Jumat, 01 Juli 2011

Kandungan Sumberdaya Alam Dunia Islam - Kandungan Cadangan Sumberdaya Alam Negeri-Negeri Muslim

  Kandungan Sumberdaya Alam Dunia Islam - Kandungan Cadangan Sumberdaya Alam Negeri-Negeri Muslim
 


Industrialisasi: Sumber Daya Alam Dunia Islam

Tabel: Cadangan Minyak Terbukti Dunia 2010


Dunia Islam diberkahi dengan berbagai sumberdaya alam oleh Sang Pencipta kita, Allah Swt. Ar-Razzaq. Memanglah, Qur’an yang mulia berulangkali mengatakan dalam salah satu suratnya yang terkenal yaitu Surat Ar-Rahman bahwa, ‘Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang akan  kamu dustakan?’ Dengan bermacam sumberdaya melimpah ini Negara Khilafah Islam masa depan akan dengan cepat mampu mengindustrialisasi dirinya sendiri.
 

Sumberdaya Minyak Alam


Di awalnya penglihatan sekilas pada berbagai sumberdaya energi dunia yaitu minyak, gas dan mineral-mineral lain terlihat bahwa, masa depan Negara Khilafah Islam mengungguli negara manapun di dunia dalam hal sumberdaya alamnya.
Tabel menunjukkan bahwa, dunia Islam memegang monopoli atas cadangan minyak dunia. Dia memegang sekitar 72% cadangan minyak dunia. Fakta bahwa minyak adalah bahan utama untuk mencapai tidak hanya sekadar pertumbuhan ekonomi, tapi juga menjadi perekonomian terbesar di dunia dijustifikasi oleh pengeksplorasian fakta-fakta dan angka-angka mengenai konsumsi minyak oleh para raksasa global sekarang.
Tabel: Konsumsi Minyak oleh Kekuatan-Kekuatan Ekonomi Utama5
Diagram: Prosentase Produksi Minyak Global Harian di 2009
5 Diambil dari http://www.nationmaster.com/graph/ene_oil_con_tho_bar_dai-oil-consumption-thousand-barrels-daily (22/08/2010)
 
* Estimasi dengan mempertimbangkan proven reserves – cadangan terbukti di Afghanistan.
●●
Tabel: Produksi Minyak Harian dalam Ribuan Barel6
●●

Selain itu, dunia Islam memproduksi hampir 50% produksi minyak harian dunia. Tabel berikut menggarisbawahi tingkat kesenjangan dalam produksi minyak di antara bangsa-bangsa produsen minyak. Faktanya Saudi Arabia adalah produsen terbesar dengan 13.39%, sementara Russia memproduksi 11.75%, Amerika Serikat memproduksi 9.16%, dan Iran memproduksi 5.16%. 

Diagram kue itu jelas menunjukkan teluk perbedaan di antara Negara Khilafah Islam masa depan dan kekuatan-kekuatan besar lain termasuk adidaya saat ini Amerika Serikat dan mantan superpower Inggris dalam hal produksi minyak. Dalam ukuran apapun, Negara Khilafah Islam memiliki kemampuan mutlak untuk mengendalikan dunia melalui berbagai sumberdaya melimpah ini, karena sumberdaya minyak adalah tetap satu-satunya sumber energi global berbiaya rendah dibandingkan dengan pilihan-pilihan lain seperti energi nuklir, energi hijau, batubara, gas, dll.

Sumberdaya Gas Alam


Gas alam adalah sumber energi kedua terpenting dan paling murah di dunia. Selain itu, gas alam memiliki keuntungan ramah lingkungan dan efisiensi biaya, yang sangat penting dalam konsumsi energi.
Tabel: Cadangan Gas Dunia7 dalam Trillion Cum.
Diagram: Cadangan Gas Terbukti Global di 2009

Dunia mempunyai cadangan Gas terbukti (proven gas resource) 175.36 Trillion cum. Dari keseluruhan ini dunia Islam memiliki 107.75 Trillion cum yaitu 61.45%. Meskipun Rusia yang sekarang di posisi nomor satu dalam hal cadangan gas dengan 47.57 trilyun cum atau 27.13%, ini karena dunia Islam tetap terfragmentasi berdasarkan nasionalisme di bawah dikte para kolonialis dalam ketiadaan Negara Khilafah Islam. Superpower saat ini Amerika Serikat hanya memiliki 5.978 trillion cum atau 3.4%; sementara Cina punya hanya di atas 1% dan Inggris punya hanya 0.02%. 

Hari ini satu tanah Muslim Iran mempunyai cadangan gas terbukti yang ke-2 terbesar (15.31%), Qatar punya ke-3 terbesar (14.61%), Saudi Arabia memiliki ke-4 terbesar (4.8%), dan UAE punya ke-5 terbesar yaitu 3.46%. Dari 15 negara teratas dengan cadangan gas terbukti, 12 mewakili bagian alami Negara Khilafah Islamiyah masa depan. Tabel-tabel dan diagram-diagram menunjukkan superioritas absolut tanah-tanah Muslim mengenai cadangan gas terbukti. Selain itu, di waktu-waktu sekarang, sejumlah besar cadangan gas telah ditemukan di Afghanistan. Bersama dengan berbagai sumberdaya alam lain, telah diestimasi nilai pasar lebih tinggi daripada GDP 300 tahun superpower Inggris!

Cadangan Batubara


Sumberdaya energi alam penting lain di dunia adalah batubara. Hari ini batubara menyediakan 26.5% kebutuhan energi primer global dan menghasilkan 41.5% listrik dunia. Menurut World Coal Institute – Badan Batubara Dunia pada tingkat produksi saat ini, cadangan-batubara-terbukti bisa digunakan hingga 119 tahun lagi.
Walaupun tidak ada konfirmasi resmi mengenai berbagai cadangan batubara terbukti di setiap negara, tetap saja dengan melakukan pengecekan silang dari berbagai sumber, adalah jelas bahwa, dunia Muslim mempunyai jumlah besar cadangan batubara. Faktanya adalah benar bahwa dunia Islam tidak memegang posisi nomor satu dalam hal cadangan batubara terbukti, tetap saja fakta-fakta berikut ini menggarisbawahi bahwa dunia Islam tidak punya kekurangan batubara.
§  Indonesia adalah salah satu 10 teratas produsen batubara di dunia. Selain itu dari 2003 hingga hari ini Indonesia adalah eksportir batubara terbesar ke-2 di dunia setelah Australia. Indonesia mengekspor sekitar 21% dari perdagangan batubara global.
§  Kazakhstan punya cadangan batubara terbesar ke-8 di dunia. Selain itu, Indonesia, Turki, pakistan dan Bangladesh adalah dari 20 negara teratas dengan cadangan-batubara-terbukti menurut statistik BP Statistical review of World Energy pada Juni 2009.
§  Pakistan mempunyai ladang batubara Thar di propinsi Sind. Itu adalah ladang batubara terbesar di dunia.

Cadangan Uranium

Tabel: Cadangan Uranium Dunia (ton)
Diagram: Cadangan Uranium Terbukti Global di 2009; World Nuclear Association

Dalam dunia hari ini salah satu sumber energi paling penting adalah uranium. Uranium digunakan sebagai bahan bakar dalam reaktor nuklir untuk menghasilkan listrik dan untuk memproduksi senjata nuklir sebagai pencegah terhadap ancaman asing manapun. Faktanya energi nuklir akan menjadi salah satu suplai energi yang bertumbuh dalam tahun-tahun yang akan datang; Alistair J Stephens (2005). Pembangkit listrik tenaga nuklir adalah bentuk penghasil energi yang paling efisien. Kira-kira 15% dari penghasil energi dunia datang dari 440 pembangkit listrik tenaga nuklir yang memproduksi listrik 365.560 MWe. 25 lagi sedang dibangun dan akan memproduksi listrik tambahan 20.776 MWe8.

8 Diambil dari The Ux Consulting Company at http://www.uxc.com/index.html

Selain itu, setiap tahun 2.4 milyar ton batubara diproduksi di seantero dunia dan ini diproyeksikan meningkat ke 7 milyar ton di tahun 2030. Setiap ton batubara memproduksi sekitar 3.8 ton karbon dioksida dan sulfur dioksida, abu dan berbagai emisi logam lain. Ini artinya bahwa penggunaan batubara di seantero dunia hari ini menciptakan setidaknya 9.1 milyar ton karbon dioksida. Jika uranium menggantikan semua pembangkit listrik berbahan bakar batubara, emisi karbon dioksida bisa jatuh dari 9.1 miliar ton ke hanya 3 miliar ton, menghemat 6 miliar ton emisi 9.
9 Batubara yang digunakan untuk memproduksi listrik 66% dari total konsumsi batubara dunia; dari Alistair J Stephens (2005) ‘The Strategic Importance of Australia’s Uranium Resources Arafura Resources NL, May 2005’ Page: 04.
Tabel: Fuel Efficiency of Major Source of Energy – Efisiensi Bahan Bakar Sumber Energi Utama; Alistair J Stephens (2005)

* Gas alam diukur per meter kubik gas.


Jika memang global warming adalah isu masif bagi dunia kita hidup hari ini, dunia Islam telah diberkahi dengan sumberdaya alam ini untuk memberi suatu alternatif. Faktanya salah satu tanah Muslim yaitu Kazakhstan punya cadangan-uranium-terbukti terbesar ke-2 di dunia (14.90%). Selain itu Jordan dan Uzbekistan punya jumlah cadangan uranium yang substansial juga. Menurut statistik yang disediakan oleh World Nuclear Association – Asosiasi Nuklir Dunia, dunia Muslim memegang 22.60% cadangan-uranium-terbukti di dunia.
Selain itu, mempertimbangkan efisiensi pembangkit listrik tenaga nuklir adalah sumber listrik yang sangat efisien. Mereka menyediakan 10.000 kali lebih banyak energi per kilogram bahan bakar daripada pembangkit tradisional berbahan bakar fosil. Ini merepresentasi suatu penggunaan super efisien sumberdaya alam.

Oleh karena itu, jika kita melihat pada sumber-smber utama energi bahan bakar; kita melihat Negara Khilafah Islam masa depan akan memegang posisi pertama. Tidak ada bangsa, negara, konfederasi, dsb. bisa mendekat ke tingkat sumberdaya energi yang dimiliki dunia Islam. Memanglah itu adalah aset strategis yang telah membentuk keseimbangan kekuatan global, geopolitik dan pengaturan internasional selama berabad-abad dan juga akan berlanjut memainkan peran krusial pada abad-abad mendatang.

Bijih Besi


Bijih besi, yang merupakan komponen penting lain dari produksi industri skala besar, juga tersedia dalam beberapa bagian dunia Islam. Statistik dari survei geologis AS menunjukkan bahwa, Iran adalah produsen bijih besi terbesar ke-9 di dunia dengan estimasi produksi 35 juta metric ton, sementara Kazakhstan dan Mauritania adalah produsen bijih besi terbesar ke-13 dan ke-14 di dunia di tahun 2008.

Selain dari berbagai sumberdaya alam ini, dunia Islam mempunyai cadangan emas yang besar yaitu Indonesia adalah produsen emas terbesar ke-7 Uzbekistan adalah terbesar ke-9, Tanzania adalah terbesar ke-16 dunia. Selain itu, Kazakhstan, Kyrgyztan, Arab Saudi, Pakistan juga memiliki jumlah besar produksi emas.

 Kandungan Sumberdaya Alam Dunia Islam - Kandungan Cadangan Sumberdaya Alam Negeri-Negeri Muslim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Download BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam

LANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL BARU BLOG INI → ALAMAT EMAIL:

segera klik link aktivasi di email yang dikirimkan ke anda