Jumat, 01 Juli 2011

Jumlah Produksi Katun Bahan Utama Pakaian di Dunia Islam Negeri-Negeri Muslim

  Jumlah Produksi Katun Bahan Utama Pakaian di Dunia Islam Negeri-Negeri Muslim




Katun: Sumber Utama Pakaian


Katun adalah salah satu produk utama yang dibutuhkan suatu bangsa untuk mencapai kemandirian. Faktanya Hadits oleh Nabi Saw. menyimpulkan bahwa, suatu negara harus menyediakan pakaian sebagai suatu hak dasar umat manusia bersama dengan pangan dan tempat tinggal. Melihat pada statistik produksi katun, salah satu benda utama untuk memproduksi pakaian, dunia Islam bertempat baik dalam produksi katun. Pakistan yang merupakan salah satu tanah Muslim utama adalah produsen katun terbesar yang ke-4, Turki adalah yang ke-6, Syria adalah yang ke-8 dan Mesir adalah yang ke-11. Selain itu baik Syria maupun Mesir adalah yang ke-6 dan ke-7 eksportir katun terbesar di dunia. Negara Khilafah Islam diwakili oleh tanah-tanah Islam sekarang memproduksi sekitar 21% produksi katun global, mewakili produsen katun terbesar ke-2 di seluruh dunia.
Mengenai komoditas-komoditas pertanian lain dengan nilai ekonomi tinggi, terdapat sejumlah tanah Islam memiliki posisi dominan dalam hal ini. Sebagai contoh:
§  Bangladesh selama sejarahnya adalah produsen jute (serat tumbuhan yang digunakan dalam membuat tali atau karung) terbesar di dunia, hanya disaingi oleh India beberapa tahun yang lalu, karena ketidakjujuran di sisi pemerintah demokratis sekular di Dhakan. Tetap Bangladesh adalah eksportir terbesar produk-produk jute terhitung lebih dari 75% perdagangan jute global. Karena kenaikan pemahaman internasional akan efek buruk penggunaan polythene terhadap lingkungan, diestimasi bahwa permintaan tahunan dunia akan jute adalah lebih dari 4 tahun kapasitas produksi!

§  Mengenai tumbuhan opium, yang punya berbagai macam kegunaan dari menjadi heroin hingga obat-obat penyelamat nyawa, Afghanistan adalah negara produsen opium terbesar di dunia dan ia mendominasi perdagangan global. Faktanya Afganistan mengekspor lebih dari 90% opium di dunia; sementara Amerika Serikat adalah bangsa importir opium terbesar. Nilai komersial per kilogram opium adalah besar sekali. Faktanya di pasar ritel ia adalah sekitar $9000 per kg. Dan di tahun 2008 Afghanistan telah memproduksi sekitar 660 metric ton opium yang memiliki nilai komersial yang tinggi jika digunakan secara cermat untuk tujuan medis.

Oleh karena itu, adalah jelas bahwa dunia Islam telah disediakan dengan pangan dan hasil pertanian melimpah yang memiliki nilai komersial tinggi untuk menciptakan generator ekonomi raksasa baru dunia.

Jumlah Produksi Katun Bahan Utama Pakaian di Dunia Islam Negeri-Negeri Muslim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda