum Syariah di setiap negeri Islam.”
Faktanya sebulat mungkin bahwa mayoritas itu yaitu lebih dari 64% setuju dengan sasaran ambisius ‘untuk menyatukan negeri-negeri Muslim menjadi Negara Islam tunggal atau Khilafah’. Memanglah dengan dukungan kuat publik kembalinya Negara Khilafah Islam akan berarti pembentukan kembali keseimbangan kekuatan global dinamis dengan prospek militer kuatnya. Khilafah hampir bisa secara instan mengarahkan kondisi dunia dengan kapasitas besar militernya.

Kekuatan Militer Dunia Islam - Kekuatan Angkatan Bersenjata Negeri-Negeri Muslim

Download Buku Kemunculan Tata Dunia Baru: Negara Khilafah Islam [PDF]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda